Sukses

David Beckham Tuai Kritik Usai Jadi Duta Piala Dunia Qatar, Ada Apa?

David Beckham mendapat kritik usai menjadi Duta Piala Dunia 2022 Qatar.

Liputan6.com, Doha - David Beckham menghadapi kritik lebih lanjut atas perannya sebagai duta Qatar setelah mengklaim Piala Dunia akan menjadi platform untuk kemajuan, inklusivitas, dan toleransi.

Dilansir The Guardian, Selasa (22/11/2022), Beckham, yang dilaporkan menerima £150 juta dari Qatar, memberikan penilaian optimisnya dalam pesan video yang diputar untuk tamu di festival pemuda "Generation Amazing" Komite Tertinggi di Doha, di mana dia juga mengatakan kepada mereka yang berkumpul bahwa "hari ini adalah harimu." 

Masalah hak pekerja dan LGBTQ+ terus menjadi tema menjelang Piala Dunia kali ini, bersamaan dengan pertanyaan seberapa banyak Qatar telah berubah sejak dianugerahi turnamen pada tahun 2010.

“Qatar bermimpi membawa Piala Dunia ke tempat yang belum pernah ada sebelumnya, tapi itu tidak akan cukup hanya dengan mencapai sesuatu di lapangan,” katanya. 

“Lapangan akan menjadi platform untuk kemajuan.”

Dia juga berkata: “Mimpi bisa menjadi kenyataan. Itu sebabnya kamu ada di sini. Anda berbagi semangat untuk permainan sepak bola dan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih toleran dan inklusif.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dikritik Kelompok LGBTQ

Beckham semakin dikritik oleh kelompok LGBTQ+, dengan Di Cunningham, salah satu pendiri kelompok Three Lions Pride, pekan lalu mengatakan dia seharusnya tidak lagi dianggap sebagai sekutu yang hebat karena peran duta besarnya yang dibayar.

Namun, Beckham mengatakan Qatar dan para duta besarnya mengubah kehidupan menjadi lebih baik. 

“Setiap pemain hebat yang cukup beruntung untuk bermain dengan saya memulai dengan cara yang persis sama,” katanya. 

“Hampir dua dekade yang lalu sekelompok kecil pecinta sepak bola dari Qatar memiliki mimpi yang sama fantastisnya: bahwa mereka dapat menghadirkan pertunjukan sepak bola terhebat di dunia ke negara asal mereka dan ke Timur Tengah untuk pertama kalinya.

3 dari 4 halaman

Saat Piala Dunia 2022 Disinyalir Jadi Alat Politik Qatar

Pemenang untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 adalah Qatar! Itulah kata-kata Sepp Blatter, yang menjabat sebagai bos badan sepak bola dunia FIFA pada 2010, saat diumumkan bahwa acara olahraga terbesar di planet ini akan diselenggarakan di Timur Tengah untuk pertama kalinya.

Jadi bagaimana Qatar bisa mendapatkan hak untuk menjadi tuan rumah acara yang begitu gemerlap? Ini adalah pertanyaan yang membuat banyak orang bingung sejak dua belas tahun yang lalu.

4 dari 4 halaman

Berbagai Kontroversi

Dalam banyak hal, jawabannya tetap diselimuti misteri. Ada banyak bukti yang menunjukkan adanya korupsi dan kecurangan. 

Inti dari berbagai kasus kontroversi ini adalah Sepp Blatter, seorang administrator sepak bola Swiss yang menjabat sebagai presiden FIFA selama 17 tahun sejak 1998. Sepp Blatter tidak pernah jauh dari kontroversi selama menjabat sebagai presiden FIFA. 

Di samping Sepp Blatter ada legenda sepak bola Michel Platini. Ia dianggap sebagai salah satu pesepak bola terhebat yang pernah ada dan dengan 72 caps Prancis atas namanya. Platini adalah presiden badan sepak bola Eropa EUFA selama delapan tahun sejak 2007.

Ada banyak alasan yang menunjukkan bahwa Qatar yang luasnya hanya lebih dari 11.000 kilometer persegi dan memiliki populasi yang kira-kira seukuran Greater Manchester (sekitar 3 juta orang), seharusnya tidak pernah masuk dalam daftar kehormatan terbesar dalam sepak bola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.