Sukses

Wajib Waspada, Ini 5 Tanda Bahwa Tubuh Anda Sedang Tidak Sehat

Liputan6.com, Jakarta - Seringkali kita tidak mengkhawatirkan kesehatan kita sampai sesuatu mulai mengganggu kita.

Meskipun orang yang paling sehat sekalipun dapat mengalami ketidaknyamanan sesekali, ada beberapa sinyal tubuh yang tidak boleh kita abaikan.

Meskipun penting untuk mencari bantuan profesional jika ada sesuatu yang mengkhawatirkan Anda, ada baiknya juga memperhatikan cara tubuh Anda mencoba memberi tahu Anda bahwa ada sesuatu yang salah.

Dilansir Bright Side, Minggu (4/12/2022), berikut adalah beberapa pertanda ketika kesehatan Anda mulai terganggu:

1. Mata selalu kering

Mata Anda mungkin kering dan gatal jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu menatap layar ponsel atau komputer. Tetapi jika Anda merasakan kekeringan yang ekstrem di mata dan mulut Anda, itu mungkin merupakan tanda peradangan. Kekeringan mata kronis mungkin disebabkan oleh infeksi pada kelenjar yang mengeluarkan air mata yang menghasilkan air mata dan air liur.

2. Selalu merasa kedinginan

Saat cuaca di luar semakin dingin, sangat bisa dimengerti jika kita ingin menyalakan pemanas di dalam rumah. Tetapi jika Anda sering merasa kedinginan, itu mungkin merupakan tanda produksi tiroid yang rendah. Karena kadar hormon tiroid yang rendah menyebabkan metabolisme Anda melambat, hal itu mungkin membuat Anda merasa kedinginan bahkan di ruangan yang hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Rambut Rontok

Meskipun rambut rontok sepanjang hari adalah hal yang wajar, jika Anda tiba-tiba melihat banyak rambut di sisir, itu bisa menjadi tanda tubuh Anda kekurangan zat besi.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup zat besi melalui makanan, hal itu dapat memengaruhi tubuh Anda dalam banyak hal, termasuk kerontokan rambut. Cobalah makan lebih banyak makanan kaya zat besi, seperti daging merah, kacang-kacangan, dan aprikot kering untuk memastikan Anda mendapatkan zat besi yang Anda butuhkan.

3 dari 4 halaman

4. Gigi Terlalu Sensitif

Gigi Anda mungkin sensitif terhadap makanan yang terlalu panas atau dingin, tetapi itu juga bisa menjadi pertanda adanya masalah usus.

Erosi gigi dan sensitivitas gigi dapat mengindikasikan refluks asam. Asam dapat merusak lapisan pelindung enamel gigi Anda, tetapi jika dokter gigi Anda mengidentifikasi masalah ini lebih awal, hal itu dapat dengan mudah diobati.

4 dari 4 halaman

5. Selalu Merasa Haus

Minum cukup air sangat penting untuk kesehatan kita, tetapi jika Anda terus-menerus merasa haus, itu mungkin merupakan gejala diabetes.

Karena diabetes menyebabkan glukosa menumpuk di dalam darah, ginjal Anda bekerja lebih keras, yang pada gilirannya menyebabkan peningkatan buang air kecil dan rasa haus

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS