Sukses

PBB: 2022 Jadi Salah Satu Tahun Terpanas dalam Sejarah

PBB menyatakan bahwa tahun 2022 menjadi salah satu tahun terpanas dalam sejarah.

Liputan6.com, Jakarta - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengonfirmasi bahwa delapan tahun terakhir adalah tahun yang terpanas sejak pencatatan dimulai. Meskipun fenomena tersebut merupakan pengaruh pendinginan dari pola cuaca La Nina yang berlarut-larut.

Tahun lalu, ketika dunia menghadapi rangkaian bencana alam akibat perubahan iklim, suhu global rata-rata sekitar 1,15 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri, kata Organisasi Meteorologi Dunia.

"Delapan tahun terakhir adalah rekor terpanas secara global, dipicu oleh konsentrasi gas rumah kaca yang terus meningkat dan akumulasi panas," kata badan PBB itu dalam sebuah pernyataan.

Tahun terpanas yang tercatat adalah 2016, diikuti oleh tahun 2019 dan 2020.

Sementara itu, tahun lalu yakni tahun 2022 menandai tahun kedelapan berturut-turut bahwa suhu global tahunan setidaknya satu derajat di atas tingkat pra-industri yang terlihat antara tahun 1850 dan 1900.

Perjanjian Paris, yang disetujui oleh hampir semua negara di dunia pada tahun 2015, menyerukan pembatasan pemanasan global pada 1,5C, yang menurut para ilmuwan akan membatasi dampak iklim ke tingkat yang dapat dikelola.

Tetapi WMO memperingatkan bahwa "kemungkinan - untuk sementara - menembus batas 1,5C ... meningkat seiring waktu."

WMO mencapai kesimpulannya dengan menggabungkan enam kumpulan data internasional terkemuka, termasuk pemantau iklim Copernicus (C3S) Uni Eropa dan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA), yang telah mengumumkan temuan serupa minggu ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengaruh Peristiwa La Nina

Badan PBB tersebut menyoroti bahwa rekor cuaca terhangat selama delapan tahun terakhir terjadi sejak 2015, meskipun peristiwa La Nina berturut-turut terjadi sejak 2020.

Fenomena cuaca memiliki efek pendinginan pada suhu global.

Oleh karena itu, tahun lalu "hanya" tahun terpanas kelima atau keenam yang pernah tercatat, kata WMO.

Namun, situasi pada tahun lalu lebih ekstrim di beberapa tempat.

3 dari 4 halaman

Eropa Alami Tahun Terpanas

Copernicus mengatakan dalam laporan tahunannya bahwa wilayah kutub planet itu mengalami rekor suhu tahun lalu, seperti yang terjadi di sebagian besar wilayah Timur Tengah, China, Asia Tengah, dan Afrika utara.

Eropa mengalami tahun terpanas kedua saat Prancis, Inggris, Spanyol, dan Italia mencetak rekor suhu rata-rata baru dan gelombang panas di seluruh benua diperparah oleh kondisi kekeringan yang parah, katanya.

Untuk planet secara keseluruhan, WMO mengatakan dampak La Nina, yang diperkirakan akan berakhir dalam beberapa bulan, akan "berumur pendek".

Pola cuaca, katanya, "tidak akan membalikkan tren pemanasan jangka panjang yang disebabkan oleh rekor tingkat gas rumah kaca yang memerangkap panas di atmosfer kita."

4 dari 4 halaman

Perlunya Aksi Siap Siaga

WMO mengatakan trennya jelas.

"Sejak 1980-an, setiap dekade lebih hangat dari dekade sebelumnya," katanya.

Suhu rata-rata periode 2013-2022 adalah 1,14 derajat Celcius di atas garis dasar pra-industri.

Itu mencapai 1,09 derajat Celcius antara 2011 dan 2020, menurut perkiraan panel penasehat ilmu iklim PBB, IPCC.

WMO mengatakan, "ini menunjukkan bahwa pemanasan jangka panjang berlanjut," dengan dunia "sudah mendekati batas bawah kenaikan suhu yang ingin dicegah oleh Perjanjian Paris."

Lonjakan peristiwa cuaca ekstrem menggarisbawahi perlunya "kesiapsiagaan yang ditingkatkan," kata kepala WMO, Petteri Taalas.

Pada KTT iklim COP27 pada bulan November, Sekjen PBB Antonio Guterres meluncurkan rencana lima tahun senilai US$3 miliar untuk membangun sistem peringatan dini global untuk peristiwa cuaca ekstrem yang mematikan dan merugikan yang diperkuat oleh perubahan iklim.

Sejauh ini, hanya setengah dari 193 negara anggota PBB yang memiliki sistem seperti itu, kata Taalas.

Dia memperingatkan bahwa "kesenjangan besar" dalam pengamatan cuaca dasar, termasuk di Afrika, memiliki "dampak negatif yang besar pada kualitas prakiraan cuaca."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.