Sukses

Ratu Elizabeth II Sudah Dimakamkan, Masa Berkabung Berlanjut hingga 26 September 2022

Masa berkabung untuk Ratu Elizabeth II akan tetap berjalan hingga satu minggu ke depan, hingga 26 September 2022.

Liputan6.com, London - Meski Ratu Elizabeth II akan dimakamkan hari ini, masa berkabung akan tetap dilaksanakan di Inggris untuk menghormati kepulangan pemimpin Britania Raya tersebut.

Masa berkabung akan tetap berjalan hingga satu minggu ke depan, hingga 26 September 2022, demikian dikutip dari laman BBC, Selasa (20/9/2022).

Saat dalam perjalannya menuju Windsor Castle untuk disemayamkan, rakyat yang menyaksikan di pinggir jalan memberi penghormatan terakhir dengan cara berteriak.

Berdasarkan tayangan di kanal YouTube Royal Family Channel, warga terdengar bertepuk tangan dan sesekali mereka berteriak "hip hip hore!" saat mobil Jaguar itu lewat.

Para warga juga melempar-lempar bunga ke arah mobil jenazah Ratu Elizabeth II. Tentunya banyak yang antusias merekam momen langka tersebut.

Jarak Windsor Castle tidak jauh dari London. Ratu Elizabeth II akan dikebumikan di St George's Chapel. Lokasi tersebut juga menjadi tempat peristirahatan terakhir Putri Margaret, adik satu-satunya Ratu Elizabeth II, serta Pangeran Philip, suami sang ratu.

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II secara kenegaraan berakhir saat lagu kebangsaan God Save The King dimainkan di akhir kebaktian, lalu peti mati dibawa pergi untuk upacara dan penguburan di Kastil Windsor.

Dalam mengiringi prosesi tersebut, mengutip tayangan BBC, Senin (19/9/2022), Pangeran Harry terlihat tidak mengenakan seragam militer. Mengapa? Dia tak lagi bertugas untuk kerajaan sejak memutuska mundur sebagai anggota senior kerajaan.

Sementara sang kakak, Pangeran William mengenakan seragam militer seperti sebelumnya dalam proses penjagaan peti mati di tempat persemayaman di Westminster Hall.

Raja Charles III dan Camilla, Permaisuri Ratu, memimpin keluarga kerajaan dalam perjalanan yang suram di belakang peti mati Ratu Elizabeth menuju tempat penguburan di Kastil Windsor.

Banyak tamu di pemakaman itu menundukkan kepala saat keluarga itu lewat. Peti mati sekarang telah meninggalkan Biara dan akan bergerak menuju London's Wellington Arch.

Di luar, pasukan dalam formasi memberi hormat pada prosesi.

Pangeran Harry terakhir kali secara resmi mengenakan seragam miIni Alasan Pangeran Harry Tak Pakai Seragam Militer Saat Pemakaman Ratu Elizabeth IIliter ke Festival Musik Mountbatten di Royal Albert Hall di London pada Maret 2020. Kemudian menjabat sebagai Kapten Jenderal Marinir Kerajaan, sang pangeran tampil dalam balutan jas merah tua dan regalia lengkap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dubes Desra Percaya Jadi Wakil Pemerintah RI di Rangkaian Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya menjadi wakil dari pemerintah Indonesia yang hadir di rangkaian prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.

Dalam unggahan Instagram pribadinya, ia mendapat kesempatan langka tersebut. Mewakili pemerintah dan rakyat Indonesia.

"Mendapat kesempatan langka mewakili Pemerintah dan rakyat Indonesia menghadiri prosesi “Lying-in-State” untuk memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah almh Ratu Elizabeth II di Westminster Hall pagi ini (18/9)," tulis Dubes Desra @desrapercaya.

"Didampingi Ibu Sari @sariandthecats, kami berdua mengenakan pakaian serba hitam dan diijinkan menyampaikan penghormatan dari podium khusus sesuai protokol Istana," tambahnya.

Dalam unggahannya, Dubes Desra juga mengatakan, sejumlah undangan mulai dari Kepala Negara/Pemerintahan, Keluarga Kerajaan, Menteri, pejabat tinggi dan Duta Besar negara sahabat telah berada di London untuk mengikuti rangkaian kegiatan penghormatan.

"Termasuk Resepsi oleh Raja Charles III malam ini dan diakhiri dengan prosesi Pemakaman Negara/State Funeral besok (19/9)," kata Dubes Desra Percaya.

"Suasana London, khususnya di sekitar Palace of Westminster dan Westminster Abbey makin ramai antrian pengunjung dari berbagai kota dan negara.

"Sekalipun banyak jalan ditutup serta siaran langsung prosesi tersedia di Youtube dan di berbagai tempat publik seperti Hyde Park juga sudah terpasang layar besar untuk “nonton bareng” rangkaian prosesi hari ini dan besok."

3 dari 4 halaman

Ratusan Pelayat yang Antre untuk Ratu Elizabeth II Dibubarkan

Proses pemakaman Ratu Elizabeth II mencapai puncaknya pada Senin 19 September 2022. Setelah beberapa hari disemayamkan (lying-in-state) di Westminster, peti mati Ratu Elizabeth II akan dikubur di Windsor Castle. 

Ratu Elizabeth II dikubur di Windsor Castle yang merupakan tempat penguburan suaminya: Pangeran Philip.  

Menurut laporan BBC, ratusan warga yang rela mengantre harus dibubarkan karena sudah mencapai hari-H untuk penguburan. Penghormatan publik ditutup pada pukul 06.30 pagi waktu setempat.

Sebelumnya, warga dilaporkan harus mengantre berjam-jam demi memberi penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II. Atlet David Beckham termasuk yang rela antre berjam-jam. 

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden sudah tiba di London untuk ikut acara penguburan. Para pemimpin negara Persemakmuran juga sudah tiba: Perdana Menteri Justin Trudeau dari Kanada, Anthony Albanese dari Australia, dan Jacinda Ardern dari Selandia Baru. 

 

4 dari 4 halaman

Perwakilan dari China

Presiden India Droupadi Murmu juga hadir, sementara China mengirim Wakil Presiden Wang Qishan.

Raja Charles III dan Ratu Camilla akan memimpin anggota keluarga kerajaan Inggris dalam mengiringi peti mati Ratu Elizabeth II.

Mengikuti di belakang mereka adalah Putri Anne dan suami, Pangeran Andrew, Pangeran Edward dan istri, kemudian Pangeran William dan Putri Catherine, serta dua anak mereka: Pangeran George dan Putri Charlotte. 

Pangeran Harry dan Meghan Markle juga ikut rombongan di belakanga bersama sepupu-sepupu dan paman-pamannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.