Sukses

Potret Perubahan Wajah Ratu Elizabeth II dari Masa ke Masa di Gambar Uang Inggris

Semasa hidupnya, wajah Ratu Elizabeth II selalu muncul di mata uang poundsterling, baik kertas maupun logam. Perubahan wajah sang Ratu dari waktu ke waktu pun terabadikan dalam uang Inggris, mulai semasa kecilnya hingga hari tuanya.

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II meninggal dunia dalam usia 96 tahun pada Kamis 8 September 2022. Penguasa terlama di Inggris ini mengembuskan napas terakhirnya di Istana Balmoral setelah memerintah selama 70 tahun.

Elizabeth Alexandra Mary Windsor lahir pada 21 April 1926, di sebuah rumah tak jauh dari Berkeley Square di London, anak pertama dari Albert Frederick Arthur George atau George VI -- putra kedua Raja George V, dan istrinya, Lady Elizabeth Bowes-Lyon.

Baik Elizabeth maupun saudara perempuannya, Margaret Rose yang lahir pada 1930, dididik di rumah dan dibesarkan dalam suasana keluarga yang penuh kasih. Elizabeth sangat dekat dengan ayah dan kakeknya, George V.

Ratu Elizabeth II telah menunjukkan rasa tanggung jawab yang luar biasa sejak usia sangat dini. Winston Churchill, mantan perdana menteri Inggris, menilai Elizabeth kecil memiliki "aura otoritas yang mencengangkan untuk bayi".

Meskipun tidak bersekolah di sekolah umum, Elizabeth mahir dalam bahasa dan membuat studi rinci tentang sejarah konstitusi.

Sang Ratu yang naik takhta pada 1952 ini telah menyaksikan perubahan sosial yang sangat besar di Inggris. Kini, putra sulungnya Charles, mantan Pangeran Wales, akan memimpin Inggris sebagai Raja baru dan kepala negara untuk 14 wilayah Persemakmuran.

Semasa hidupnya, potret Ratu Elizabeth II selalu muncul di mata uang poundsterling, baik kertas maupun logam. Perubahan wajah sang Ratu dari waktu ke waktu pun terabadikan dalam uang Inggris, mulai semasa kecilnya hingga hari tuanya.

Perubahan usia Ratu Elizabeth II itu bisa disaksikan dalam video di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Dilahirkan Sebagai Penerus Takhta

Semasa kecil, Ratu Elizabeth II dikenal dengan nama Lilibeth, dan ia memiliki adik perempuan bernama Putri Margaret.

Putri Elizabeth sebenarnya tidak dilahirkan sebagai penerus takhta Inggris. Ia harus mengemban tugas itu setelah pamannya, Raja Edward, memilih meninggalkan takhta kerajaan.

Alhasil, Pangeran George harus naik takhta menjadi Raja George VI, dan Putri Elizabeth menjadi putri mahkota. 

Semasa muda, Elizabeth pernah ikut berperang sebagai sukarelawan di Perang Dunia II. Sekitar tujuh tahun setelah perang dunia, Elizabeth naik takhta setelah Raja George VI meninggal pada 1952.

Sesuai namanya, Ratu Elizabeth II adalah Elizabeth kedua yang menjadi ratu dalam sejarah keluarga kerajaan Inggris. Yang pertama adalah Ratu Elizabeth I, ratu terakhir dari Dinasti Tudor.

 
3 dari 4 halaman

Penguasa Terlama di Inggris

Ratu Elizabeth II adalah penguasa dengan periode pemerintahan paling lama dalam sejarah Inggris. Masa kekuasaannya resmi masuk tahun ke-70 pada tahun 2022. Sebelumnya, gelar penguasa terlama juga dipegang oleh seorang perempuan, yakni Ratu Victoria. 

Waktu kekuasaan yang lama membuat Ratu Elizabeth II menyaksikan berbagai zaman: Ketika ia naik takhta, Winston Churchill masih menjadi perdana menteri Inggris. Ia juga menyaksikan kekuasaan sang Iron Lady, Margaret Thatcher, sebagai PM wanita pertama dalam sejarah Inggris. 

Di Amerika Serikat, presiden Amerika Serikat yang berkuasa saat Ratu Elizabeth II naik takhta adalah Harry Truman. Setelahnya, Ratu Elizabeth II menyaksikan masa-masa pemerintahan Presiden Dwight Eisenhower, J.F. Kennedy, Richard Nixon, Ronald Reagan, bapak-anak Bush, Barack Obama, Donald Trump, hingga Joe Biden.

Ratu Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip dan memiliki empat orang anak: Charles, Anne, Andrew, dan Edward. 

Charles menikah dengan Putri Diana dan memberikan dua cucu kepada sang ratu: Harry dan William. Kelak, William akan menjadi raja Inggris.

4 dari 4 halaman

Hobi Berkuda

Di hadapan publik, Ratu Elizabeth II terkenal sebagai sosok yang disiplin dan kalem. Sifatnya yang demikian tentu membuat publik penasaran dengan kehidupan di keluarga kerajaan. 

Salah satu hobi sang ratu yang terkenal luas adalah berkuda. Hobi ini diwariskan dari sang ayah, Raja George VI, yang juga suka berkuda. 

Kesukaan sang ratu dalam hal berkuda juga muncul di serial fiksi sejarah The Crown yang membahas keluarga kerajaan Inggris.

Situs Horse and Hound sempat menampilkan foto-foto Ratu Elizabeth II dengan para kuda favoritnya, seperti dua kuda putih bernama Balmoral Jingle dan Balmoral Curlew.

Kuda favorit sang ratu memiliki nama Aurole yang diwariskan langsung dari ayahnya sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.