Sukses

Harta Influencer Andrew Tate Disita, Total Nyaris Rp 60 Miliar

Influencer kontroversial Andrew Tate ditahan karena dugaan human trafficking.

Liputan6.com, Bucharest - Belum sampai sebulan yang lalu, influencer kontroversial Andrew Tate (36) masih pamer harta di media sosial. Kini, total nyari Rp 60 miliar hartanya disita oleh pemerintah Rumania akibat masalah kriminal yang menjerat Andrew Tate dan komplotannya.

Andrew Tate, adiknya bernama Tristan, dan dua orang lainnya ditangkap aparat Rumania pada akhir Desember 2022 karena dugaan terlibat human trafficking (perdagangan orang). 

Kompolotan Tate disebut menggoda kemudian menyekap sejumlah perempuan untuk melakukan tindakan pornoaksi di depan kamera (webcam) demi meraup cuan. Pemerkosaan juga diduga terjadi.

Berdasarkan laporan yahoo!news, Senin (16/1/2023), otoritas di Rumania menyebut menyita harta setara 18 juta lei (Rp 59,5 miliar) dari pihak Andrew Tate. Harta itu termasuk kendaraan, jam tangan mewah, dan uang kas dengan berbagai mata uang. 

Pada Sabtu lalu, Reuters juga melihat sejumlah mobil yang diambil aparat dari tempat tinggal Andre Tate di dekat kota Bucharest. Beberapa mobil itu bertipe Rolls-Royce, BMW, dan Mercedes-Benz.

Penangkapan Andrew Tate disambut gemilang oleh netizen di Twitter, sebab pria itu kerap memberikan pernyataan-pernyataan kontroversial di media sosial. Banyak ucapannya yang merendahkan perempuan. Sebelum diringkus polisi, ia juga menghina pembaca buku dan aktivis lingkungan.

Meski Andrew Tate banyak kontroversi dan terjerat di kasus perdagangan orang, sejumlah netizen Muslim tetap membela orang tersebut. Ini masih terkait dengan langkah Andrew yang menjadi mualaf pada 2022. Adik dari Andrew Tate mengklaim kakaknya mendapat banyak pesan dukungan dari netizen Muslim sejak ditangkap.

Baru-baru ini, Andrew Tate juga tampak membawa-bawa Al-Qur'an ketika ia menjalani proses hukum. Twitter miliknya juga sempat mengutip ayat-ayat Al-Qur'an dan menyalahkan "the matrix" setelah ditangkap polisi.

 

1 lei: Rp 3.322

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Taktik Loverboy

Andrew Tate dilaporkan memakai metode"Loverboy" untuk menjerat mangsanya. Sejauh ini, otoritas Rumania telah mengidentifikasi enam perempuan yang menjadi korban Tate. 

Apa itu metode Loverboy? Metode tersebut tidaklah menculik atau membius korban mereka, melainkan menggoda korban agar terlena, kemudian terjadilah aksi kriminal.

"Skema jahat ini dimulai ketika seorang trafficker menarget perempuan muda berpenghasilan rendah. Ia memberikan wanita itu atensi dan afeksi. Ia mengajak wanita itu pacaran, ia tidak ragu-ragu mengeluarkan uang agar memperlakukannya sebagai seorang ratu. Itu semua adalah bagian dari plot untuk memenangkan kepercayaan wanita itu," tulis situs Uncaged yang berbagi informasi melawan human-trafficking.

Setelah wanita itu tergoda, mereka diajak ke suatu tempat untuk liburan. Pada saat itulah para trafficker beraksi, contohnya seperti menyita dokumen-dokumen penting dan alat komunikasi dari korban.

Uncaged juga menyorot bahwa metode Loverboy sering terjadi di Rumania. Sebelumnya, Andrew Tate juga pernah bicara di video karena hukum Rumania longgar. 

Situs Uncaged pada 2020 menyebut ada 250 ribu orang yang jadi korban perdagangan orang di Eropa. Dan setidaknya 77 persen terjadi di Rumania. Para korban banyak yang mengaku jadi korban metode Loverboy. 

3 dari 4 halaman

Menjual Mimpi

Setelah Andrew Tate tertangkap, netizen juga menyorot video-video lama yang pernah Andrew Tate buat. Salah satunya justru menunjukkan Andrew yang membahas tindakannya di bisnis webcam. 

Pada sebuah video YouTube berjudul "Andrew Tate talks about his webcam business and how he hustled people for they're money", Andrew bercerita bahwa ia dan adiknya menyuruh perempuan menampilkan payudara di depan kamera saat berbincang dengan pelanggan. 

Pelanggan mungkin hanya melihat para wanita, tetapi sebenarnya mereka hanya disuruh-suruh oleh Andrew yang ada di belakang kamera. Targetnya ada laki-laki muda dan laki-laki berumur. Tate mengaku dirinya "menjual mimpi".

Namun, sebenarnya yang mengetik obrolan dengan laki-laki itu adalah Andrew dan stafnya, sementara model perempuannya hanya pura-pura mengetik. Pada video itu, Andrew berkata para perempuan malas.

Para laki-laki yang terkecoh berharap akan bertemu para wanita-wanita tersebut, bahkan mengirimkan duit. Ia berkata pernah ada yang mengirim hingga sejuta dollar kepada "model" yang dipekerjakan Andrew.

"Itulah saat aku merasa sedikit tidak enak," ujar Andrew Tate.

4 dari 4 halaman

Kutip Ayat Al-Qur'an

Sebelumnya dilaporkan, Andrew Tate merupakan mantan atlet kickboxing. Ia sering terkena kontroversi akibat retorikanya yang meremehkan perempuan. Meski ditangkap, Twitter Andrew Tate masih aktif dan ia mengutip ayat Al-Qur'an. 

Akun Andrew Tate mengutip surat Al-Baqarah ayat 286 terkait cobaan dan Al-Anfal ayat 30 tentang orang-orang yang membuat rencana, namun Tuhan adalah sebaik-baiknya pembuat rencana.

Andrew Tate mengaku menjadi mualaf pada Oktober 2022. Meski Andrew Tate ditangkap akibat kasus perdagangan orang, para fanboys Andrew masih setia mendukungnya. Twit ayat-ayat Al-Qur'an tersebut juga meraih ratusan ribu likes.

"Alhamdullah 🙏 we have allah on our side," ujar seorang pria dengan akun centang biru. Ada juga akun-akun pria lain yang mendukung Tate dengan ayat Al-Qur'an.

Penangkapan Andrew Tate menjadi sensasional karena ia ditangkap setelah memprovokasi aktivis lingkungan Greta Thunberg. Pada akhir Desember 2022, ia merilis video yang meledek Greta, dan menyebut akan mengirim daftar koleksi mobilnya yang merusak lingkungan ke email aktivis itu. 

Greta pun meledek Andrew Tate. Tweet Greta suksesmenjadi viral dan meraih jutaan likes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.