Sukses

8 November 2013: Badai Haiyan, Topan Terbesar Porak-porandakan Filipina

Sembilan tahun silam, bencana badai Haiyan menghancurkan Filipina. Kerusakan akibat badai ini disebut-sebut setara dengan kerusakan akibat Tsunami Aceh 2004.

Liputan6.com, Manila - Ratusan korban jiwa berguguran setelah Badai Haiyan melanda pada hari Jumat, 8 November 2013 di Filipina.

Di antara daerah yang paling parah terkena adalah pulau timur Leyte dan kota pesisir Tacloban, terlihat bangunan-bangunan rata dalam gelombang badai.

Mengutip dari BBC, Senin (7/11/2022) laporan pertama mengatakan 100 mayat telah ditemukan di sana tetapi Palang Merah kemudian memperkirakan angka lebih dari 1.000, dengan 200 lebih kematian di provinsi Samar.

Ratusan ribu orang dilaporkan mengungsi dari rumah mereka.

Presiden Filipina Benigno Aquino mengatakan dia khawatir dengan korban yang terus meningkat.

Menteri Pertahanan Voltaire Gazmin mengatakan: "Semua sistem mati. Tidak ada listrik, tidak ada air, tidak ada apa-apa. Orang-orang putus asa. Mereka menjarah."

Badai Haiyan - salah satu badai paling kuat yang pernah mendarat - saat itu melanda Vietnam, tempat puluhan ribu orang dievakuasi.

Pusat Cuaca BBC mengatakan topan itu diperkirakan akan mendarat di selatan Hanoi pada Senin sore waktu setempat (antara pukul 03:00 dan 09:00 GMT), meskipun kekuatannya akan menurun tajam.

Laporan dari Dewan Manajemen dan Pengurangan Risiko Bencana Filipina mengonfirmasi 138 kematian pada pukul 10:00 GMT pada hari Sabtu, 7 November 2013. Dikatakan hampir 350.000 orang telah dilaporkan mengungsi.

Menteri Energi Filipina Jericho Petilla terbang ke Leyte dengan helikopter dan melihat kota nelayan Palo yang hancur. Dia mengatakan, dia yakin ratusan orang telah meninggal di daerah itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1.000 Korban Tewas

Gwendolyn Pang, sekretaris jenderal Palang Merah Filipina, mengatakan telah menerima laporan awal oleh tim Palang Merah di Tacloban dan Samar.

Dia mengatakan kepada BBC bahwa pihaknya saat itu mencari sekitar 1.000 orang yang tewas di Tacloban.

"Orang-orang kami melihat banyak mayat mengambang dan kami sedang mempersiapkan dukungan, untuk pengelolaan jenazah," katanya.

Palang Merah juga melaporkan bahwa 200 mayat ada di provinsi Samar. Video dari Tacloban menunjukkan daerah itu dilanda gelombang badai.

Seorang warga, Sandy Torotoro, mengatakan kepada Associated Press bahwa dia hanyut ketika rumahnya dicabut dari tambatannya.

"Saat kami disapu air, banyak orang yang terapung-apung dan mengangkat tangan dan berteriak minta tolong. Tapi apa yang bisa kami lakukan? Kami juga perlu ditolong," katanya.

Menteri Dalam Negeri Mar Roxas mengatakan setelah mendarat di Tacloban "Kehancurannya adalah, saya tidak punya kata-kata untuk itu... Ini benar-benar mengerikan. Ini adalah tragedi kemanusiaan yang hebat."

John Andrews, wakil kepala Otoritas Penerbangan Sipil, mengatakan dia telah diberitahu tentang lebih dari 100 mayat di sekitar bandara Tacloban, dengan sedikitnya 100 orang lagi terluka.

Manajer bandara Efren Nagarama mengatakan: "Itu seperti tsunami. Kami melarikan diri melalui jendela dan saya berpegangan pada tiang selama sekitar satu jam saat hujan, air laut, dan angin menyapu bandara. Beberapa staf saya selamat dengan berpegangan pada pohon. "

Wartawan TV lokal mengatakan mereka melihat 20 mayat di sebuah gereja di Palo, 10 km selatan Tacloban.

 

3 dari 4 halaman

Setara dengan Tsunami Aceh

Sebastian Rhodes Stampa, kepala tim koordinasi penilaian bencana PBB, mengatakan ada "kehancuran dalam skala besar" di Tacloban.

"Ada mobil-mobil yang terlempar seperti tumbleweed dan jalanan dipenuhi puing-puing. Terakhir kali saya melihat sesuatu dengan skala ini adalah setelah tsunami Samudra Hindia 2004."

Komunikasi ke beberapa daerah yang paling parah dilanda terputus ketika badai melanda dan mungkin perlu beberapa hari sebelum korban tewas terakhir dan tingkat kerusakan sepenuhnya diketahui.

Sekitar 15.000 tentara telah dikerahkan ke zona bencana. Namun, penyelamat berjuang untuk sampai ke daerah terpencil, terhambat oleh puing-puing dan jalan yang rusak.

Saat kegelapan turun Sabtu itu, banyak daerah tanpa listrik.

Jim Pe, wakil walikota kota Coron di pulau Busuanga, mengatakan sebagian besar rumah dan bangunan di sana telah hancur atau rusak.

Berbicara melalui telepon, dia mengatakan lima orang tenggelam dalam gelombang badai dan tiga lainnya hilang.

4 dari 4 halaman

Bantuan dari Dunia Internasional

"Ada 747 [jet] terbang tepat di atas atap saya," kata Jim Pe.

Badai itu mendarat sesaat sebelum fajar pada hari Jumat, membawa hembusan angin yang mencapai 379km/jam (235 mph), menurut Pusat Peringatan Topan Gabungan Angkatan Laut AS, dengan gelombang setinggi 15m (45ft), membawa hingga 400mm (15,75 inci) hujan di beberapa tempat.

Pusat badai - yang dikenal secara lokal sebagai Yolanda - melewati dengan baik ke selatan ibukota Manila, tetapi kota itu masih merasakan kekuatannya.

Di jalur topan adalah daerah yang sudah berjuang untuk pulih dari gempa berkekuatan 7,3 yang mematikan bulan lalu, termasuk pulau Bohol, di mana sekitar 5.000 orang masih tinggal di tenda.

Duta Besar Inggris untuk Filipina, Asif Ahmad, mengatakan pada hari Sabtu bahwa tim ahli kemanusiaan dari Inggris dikirim untuk menilai kebutuhan dan kemudian memobilisasi sumber daya.

Raksasa internet Google juga menghasilkan peta krisis interaktif yang menunjukkan tempat penampungan evakuasi, pos komando, dan pusat medis.

 

Penulis: Safinatun Nikmah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.