Sukses

Puncak Wabah COVID-19 di China Diprediksi Terjadi Januari 2023

Otoritas China memprediksi bahwa wabah akan memuncak selama Januari 2023.

Liputan6.com, Beijing - China memprediksi COVID-19 akan tetap menyebar tanpa henti di seluruh negeri. Saat ini, sejumlah kota dan provinsi melaporkan ratusan ribu infeksi Virus Corona itu setiap hari melebihi penghitungan resmi nasional.

Dikutip dari laman Straits Times, Senin (26/12/2022) otoritas memprediksi bahwa wabah Virus Corona COVID-19 akan memuncak selama Januari 2023.

Komisi Kesehatan Nasional China, regulator kesehatan utama negara itu, mengatakan pada Minggu bahwa pihaknya akan berhenti menerbitkan data pengawasan COVID-19 harian tentang jumlah infeksi.

Penghitungan sebenarnya dari wabah di negara berpenduduk 1,4 miliar tidak diketahui, membuatnya lebih sulit untuk mengetahui jumlah korban yang akan ditimbulkannya terhadap perekonomian.

Setelah melanda Beijing, varian Omicron menyebar ke seluruh negeri, memicu wabah besar-besaran di pusat kota besar di bagian selatan.

Pusat manufaktur dan teknologi timur Provinsi Zhejiang memperkirakan sekarang ada 1 juta kasus Corona COVID-19 setiap hari.

Angka itu berpotensi dua kali lipat dua minggu dari sekarang, sebelum menjadi moderat pada Januari 2023, kata pejabat setempat pada pengarahan pada Minggu (25/12).

Kota Zhengzhou di China tengah, yang dikenal sebagai "kota iPhone" karena merupakan basis manufaktur utama Apple, memprediksi puncaknya pada pertengahan Januari.

Provinsi Shandong dan Hubei terdekat juga mengantisipasi lonjakan sekitar waktu yang sama, menurut laporan setempat.

Negara itu mungkin telah melihat infeksi harian hampir 37 juta kasus dalam satu hari minggu lalu, menurut perkiraan Komisi Kesehatan Nasional.

Jika akurat, angka tersebut akan melampaui rekor global harian sebelumnya sekitar 4 juta, yang ditetapkan pada Januari 2022.

Di luar kota-kota besar China, virus ini menyebar ke kota-kota kecil dan daerah pedesaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

China Setop Terbitkan Update Kasus COVID-19 Harian

China telah berhenti menerbitkan data harian COVID-19. Langkah ini menambah kekhawatiran bahwa kepemimpinan negara tersebut mungkin menyembunyikan informasi negatif tentang pandemi setelah pelonggaran pembatasan.

National Health Commission (NHC) atau Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak akan lagi mempublikasikan data setiap hari mulai Minggu 25 Desember 2022, dan bahwa "mulai sekarang, CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) China akan merilis informasi COVID yang relevan untuk referensi dan penelitian."

Mengutip informasi dari situs NPR.org, Senin (26/12/2022), NHC tidak mengatakan mengapa perubahan itu dilakukan dan tidak menunjukkan seberapa sering CDC akan merilis data.

China mengalami lonjakan kasus baru Virus Corona COVID-19 sejak pembatasan dilonggarkan. Di Provinsi Zhejiang timur China saja, pemerintah provinsi mengatakan mengalami sekitar 1 juta kasus baru setiap hari. Sementara itu, Bloomberg dan Financial Times melaporkan perkiraan yang bocor dari pejabat tinggi kesehatan China bahwa sebanyak 250 juta orang mungkin telah terinfeksi dalam 20 hari pertama bulan Desember.

Terlepas dari lonjakan kasus COVID-19, China telah menangguhkan sebagian besar tempat pengujian COVID-19 publik. Itu berarti tidak ada ukuran publik yang akurat tentang skala infeksi di seluruh negeri.

Pekan lalu, pejabat kesehatan China juga membela ambang batas tinggi negara untuk menentukan apakah seseorang meninggal karena COVID-19.

Saat ini, China mengecualikan siapa pun yang terinfeksi COVID yang meninggal tetapi juga memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya, dan dalam empat hari menjelang keputusan komisi kesehatan untuk mengakhiri perihal publikasi data, China melaporkan nol kematian akibat COVID.

3 dari 4 halaman

WHO Tawarkan Bantuan

Pekan lalu, Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan bahwa China mungkin "di belakang kurva" dalam pelaporan data, menawarkan bantuan untuk mengumpulkan informasi. Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO Michael Ryan mengatakan, "Di China, yang dilaporkan adalah jumlah kasus yang relatif rendah di ICU, tetapi secara anekdot ICU sedang penuh."

Airfinity, sebuah firma data kesehatan Inggris, memperkirakan minggu lalu bahwa angka COVID sebenarnya di China adalah satu juta infeksi dan 5.000 kematian setiap hari.

Pada hari Jumat, seorang pejabat kesehatan di Qingdao, di provinsi Shandong timur China, mengatakan kota itu melihat sekitar 500.000 kasus COVID baru setiap hari. Laporan itu dibagikan oleh outlet berita, tetapi kemudian tampaknya telah diedit kemudian untuk menghapus angkanya. Dilaporkan juga ada lonjakan kebutuhan akan krematorium.

 

4 dari 4 halaman

Kasus di Qingdao

Sebelumnya, setengah juta orang di satu kota di China terinfeksi COVID-19 setiap hari, kata seorang pejabat kesehatan senior, dalam pengakuan yang jarang dan cepat disensor bahwa gelombang infeksi negara itu tidak tercermin dalam statistik resmi.

Dari laporan AFP didapati bahwa outlet berita yang dioperasikan oleh Partai Komunis yang berkuasa di Qingdao pada Jumat 23 Desember 2022 melaporkan, kepala kesehatan kota mengatakan bahwa kota timur itu mengalami "antara 490.000 dan 530.000" kasus COVID-19 baru setiap hari.

Kota pesisir berpenduduk sekitar 10 juta orang itu "dalam periode penularan cepat menjelang puncak yang mendekat," kata Bo Tao, menambahkan bahwa tingkat infeksi akan meningkat 10 persen lagi selama akhir pekan.

Laporan tersebut dibagikan oleh beberapa outlet berita lain tetapi tampaknya telah diedit pada Sabtu pagi untuk menghapus angka kasus Virus Corona COVID-19 tersebut. Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan pada hari Sabtu bahwa 4.103 infeksi rumah tangga baru tercatat secara nasional pada hari sebelumnya, tanpa kematian baru.

Di Shandong, provinsi tempat Qingdao berada, pihak berwenang secara resmi hanya mencatat 31 kasus domestik baru.

Pemerintah China menjaga ketat media negara itu, dengan legiun sensor online untuk menghapus konten yang dianggap sensitif secara politik.

Sebagian besar publikasi yang dikelola pemerintah telah meremehkan parahnya gelombang keluar negara, alih-alih menggambarkan pembalikan kebijakan sebagai hal yang logis dan terkendali.

Tetapi beberapa outlet mengisyaratkan kekurangan obat dan rumah sakit di bawah tekanan, meskipun perkiraan jumlah kasus sebenarnya masih jarang. Pemerintah Provinsi Jiangxi timur mengatakan dalam posting media sosial hari Jumat bahwa 80 persen populasinya – setara dengan sekitar 36 juta orang – akan terinfeksi pada bulan Maret.

Lebih dari 18.000 pasien COVID-19 telah dirawat di institusi medis besar di provinsi tersebut dalam dua minggu hingga Kamis, termasuk hampir 500 kasus parah tetapi tidak ada kematian, kata pernyataan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.