Sukses

31 Desember 1999: Putin Ambil Alih Kursi Presiden Rusia dari Boris Yeltsin

Tepat hari ini tahun 1999, Boris Yeltsin mengundurkan diri sebagai presiden Rusia, mengejutkan negara dan seluruh dunia.

Liputan6.com, Rusia - Hari ini, 23 tahun yang lalu, tepatnya pada 31 Desember 1999, Boris Yeltsin mengundurkan diri sebagai presiden Rusia, mengejutkan negara dan seluruh dunia. Yeltsin membuat pengumuman mengejutkan itu secara langsung di televisi Rusia dan mengatakan bahwa Perdana Menteri Vladimir Putin akan mengambil alih kursi presiden, dan proses pemilihan umum berlangsung pada 26 Maret 2000.

"Saya pergi. Saya pergi lebih awal dari waktu yang saya targetkan," katanya, dikutip dari BBC, Sabtu (31/12/2022).

Pria yang kala itu berusia 68 tahun berulang kali mengatakan bahwa ia akan menjalani masa jabatan kedua dan terakhirnya, yang dimaksudkan berlanjut hingga Juni 2000.

Yeltsin meminta maaf atas apa yang dia sebut kesalahan pemerintahannya, dan mengatakan Rusia perlu memasuki abad baru dengan para pemimpin politik baru.

Dia berkata: "Saya ingin meminta maaf lantaran impian Anda yang tidak menjadi kenyataan. Dan juga saya ingin meminta maaf karena tidak menjalankan harapan Anda."

Itu adalah pengakuan yang tidak biasa dari seorang pria yang selama delapan tahun memimpin Rusia sebagai presiden. Ia juga jarang mengatakan bahwa dia salah.

Masa jabatan Yeltsin sangat berat lantaran Rusia yang sejak runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, harus mengubah negaranya dari ekonomi yang biasanya dikelola sendiri kini menjadi negara dengan ekonomi pasar bebas.

Pada tahun 1998 rubel kehilangan 70% nilainya terhadap dolar dan 29% populasi (42 juta orang) hidup di bawah garis kemiskinan.

Tapi Presiden AS Bill Clinton memuji Yeltsin karena membawa demokrasi ke Rusia, dan Perdana Menteri Inggris Tony Blair mengatakan bahwa dunia "lebih stabil dan aman" sebagai hasil dari kepemimpinan mantan presiden tersebut.

Setelah pengunduran diri, Rusia telah diserahkan kepada Putin.

Ia pernah menjadi perwira intelijen KGB dan kemudian pada tahun 1998 menjadi kepala Keamanan Federal (gelar baru untuk KGB), dia adalah sosok yang kurang dikenal sampai dia menjadi perdana menteri pada Agustus di tahun 1999.

Tetapi dengan peringkat jajak pendapat sebanyak 60%, Putin mulai dipandang secara luas sebagai politisi paling populer di Rusia yang menawarkan kepemimpinan yang kuat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vladimir Putin Siap Akhiri Perang Rusia Vs Ukraina: Lebih Cepat, Lebih Baik

Seementara itu, Presiden Vladimir Putin mengatakan pada Kamis 22 Desember 2022 bahwa Rusia ingin mengakhiri perang di Ukraina, dan hal ini pasti akan melibatkan solusi diplomatik.

Vladimir Putin melontarkan komentar tersebut, kemungkinan akan ditanggapi dengan skeptis oleh Ukraina dan sekutunya, sehari setelah Presiden AS Joe Biden menjamu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Gedung Putih dan menjanjikan dukungan AS yang berkelanjutan dan tak tergoyahkan.

"Tujuan kami bukan untuk memutar roda konflik militer, tetapi sebaliknya, untuk mengakhiri perang ini," kata Putin seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (23/12/2022). 

"Kami akan berusaha untuk mengakhiri ini, dan tentu saja lebih cepat lebih baik."

Rusia terus-menerus mengatakan terbuka untuk negosiasi, tetapi Ukraina dan sekutunya mencurigai taktik untuk mengulur waktu setelah serangkaian kekalahan dan mundur Rusia yang telah mengayunkan momentum perang 10 bulan demi Kyiv.

"Saya telah mengatakan berkali-kali: intensifikasi permusuhan menyebabkan kerugian yang tidak dapat dibenarkan," kata Putin kepada wartawan.

"Semua konflik bersenjata berakhir dengan satu atau lain cara dengan semacam negosiasi di jalur diplomatik," tambahnya.

"Cepat atau lambat, pihak mana pun dalam keadaan konflik, duduk dan membuat kesepakatan. Semakin cepat kesadaran ini datang kepada mereka yang menentang kita, semakin baik. Kami tidak pernah menyerah dalam hal ini."

3 dari 4 halaman

Rusia Klaim Ukraina Tolak Bicara

Rusia mengatakan, Ukraina yang menolak untuk berbicara. Sementara Kyiv mengatakan Rusia harus menghentikan serangannya dan menyerahkan semua wilayah yang telah direbutnya.

Putin juga mengecilkan pentingnya sistem pertahanan udara Patriot yang disetujui Biden untuk disuplai ke Zelensky, dengan mengatakan Rusia akan menemukan cara untuk melawannya. Dia mengatakan itu “cukup tua” dan tidak berfungsi seperti sistem S-300 Rusia.

"Penawar akan selalu ditemukan," kata Putin seraya menyombongkan diri bahwa Rusia akan "memecahkan" Patriot.

"Jadi mereka yang melakukannya sia-sia. Itu hanya memperpanjang konflik, itu saja."

Putin juga mengatakan batasan harga yang dikenakan pada minyak Rusia oleh negara-negara Barat, yang dirancang untuk membatasi kemampuannya mendanai perang, tidak akan merusak ekonomi Rusia. Dia mengatakan dia akan menandatangani keputusan awal minggu depan untuk menetapkan tanggapan Rusia.

4 dari 4 halaman

Rusia Tak Mau Disalahkan Atas Perang di Ukraina

Sementara itu, Vladimir Putin percaya Rusia tidak bisa disalahkan atas perang di Ukraina. Bahkan, ia menambahkan kedua negara "berbagi tragedi".

Dilansir BBC, Kamis (22/12/2022), selama pidato yang disiarkan televisi dengan pejabat militer senior, presiden Rusia itu mengatakan dia terus melihat Ukraina sebagai "negara persaudaraan".

Vladimir Putin Harap Perang di Ukraina Segera Berakhir Pada bulan Februari, Presiden Putin mengirim hingga 200.000 tentara ke Ukraina memicu perang yang telah menyebabkan ribuan kematian.

Dia mengklaim konflik itu merupakan "hasil dari kebijakan negara ketiga". 

Teori, yang menyiratkan ekspansi Barat sebagai penyebabnya, telah berulang kali ditolak di luar Rusia.

Dalam pidatonya, Presiden Putin mengklaim bahwa Barat telah "mencuci otak" republik-republik pasca-Soviet, dimulai dengan Ukraina.  Dia berkata: "Selama bertahun-tahun, kami mencoba membangun hubungan bertetangga yang baik dengan Ukraina, menawarkan pinjaman dan energi murah, tetapi tidak berhasil."

Kekhawatiran lama Presiden Putin tampaknya berasal dari pertumbuhan NATO sejak Uni Soviet runtuh pada tahun 1991. Tujuan awal NATO adalah untuk menantang ekspansi Rusia setelah Perang Dunia Kedua, tetapi Kremlin telah lama berargumentasi bahwa NATO menerima bekas sekutu Soviet karena anggotanya mengancam keamanannya.

Ketegangan antara Kremlin dan Barat meningkat setelah penggulingan Presiden Ukraina pro-Kremlin Viktor Yanukovych pada tahun 2014, setelah berbulan-bulan protes jalanan.

Dalam pidatonya, Presiden Putin melanjutkan: "Tidak ada yang perlu dituduhkan kepada kami. Kami selalu menganggap orang Ukraina sebagai saudara dan saya masih berpikir demikian."

"Apa yang terjadi sekarang adalah sebuah tragedi, tapi itu bukan salah kami."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.