Sukses

Erick Tohir: Kita Serius Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Menteri BUMN Erick Tohir menyampaikan keseriusan pemerintah Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Liputan6.com, Nusa Dua - Menteri BUMN Erick Tohir menyampaikan keseriusan pemerintah Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

"Presiden Jokowi tadi pagi memberikan berikan pedoman sebagai anggota IOC kepada Thomas Bach," kata Erick Tohir saat menyampaikan pernyataan di pers briefing, Kamis (17/11/2022).

"Jadi biding Indonesia serius. Tahun 2045 kita capai Indonesia Emas. Ini juga alasan mengapa Bach mengatakan ini kesempatan bagi dunia mengetahui hal itu."

Presiden Komite Olahraga Internasional atau IOC Thomas Bach telah memberi sinyal bahwa Indonesia lewat Ibu Kota Nusantara mampu menyelenggarakan Olimpiade 2036.

Dalam press briefing bersama wartawan di Media Center KTT G20 ia menyebutkan sejumlah faktor agar suatu negara bisa menjadi tuan rumah Olimpiade.

"Faktor utama yaitu, negara tersebut bisa beri pemahaman lebih lanjut dan visi Olimpiade lewat kompetisi dan melakukan organisir dengan cara berkelanjutan serta meninggalkan warisan bagi negara tersebut berupa gaya hidup yang sehat," kata Thomas Bach, Rabu (16/11/2022).

"Di Tokyo setelah Olimpiade selesai, ada aktivitas olahraga dari masyarakat yang meningkat mengikuti kegiatan atlet Olimpiade."

"Keberlanjutan lainnya aktivitas yang ditinggalin sebagai warisan untun masyarakat dan agar ada fasilitas olahraga dan ruang publik yang bisa digunakan masayarkat, termasuk bangunan Olimpic."

Menurut Thomas Bach, ini adalah faktor yang dilihat dari negara yang melakukan biding.

"Kita sudah lihat Presiden Jokowi sudah mencerminkan hal itu. Pentingnya olahraga bagi kesehatan dan memungkin olahraga serta perdamaian dan menjadikannya netral dari urusan politik," kata Thomas Bach.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menpora Zainudin Amali: I Have a Dream, Masa ga Boleh?

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali menjawab keraguan sejumlah pihak soal rencana Indonesia yang ingin menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

"Boleh dong kita punya mimpi. I have a dream. Masa ga boleh?," kata Zainudin Amali saat melakukan konferensi pers bersama wartawan di Media Center KTT G20.

Zainudin Amali menjawab keraguan sejumlah pihak soal penyelenggaraan Olimpiade yang sama sekali tidak membuat untung bangsa Indonesia.

"Ini bukan karena keuntungan. Membuat ini sangat berdampak dan punya nilai lebih jika kita menjadi tuan rumah Olimpiade. Dampaknya luar biasa."

"Kita tau ada Grand Design, yaitu target kita tepat 100 tahun Indonesia mendeka dengan menjadi top 5 besar dunia. Itu harapan kita di 2045 menjadi big 5 in The World dalam dunia olahraga."

Dalam agenda tersebut turut hadir Presiden Komite Olahraga Internasional Thomas Bach.

Zainudin Amali menyampaikan atas nama pemerintah ucapan terima kasih kepada Bach.

"Kami sangat menghargai kehadiran Anda yang juga memberikan warna berbeda pada komunitas dunia.Ditambah dengan pernyataan Presiden Jokowi yang menyebut Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2036."

"Indonesia punya pengalaman baik dari multievent atau single event. Ada kesiapan yang bisa kita liat di Asian Games, ASEAN hingga MotoGp," kata Zainudin Amali.

3 dari 4 halaman

Jokowi: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036 di IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di dunia, Olimpiade pada 2036 mendatang. Jokowi menyiapkan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai tempatnya.

"Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara," kata Presiden Jokowi dalam keterangannya di Hotel Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu (16/11/2022).

Jokowi mengatakan bahwa sebagai Ketua G20 tahun 2022, dia bersama para pemimpin G20 menekankan pentingnya olahraga. Selain untuk kesehatan, olahraga juga memiliki peran penting dalam mempersatukan dunia.

"Saya, sebagai Ketua G20 2022, bersama pemimpin G20 lainnya menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini," jelasnya.

Dia memandang bahwa kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade berikutnya akan menegaskan pentingnya netralitas dalam ajang olahraga internasional.

Tercatat Olimpiade dan Paralimpiade berikutnya yaitu Olimpiade Paris 2024, Milano-Cortina untuk 2026 (musim dingin), Los Angeles untuk 2028, Brisbane untuk 2032 dan Youth Olympic Games 2024 di Gangwon (musim dingin) dan Dakar di 2026.

"(Kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade) akan menegaskan pentingnya netralitas politik dalam acara olahraga internasional serta otonomi organisasi olahraga," tutur Jokowi.

4 dari 4 halaman

Bangun Training Center di IKN

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi ingin Olimpiade 2036 dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Adapun Indonesia saat ini memang membidik status tuan rumah Olimpiade 2036.

Hal ini disampaikan Zainudin Amali usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (3/8/2022). Hadir pula Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan.

"Sekaligus beliau (Presiden) beberapa waktu yang lalu sudah memberikan arahan kepada saya untuk kita _bidding_ menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, tetapi proposal itu sudah mencantumkan pelaksanaannya ada di IKN," kata Zainudin dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu.

Jokowi juga akan membangun pusat pelatihan sepak bola atau training center di IKN, seiring perkembangan sepak bola Indonesia yang semakin membaik. Hal ini juga berkaitan dengan rencana pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

"Semua fasilitas-fasilita olahraga, baik (fasilitas) utama maupun (fasilitas) pendukung akan kita bangun di IKN. secara lengkap," jelas Zainudin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.