Sukses

Gitaris Legendaris Jeff Beck Meninggal Akibat Meningitis, Dunia Rock Berduka

Jeff Beck meninggal dunia. Salah satu gitaris rock paling berpengaruh sepanjang masa itu mengembuskan napas terakhirnya di usia 78 tahun.

Liputan6.com, London - Jeff Beck meninggal dunia. Salah satu gitaris rock paling berpengaruh sepanjang masa itu mengembuskan napas terakhirnya di usia 78 tahun.

Musisi Inggris menjadi terkenal sebagai bagian dari Yardbirds, di mana dia menggantikan Eric Clapton, sebelum membentuk grup Jeff Beck dengan Rod Stewart.

Kehadirannya telah mengubah musik gitar di tahun 1960-an, dan memengaruhi gerakan seperti heavy metal, jazz-rock, dan bahkan punk.

Kematian Beck dikonfirmasi di halaman Twitter resminya.

"Atas nama keluarganya, dengan kesedihan yang dalam dan mendalam kami berbagi berita tentang meninggalnya Jeff Beck," kata pernyataan itu seperti dikutip dari BBC, Kamis (12/1/2023).

"Setelah tiba-tiba tertular meningitis bakteri, dia meninggal dunia dengan damai kemarin. Keluarganya meminta privasi sementara mereka memproses kehilangan yang luar biasa ini."

Ketika Jeff Beck di Rock and Roll Hall of Fame untuk kedua kalinya pada tahun 2009, Beck - berkata: "Saya bermain seperti yang saya lakukan karena memungkinkan saya menghasilkan suara yang paling keras."

"Itulah intinya sekarang, bukan? Aku tidak peduli dengan peraturan."

"Faktanya, jika saya tidak melanggar peraturan setidaknya 10 kali di setiap lagu, maka saya tidak melakukan pekerjaan saya dengan baik."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yang Terhebat...

Menanggapi berita kematiannya, penyanyi Sir Rod Stewart menyebut Beck "yang terhebat".

Memposting foto pasangan itu bersama di Instagram, dia menulis: "Jeff Beck berada di planet lain. Dia membawa saya dan Ronnie Wood ke AS pada akhir tahun 60-an dengan bandnya, Jeff Beck Group dan kami tidak pernah melihat ke belakang sejak itu.

"Dia adalah salah satu dari sedikit gitaris yang ketika bermain live benar-benar mendengarkan saya bernyanyi dan merespons. Jeff, kamu yang terhebat, kawan. Terima kasih untuk semuanya. RIP."

Band rock AS Hollywood Vampires, yang terdiri dari Johnny Depp, Alice Cooper, Joe Perry dan Tommy Henriksen, juga memberi hormat "kepergian sahabat dan legenda gitar kami".

"Musisi Jeff yang luar biasa dan semangat untuk gitar telah menjadi inspirasi bagi kita semua," tulis band itu. "Dia adalah seorang inovator sejati dan warisannya akan terus hidup melalui musiknya. Beristirahatlah dengan tenang, Jeff."

Penyanyi rock dan gitaris Eric Clapton hanya men-tweet: "'Selalu dan selamanya'…….. ec".

3 dari 4 halaman

Pejuang Enam Senar

Di tempat lain, Jimmy Page dari Led Zeppelin memberikan penghormatan kepada Beck sebagai "pejuang bersenar enam" dan memuji imajinasi musiknya yang "tampaknya tak terbatas" yang dapat "menyalurkan musik dari yang sangat ringan".

Dalam penghormatan dari dunia rock lainnya, pentolan Rolling Stones Sir Mick Jagger berbagi video dari pasangan bermain bersama, mengatakan musik telah kehilangan "salah satu pemain gitar terhebat di dunia" dan "kita semua akan sangat merindukannya".

Pentolan Black Sabbath Ozzy Osbourne mengatakan "suatu kehormatan" untuk mengetahui dan bermain dengan Beck, menambahkan: "Saya tidak bisa mengungkapkan betapa sedihnya saya..."

Dan gitaris Queen Sir Brian May mengatakan dia kehilangan kata-kata, tetapi menyebut Beck sebagai "puncak permainan gitar yang mutlak" dan "manusia yang sangat baik".

Anggota Kiss, Gene Simmons dan Paul Stanley, juga mengungkapkan keterkejutan mereka.

Simmons menyebut berita itu "memilukan", sementara Stanley mengatakan dia telah "merintis jalan yang mustahil untuk diikuti. Mainkan sekarang dan selamanya".

Penyanyi Paul Young menambahkan dalam posting Twitter: "Dia dicintai oleh semua orang yang tahu; gitaris gitaris!"

 

4 dari 4 halaman

Terlahir Sebagai Geoffrey Arnold Beck

Lahir sebagai Geoffrey Arnold Beck di Wallington, Surrey, Inggris, musisi yang kemudian dikenal sebagai Jeff Beck jatuh cinta dengan Rock and Roll sedari kecil dan membuat gitar pertamanya saat remaja.

"Seorang pria berkata, 'Saya akan membuatkan Anda gitar berbodi padat seharga lima pound'," katanya kemudian kepada Majalah Rock Cellar. "Lima pound, yang bagi saya adalah 500 saat itu, [jadi] saya pergi dan membuatnya [sendiri].

"Yang pertama saya buat pada tahun 1956, karena Elvis, dan semua yang Anda dengar tentang musik pop adalah gitar. Dan kemudian saya terpesona. Saya yakin hal yang sama berlaku untuk banyak orang."

Setelah tugas singkat di Wimbledon Art College, dia bergabung dengan Screaming Lord Sutch & the Tridents.

Ketika Eric Clapton meninggalkan Yardbirds pada tahun 1965, Jimmy Page menyarankan untuk mempekerjakan Beck - dan dia melanjutkan untuk memainkan lagu-lagu hits seperti I'm A Man dan Shapes Of Things, di mana penggunaan umpan baliknya yang perintis memengaruhi musisi seperti Paul McCartney dan Jimi Hendrix.

"[Teknik] itu datang sebagai kecelakaan," katanya kemudian kepada Johnnie Walker dari BBC Radio 2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.