Sukses

Populasi di China Menurun, Pertama Sejak 1961

Populasi di China menurun, membuat China diperkirakan akan menjadi negara dengan populasi terpadat.

Liputan6.com, Beijing - Populasi China menurun pada tahun lalu untuk pertama kalinya dalam enam dekade. Ini merupakan perubahan bersejarah yang diperkirakan akan menandai dimulainya periode panjang penurunan jumlah warganya dengan implikasi mendalam bagi ekonominya dan dunia.

Dilansir Channel News Asia, Selasa (17/1/2023), penurunan tersebut merupakan yang terburuk sejak 1961, yang kali itu terjadi tahun terakhir Kelaparan Hebat China.

Fenomena ini pun juga memperkuat prediksi bahwa India akan menjadi negara terpadat di dunia tahun ini.

Populasi China turun sekitar 850.000 menjadi 1,41175 miliar pada akhir 2022, kata Biro Statistik Nasional negara itu.

Dalam jangka panjang, pakar Perserikatan Bangsa-Bangsa melihat populasi China menyusut hingga 109 juta pada tahun 2050. Ini lebih dari tiga kali lipat penurunan perkiraan mereka sebelumnya pada tahun 2019.

Itu menyebabkan ahli demografi domestik meratapi bahwa China akan menghadapi memperlambat ekonomi karena pendapatan turun dan utang pemerintah meningkat karena melonjaknya biaya kesehatan dan kesejahteraan.

"Prospek demografis dan ekonomi China jauh lebih suram dari yang diperkirakan. China harus menyesuaikan kebijakan sosial, ekonomi, pertahanan, dan luar negerinya," kata ahli demografi, Yi Fuxian.

Dia menambahkan bahwa penyusutan tenaga kerja negara dan penurunan bobot manufaktur akan semakin memperburuk harga tinggi dan inflasi tinggi di Amerika Serikat dan Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkat Kelahiran Menurun

Tingkat kelahiran China tahun lalu hanya 6,77 kelahiran per 1.000 orang, turun dari tingkat  7,52 kelahiran pada tahun 2021 dan menandai tingkat kelahiran terendah dalam sejarah.

Tingkat kematian tertinggi sejak 1974 selama Revolusi Kebudayaan adalah 7,37 kematian per 1.000 orang, dibandingkan dengan tingkat 7,18 kematian pada tahun 2021.

Sebagian besar penurunan demografi adalah hasil dari kebijakan satu anak China yang diberlakukan antara tahun 1980 dan 2015 serta tingginya biaya pendidikan yang membuat banyak orang China tidak memiliki lebih dari satu anak atau bahkan memiliki anak sama sekali.

Data tersebut menjadi trending topik teratas di media sosial Tiongkok setelah angka tersebut dirilis pada hari Selasa. Salah satu tagar, "#Apakah penting memiliki keturunan?" memiliki ratusan juta reaksi.

3 dari 3 halaman

Kebijakan Nol COVID Berpengaruh

Kebijakan nol-COVID China yang ketat yang diterapkan selama tiga tahun telah menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada prospek demografis negara itu, kata pakar populasi.

Pemerintah daerah sejak 2021 telah meluncurkan langkah-langkah untuk mendorong masyarakat memiliki lebih banyak bayi, termasuk pengurangan pajak, cuti melahirkan yang lebih lama, dan subsidi perumahan. Presiden Xi Jinping juga mengatakan pada bulan Oktober pemerintah akan memberlakukan kebijakan dukungan lebih lanjut.

Namun, langkah-langkah sejauh ini tidak banyak membantu menahan tren jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.