Sukses

Anwar Ibrahim Jadi PM ke-10 Malaysia, Mahathir Mohamad Beri Selamat

Mahathir Mohamad mengucapkan selamat kepada Anwar Ibrahim yang kini telah sah menjadi PM baru Malaysia.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Politikus veteran Malaysia dan mantan pemimpin Mahathir Mohamad pada Jumat (25/11) mengucapkan selamat kepada rival lamanya Anwar Ibrahim, dalam sebuah pesan di Twitter atas jabatan barunya sebagai perdana menteri.

"Selamat maju jaya," ucap Mahathir melalui akun Twitter @chedetofficial.

Anwar Ibrahim diangkat sebagai perdana menteri oleh raja Malaysia pada hari Kamis setelah pemilihan yang tidak meyakinkan.

Dilansir Channel News Asia, Jumat (25/11/2022), seperti diketahui, perseteruan keduanya telah mendominasi politik Malaysia selama dua dekade terakhir.

Anwar diperkirakan akan memulai diskusi tentang pembentukan kabinetnya saat ia mulai bekerja pada hari Jumat sebagai perdana menteri di saat yang sulit, dengan ekonomi yang melambat dan negara yang sangat terpecah setelah pemilu yang ketat.

Pria berusia 75 tahun itu dilantik sebagai perdana menteri pada hari Kamis, mengakhiri perjalanan politik tiga dekade.

Anwar, yang diangkat oleh raja Malaysia setelah pemilihan yang buntu, mengatakan bahwa rakyat Malaysia telah lama menunggu perubahan.

"Kami tidak akan pernah berkompromi dengan pemerintahan yang baik, gerakan antikorupsi, independensi peradilan, dan kesejahteraan rakyat biasa Malaysia," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anwar Terpilih Jadi PM

Penunjukan Anwar sebagai perdana menteri mengakhiri lima hari krisis pascapemilu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tetapi penunjukkannya ini dapat menyebabkan ketidakstabilan lebih lanjut dengan saingannya, mantan perdana menteri Muhyiddin Yassin, yang menantangnya untuk membuktikan mayoritasnya di parlemen.

Koalisi keduanya gagal memenangkan mayoritas dalam pemilu, tetapi raja konstitusional Malaysia, Raja Al-Sultan Abdullah, menunjuk Anwar setelah berbicara dengan beberapa anggota parlemen.

Kampanye tersebut mengadu koalisi multi-etnis Anwar yang progresif melawan aliansi Muslim-Melayu Muhyiddin yang sebagian besar konservatif.

Ketidakpastian pemilu telah mengancam memperburuk ketidakstabilan di Malaysia, yang telah memiliki tiga perdana menteri selama bertahun-tahun, dan juga berisiko menunda keputusan kebijakan yang diperlukan untuk mendorong pemulihan ekonomi.

3 dari 4 halaman

Dukungan

Koalisi Anwar, yang dikenal sebagai Pakatan Harapan, memenangkan kursi terbanyak pada pemungutan suara 19 November dengan 82, sementara blok Perikatan Nasional Muhyiddin memenangkan 73. Menurut konstitusi Malaysia, ereka membutuhkan 112 kursi untuk membentuk pemerintahan.

Blok Barisan Nasional yang berkuasa lama hanya memenangkan 30 kursi. Ini merupakan kinerja pemilihan terburuk untuk koalisi yang mendominasi politik sejak kemerdekaan pada tahun 1957.

Anwar mengatakan Barisan Nasional dan aliansi partai-partai dari Kalimantan telah menjanjikan dukungan, memberinya mayoritas yang meyakinkan.

4 dari 4 halaman

Posisi Muhyiddin Yasin

Blok Muhyiddin termasuk partai Islam PAS, yang kemenangan elektoralnya menimbulkan kekhawatiran di komunitas etnis China dan India, yang sebagian besar anggotanya menganut agama lain.

Pihak berwenang telah memperingatkan peningkatan ketegangan etnis sejak pemungutan suara di media sosial dan platform video pendek TikTok mengatakan minggu ini waspada tinggi untuk konten yang melanggar pedomannya.

Masalah paling mendesak yang dihadapi Anwar selain memilih Kabinet adalah anggaran untuk tahun depan, yang diusulkan sebelum pemilihan diadakan tetapi belum disahkan.

Anwar mengatakan dia akan mengadakan sidang parlemen pada 19 Desember untuk mosi percaya dan membuktikan mayoritasnya di majelis rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.