Sukses

Mengejutkan! Paus Benediktus XVI Menyatakan Mundur

Kabar mengejutkan datang dari Tahta Suci Vatikan, Paus Benediktus XVI menyatakan akan mengundurkan diri akhir Februari ini. Tepatnya sejak 28 Februari 2013.

Seperti dimuat BBC, Senin (11/2/2013), alasannya, beliau terlalu tua untuk menjadi pemimpin Umat Katolik, di usianya yang sepuh, 85 tahun.

Mantan Kardinal Joseph Ratzinger sebelumnya diangkat menjadi Paus Benediktus XVI pada 2005, menyusul wafatnya Paus Yohanes Paulus II. Ia menjadi Paus di usia 78 tahun, salah satu Paus tertua yang terpilih dalam sejarah.

Mundurnya Paus ini adalah yang keempat kali dalam sejarah Vatikan, yang terakhir terjadi tahun 1415. Sementara, di era modern, ini adalah yang pertama.

Ia memimpin umat di tengah badai yang menerjang Vatikan, terkait skandal pelecehan seksual anak-anak yang dilakukan oknum pastur.

"Setelah berulang kali memastikan nurani saya di hadapan Tuhan,  bahwa kekuatan saya -- di usia selanjut ini -- tak lagi sesuai untuk menyelenggarakan pelayanan Santo Petrus," kata Paus dalam pernyataannya.

"Apalagi dalam dunia saat ini, di mana perubahan dengan cepat terjadi, dan banyaknya pertanyaan mengguncang tentang relevansi iman, dalam rangka memimpin dan menyebarkan Injil, diperlukan kekuatan baik pikiran maupun fisik."

"Kekuatan yang dalam beberapa bulan terakhir, telah memburuk dalam diri saya. Saya harus mengakui ketidakmampuan saya untuk memenuhi pelayanan yang dipercayakan."

Pengumuman mundur disampaikan dalam Bahasa Latin selama pertemuan di Vatikan, Senin (11/2/2013) waktu setempat. Posisi Paus akan kosong sampai penggantinya terpilih. (Ein)