Sukses

Foto Piala Dunia Ini Bukti Ada Penjelajah Waktu Bawa Ponsel Lipat?

Sejumlah penggemar sepak bola menunjukkan time traveller atau penjelajah waktu yang bersembunyi di latar belakang gambar Piala Dunia 1962 yang ikonik. Benarkah?

Liputan6.com, Brasilia - Sejumlah penggemar sepak bola menunjukkan time traveller atau penjelajah waktu yang bersembunyi di latar belakang gambar Piala Dunia 1962 yang ikonik.

Dalam gambar, seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Sabtu (10/12/2022), kapten Brasil Mauro Ramos terlihat mengangkat trofi di Chile setelah timnya mengalahkan Cekoslowakia 3-1 di final Piala Dunia.

Jika dilihat sekilas, mungkin Anda tak akan menyadari ada yang janggal dalam foto hitam putih tersebut. Tetapi ketika dilihat lebih seksama gambar tersebut, akan terlihat apa yang tampak seperti flip phone alias ponsel lipat di antara kerumunan reporter dan fotografer yang mengelilingi Ramos.

Menurut The Sun, Brasil yang jadi pemenang itu tampaknya juga dipotret melalui 'ponsel lipat' itu, membuat para ahli teori konspirasi mempertanyakan perangkat tersebut.

Ponsel lipat belum ditemukan hingga tahun 1996 ketika Motorola merilis StarTAC dan setelah pemeriksaan gambar lebih lanjut, tampaknya perangkat tersebut jauh lebih kompatibel dengan dekade tersebut.

Pemberitaan lantas menyebut orang di bagian tengah bawah foto memegang kamera berbentuk kotak dan bukan ponsel, yang baru ditemukan 34 tahun setelah gambar diambil.

Fotografer pada gambar hitam putih itu terlihat hanya menggunakan satu tangan, sehingga kamera genggamnya sangat mirip dengan ponsel flip.

Pada saat itu, kamera kotak adalah alat fotografi yang populer, terdiri dari perangkat persegi sederhana dengan lensa di satu ujung dan film di ujung lainnya.

Jadi, Anda sudah tahu kan apakah ada penjelajah waktu dalam foto Piala Dunia yang dimaksud?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus Lain Sang Penjelajah Waktu: Ponsel Nirkabel Sebelum Masanya?

Namun, ini bukan pertama kalinya 'penjelajah waktu' terlihat dengan apa yang tampak seperti ponsel di tangan mereka sebelum perangkat itu ditemukan.

Cuplikan dari tahun 1938 juga mendukung teori bahwa 'perjalanan waktu itu nyata', menurut komentator.

Dalam klip film tersebut, terlihat sekelompok orang berjalan menuju kamera, dengan seorang wanita muda berdiri sambil memegang sesuatu di sisi kepalanya.

Wanita tersebut terlihat mengobrol sambil berjalan di tengah kerumunan orang, dengan 'perangkat' dijepit di sisi kepalanya dengan satu tangan. Dia kemudian tampaknya menurunkannya sebelum klip film berakhir.

Hal ini membuat para ahli teori konspirasi mempertanyakan apakah wanita itu sedang berbicara di ponsel, atau apakah dia memegang benda lain di telinganya.

Para ahli teori kemudian menggali lebih dalam klaim tersebut, dengan satu akun Youtube menyatakan bahwa wanita dalam rekaman itu adalah nenek buyut mereka, dan dia sebenarnya menggunakan ponsel.

Menurut pengguna YouTube Planetcheck, perangkat genggam tersebut adalah telepon nirkabel eksperimental yang dikembangkan oleh raksasa industri Dupont di pabrik mereka di Leominster, Massachusetts.

"Wanita yang Anda lihat adalah nenek buyut saya Gertrude Jones," kata pengguna tersebut.

"Dia berusia 17 tahun. Saya bertanya kepadanya tentang video ini dan dia mengingatnya dengan cukup jelas. Dia mengatakan Dupont memiliki bagian komunikasi telepon di pabrik.

"Mereka bereksperimen dengan telepon nirkabel. Gertrude dan lima wanita lainnya diberi telepon nirkabel ini untuk diuji selama seminggu. Gertrude sedang berbicara dengan salah satu ilmuwan yang memegang telepon nirkabel lain yang berada di sebelah kanannya saat dia lewat."

 

3 dari 4 halaman

Kasus Serupa

Dalam penemuan lain yang mencengangkan, sebuah gambar hitam-putih yang diambil di New York City menunjukkan seorang pria "memegang telepon di telinganya", mirip dengan wanita dalam jepretan tahun 1938.

Gambar ini diambil dua tahun sebelum wanita itu terlihat memegang 'telepon' di telinganya, dengan teori konspirasi mengklaim ada beberapa 'penjelajah waktu' pada saat itu.

Meskipun ini berpotensi terjadi, pria itu juga bisa memegang sesuatu yang lain di telinganya, atau bahkan hanya menggaruk kepalanya.

4 dari 4 halaman

John Titor Sang Penjelajah Waktu

Tahun 2000, seorang pria muncul di Internet, mengklaim sebagai time traveler, penjelajah waktu.

Pria itu, yang mengaku sebagai John Titor, mengklaim sebagai penjelajah waktu dari tahun 2036. Menggunakan mesin waktu yang konon dipasang di Chevrolet keluaran 1987.

Menurut Titor, itu adalah mesin waktu pertama dari jenisnya, yang diproduksi dan dibuat oleh perusahaan raksasa General Electric pada 2034.

Mungkin argumen yang paling menarik berkisar pada pencarian komputer IBM 5100, yang disebut John Titor dalam posting-posting pertamanya.

"Perjalanan pertamaku adalah dari 2036 menuju 1975. Setelah dua cek VGL, divergensi atau penyimpangan diperkirakan sekitar 2,5 persen (dari 2036). Aku 'dikirim; untuk mendapatkan sistem komputer IBM yang disebut 5100. Salah satu komputer portabel pertama yang dibuat dan memiliki kemampuan untuk membaca bahasa program IBM yang lebih tua selain APL dan Basic," kata dia.

Dengan kata lain, komputer tersebut punya kemampuan untuk meniru bahasa pemrograman lain . Fakta ini tidak diketahui secara luas. Untuk pengakuan ini, terlihat meyakinkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.