Sukses

PM Justin Trudeau Senyum Ramah ke Petugas di KTT G20, Bikin 'Meleleh'

Berjalan di atas karpet merah menuju Jokowi di The Apurva, Bali, PM Kanada tampak begitu ramah kepada para petugas dan menyapa mereka.

Liputan6.com, Bali - Kehadiran para petinggi negara G20 di The Apurva Kempinski Bali pada Selasa, 15 Oktober 2022 disambut dengan meriah oleh tim petugas. 

Turun dari mobil, para pemimpin negara maupun delegasi segera disambut dengan alunan drum band. Mereka tampak berjalan di atas karpet merah, melewati beberapa petugas berseragam merah putih yang dihiasi kain tenun khas Bali.

Para petinggi itu juga berjalan melewati jajaran bendera negara-negara G20 sambil melempar senyum kepada para wartawan. Setelahnya, mereka langsung disambut oleh Presiden Jokowi dan berfoto bersama di depan instalasi 'tiga lidah api' The Apurva yang menggambarkan tiga fokus utama dalam KTT G20 itu.

Pantauan Liputan6.com dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (16/11/2022), umumnya para delegasi G20 terlihat tersenyum pada wartawan di sekitar area intalasi ikonik 'lidah api' The Apurva Kempinski. Lalu kepada Jokowi yang telah menunggu di area sesi foto.

Di antara para pemimpin yang hadir, PM Kanada Justin Trudeau menjadi satu-satunya yang terpantau menyapa para petugas berseragam merah putih yang berada di area menuju lokasi sesi foto dengan Jokowi. Dalam rekaman tersebut, terlihat dia menganggukkan kepala dan tersenyum ramah kepada barisan petugas tersebut.

Bahkan, berbeda dari yang lain, pada hari pertama KTT G20 itu, PM Kanada yang mengenakan setelan jas warna biru gelap terlihat seperti mengucap 'halo' kepada petugas di barisan akhir menuju instalasi 'lidah api' di mana Jokowi berada.

Sebelum PM Trudeau, tampak PM Inggris Rishi Sunak telah memasuki hotel itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kala Joe Biden Hormat ke Jokowi di KTT G20

Selain PM Kanada, pemimpin negara yang cukup menarik perhatian media dengan tindakannya saat memasuki kawasan The Apurva adalah Joe Biden.

Di antara pemimpin negara dan delegasi G20 yang hadir, Presiden AS Joe Biden menjadi satu-satunya yang memberikan gesture hormat kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Pantauan Liputan6.com dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (15/11/2022), Joe Biden memberi 'hormat' kepada Jokowi sesaat sebelum naik panggung tempat sesi foto dilakukan. Ia kemudian terlihat menyalaminya lalu berfoto dan turun menuju venue acara.

KTT G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali segera mempertemukan para pemimpin dunia untuk duduk bersama dan melakukan dialog guna menemukan solusi untuk permasalahan global. 

Sementara menurut pantauan Liputan6.com dari Media Center di Nusa Dua, Bali, sebelumnya pemimpin dunia lainnya juga telah hadir. Mereka adalah Sekjen WHO, Delegasi ILO, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, PM Belanda Mark Rutte, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Argentina Alberto Fernandez, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hingga PM Inggris Rishi Sunak dan sejumlah pemimpin lainnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sudah bertemu Presiden Amerika Serikat di Bali, sebelum penyelenggaraan KTT G20 yakni pada Senin 14 November.

3 dari 4 halaman

Jokowi Sambut Pemimpin Negara di Lokasi KTT G20, Mulai dari Xi Jinping hingga Joe Biden

Secara keseluruhan, total ada 17 pemimpin negara G20 yang hadir pada hari pertama KTT G20.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com dari Youtube Sekretariat Presiden, acara penyambutan sudah dimulai sejak pukul 07.00 WIB atau 08.00 WITA. Adapun Presiden ADB Masatsugu Asakawa menjadi sosok pertama yang disambut Jokowi di lokasi KTT G20.

Sementara itu, pemimpin negara atau perwakilan yang hadir di KTT G20 Bali antara lain, Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Long, PM Belanda Mark Rutte, Presiden Rwanda Paul Kagame, Presiden Komisi Eropa Ursula Von der Leyen, Presiden European Council Charles Michael.

Kemudian, PM Inggris Rishi Sunak, PM Kanada Justin Trudeau, PM Jepang Fumio Kishida, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, PM Australia Anthony Albanese. Ada pula Sekjen PBB Antonio Guterrez, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Selanjutnya, Presiden Korea Selatan Yoon Seuk Yeol, Presiden Argentina Alberto Fernadez, Menlu Rusia Sergey Lavrov, PM India Narendra Modi, Presiden Uni Emirate Arab Muhammad bin Zayed Al Nahyan.Lalu, PM Italia Giorgia Meloni, Menlu Brasil Carlos Alberto Franca, dan Utusan Khusus Perdana Menteri Fiji Ratu Inoke Kubuabola.

Selain itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden China Xi Jinping. Presiden Amerika Serikat Joe Biden menjadi pemimpin negara terakhir yang tiba di lokasi KTT G20 pada pukul 08.57 WIB.

4 dari 4 halaman

Delegasi G20 Mulai Pulang Hari Ini, Masyarakat Diimbau Cek Ulang Jadwal Penerbangan

Sementara itu, di hari kedua, Rabu (16/11/2022), agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di The Apurva Hotel Kempinski, sekaligus akan ditutup dengan penyerahan keketuaan presidensi G20 ke India.

Pada hari kedua ini, kawasan pariwisata terpadu Nusa Dua, Bali, akan ditutup.

Mengutip laporan Indonesia.go.id, usai acara penutupan para kepala pemerintahan akan langsung bergegas pulang ke negara masing-masing melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kepulangan para orang nomor satu dari negara-negara anggota forum kerja sama ekonomi dan pembangunan ini tentu memerlukan penanganan khusus. Karena itu, Kementerian Perhubungan telah mempersiapkan pengaturan kepulangan pesawat-pesawat yang akan membawa pulang para tamu sangat sangat penting (VVIP) tersebut.

Tercatat, ada 34 pesawat membawa tamu-tamu VVIP pada KTT G20. 

Seperti dikutip dari website Kemenhub, Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto Rahardjo sempat menggelar rapat koordinasi di Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV Bandara Ngurah Rai. Rapat koordinasi persiapan pengaturan kepulangan pesawat para pemimpin negara dan delegasi peserta KTT G20 ini dihadiri oleh Kementerian Luar Negeri, otoritas bandara, PT Angkasa Pura I, PT Airnav Indonesia, dan pihak terkait lainnya.

“Besok (16 November) adalah puncak pergerakan kepulangan pesawat para pemimpin negara. Menangani kepulangan lebih kompleks karena jamnya berdekatan dibandingkan saat kedatangan. Untuk itu perlu dipersiapkan pengaturan penerbangan yang cermat,” ujar Novie.

Mantan Direktur Jenderal Perhubungan Udara itu mengatakan, sejak Selasa 15 November sudah ada beberapa pesawat VVIP yang lepas landas. Hanya saja jumlahnya tidak akan sebanyak Rabu ini. Adapun rentang waktu kepulangan para pemimpin negara dan delegasi G20, baik yang menggunakan pesawat VVIP maupun reguler yaitu mulai 15 November 2022 hingga 22 November 2022.

 

Penulis: Safinatun Nikmah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.