Sukses

Xi Jinping Buka Kongres Partai Komunis, Bahas COVID-19 hingga One China Policy

Presiden China Xi Jinping telah membela strategi nol-Covid kontroversialnya saat kongres Partai Komunis bersejarah dimulai di Beijing.

Liputan6.com, Beijing - Presiden China Xi Jinping telah membela strategi nol-Covid kontroversialnya saat kongres Partai Komunis bersejarah dimulai di Beijing.

Dalam jeda tradisi selama beberapa dekade, delegasi kemungkinan akan memberikan Xi masa jabatan ketiga sebagai ketua partai.

Zero-Covid adalah "perang rakyat habis-habisan untuk menghentikan penyebaran virus", katanya seperti dikutip dari BBC, Minggu (16/10/2022).

Kebijakan itu telah menyelamatkan nyawa, tetapi juga menuntut hukuman yang merugikan rakyat dan ekonomi Tiongkok.

Ada peningkatan kelelahan publik atas penguncian dan pembatasan perjalanan.

Beijing telah berada di bawah langkah-langkah keamanan yang ketat menjelang kongres, memicu frustrasi di kota itu dengan protes publik yang langka dan dramatis pada hari Kamis yang mengkritik Xi dan nol Covid.

Xi Ingin Beijing Pegang Kendali atas Hong Kong hingga Taiwan

 

Xi juga membahas masalah Taiwan - yang diklaim China sebagai bagian dari wilayahnya. Taiwan yang berpemerintahan sendiri melihat dirinya berbeda dari daratan.

Berbicara perlahan dan sengaja, dia mengatakan Beijing "tidak akan pernah berjanji untuk meninggalkan penggunaan kekuatan" dan bahwa "penyatuan kembali sepenuhnya negara kita harus dan akan direalisasikan", mendorong tepuk tangan meriah dari para delegasi.

Di Hong Kong, Xi mengatakan Beijing telah mengerahkan kendali di sana, mengubah situasi dari "kekacauan menjadi pemerintahan". Beijing memberlakukan undang-undang keamanan nasional menyeluruh di wilayah itu setelah demonstrasi pro-demokrasi pada 2019.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masa Jabatan Ketiga Xi Jinping, Makin Berkuasa

Masa jabatan ketiga sebagai pemimpin Partai Komunis Tiongkok (PKT) akan membuka jalan baginya untuk menjadi pemimpin paling kuat sejak Mao Zedong.

Sekitar 2.300 delegasi bertemu untuk memilih pemimpin partai dan memperdebatkan kebijakan utama.

Selama kongres, delegasi juga diharapkan untuk memilih berbagai pemimpin termasuk Komite Tetap Politbiro - setara dengan kabinet presidensial China - yang akan menampilkan diri kepada media yang menunggu selama kongres.

Di masa lalu, kongres dua kali dalam satu dekade dipandang sebagai kesempatan bagi para pemimpin untuk mempromosikan pendukung mereka, karena mereka bersaing untuk meningkatkan kekuatan faksi-faksi mereka di dalam partai.

Tetapi para pengamat mengatakan hari-hari ini tampaknya hanya ada satu faksi di Kongres Partai ke-20 - yaitu Tuan Xi.

Sebagai tanda yang jelas dari konsolidasi kekuasaan ini, para pemimpin tertinggi Partai Komunis Tiongkok (PKT) merilis komunike beberapa hari sebelumnya yang mendukungnya sebagai "inti" partai dan kepemimpinan. Mereka juga menyerukan agar partai bersatu lebih dekat di belakangnya.

Xi saat ini memegang tiga posisi paling kuat di Tiongkok - sekretaris jenderal PKT, ketua angkatan bersenjata dan presiden negara itu. Dia diharapkan untuk memperbarui masa jabatannya untuk dua gelar pertama di kongres.

PKT tidak menetapkan batas jangka waktu apa pun. Tetapi tidak ada pemimpin selain Mao, pendiri Komunis China, yang pernah menjabat untuk masa jabatan ketiga.

Kepresidenan juga dulunya memiliki batas dua periode dalam konstitusi negara itu, yang diberlakukan oleh reformis Deng Xiaoping untuk mencegah munculnya sosok seperti Mao.

Tetapi Xi telah berhasil menghilangkan persyaratan ini: pada tahun 2018 parlemen stempel karet China menghapus aturan tersebut, secara efektif memungkinkannya untuk tetap menjadi presiden selama yang dia suka.

 

3 dari 3 halaman

Ambisi Xi Jinping

Sejak mengambil alih kekuasaan pada tahun 2012, Xi telah memimpin Tiongkok di jalan yang sama-sama ambisius dan otoriter.

Dia telah mendorong "peremajaan besar-besaran bangsa Tiongkok", yang membuatnya mengejar reformasi ekonomi, mengurangi polusi dan mengentaskan kemiskinan.

Dia juga telah melancarkan tindakan keras terhadap warga Uighur di Xinjiang dan pengunjuk rasa pro-demokrasi di Hong Kong.

Tetapi Xi terus menghadapi banyak tantangan, seperti pengangguran kaum muda, ekonomi yang melambat dan krisis properti yang sedang berlangsung - dan tentu saja nol-Covid.

Banyak juga yang akan menonton kongres untuk melihat apakah akan ada perubahan pada kebijakan luar negeri Beijing, terutama terhadap negara adidaya dunia lainnya, AS.

Upaya Xi untuk memperluas pengaruh Tiongkok di luar negeri melalui program One Belt One Road dan klaim di Laut Cina Selatan, serta dukungannya terhadap Rusia dalam perang Ukraina dan latihan militernya baru-baru ini di sekitar Taiwan telah meningkatkan ketegangan dengan AS dan negara-negara lain.

Dengan Xi tetap memimpin semua ini akan terus menjadi kepentingan inti - meskipun beberapa ahli percaya dia mungkin meredam pendekatan China dalam beberapa aspek untuk mengejar hubungan perdagangan yang lebih baik dengan AS dan mitra regional.

"Legitimasi politik PKT terletak pada penyampaian sosial ekonomi," ungkap Dr Collin Koh dari S Rajaratnam School of International Studies Singapura.

"Rata-rata warga negara China akan merasa bahwa segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, jadi ada kebutuhan untuk menghidupkan kembali jenis pertumbuhan yang telah lebih biasa dilakukan China dalam beberapa dekade terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.