Sukses

Profil Raja Charles III, Anak Ratu Elizabeth II Pewaris Takhta Sejak Usia 3 Tahun

Mengenal profil anak Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, yang kini naik takhta menjadi Raja Charles III.

Liputan6.com, London - Charles Philip Arthur George telah resmi dinobatkan sebagai Raja Charles III yang memimpin Inggris setelah Ratu Elizabeth II mangkat. Raja Charles III dimahkotai pada Sabtu 6 Mei 2023 bersama istrinya, Ratu Camilla dalam upacara bersejarah yang digelar di Westminster Abbey di London, Inggris.

Charles pun menjadi raja tertua sepanjang sejarah di Inggris. Ia berusia 73 tahun ketika naik takhta - tetapi sekarang berusia 74 tahun, dengan ulang tahunnya pada 14 November 2022. Ia juga sembilan tahun lebih tua dari raja terakhir yang memegang gelar itu, Raja William IV.

Raja Charles III merupakan anak Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, yang lahir di Istana Buckingham pada pukul 09.14 malam pada tanggal 14 November 1948. Sebulan kemudian, pada 15 Desember, Pangeran Charles dibaptis di Ruang Musik di Istana Buckingham oleh Uskup Agung Canterbury, Dr Geoffrey Fisher.

Ibu Raja Charles III dinobatkan sebagai Ratu Elizabeth II pada usia 25 tahun, ketika ayahnya, Raja George VI, meninggal dunia pada usia 56 tahun.

Pada 6 Februari 1952, saat Ratu naik takhta, Charles - sebagai putra tertua Penguasa - menjadi pewaris takhta pada usia tiga tahun.

Sebagai Pewaris Takhta, ia mengambil gelar tradisional Duke of Cornwall di bawah piagam Raja Edward III pada tahun 1337; dalam gelar kebangsawanan Skotlandia, Duke of Rothesay, Earl of Carrick, Baron Renfrew, Lord of the Isles, dan Prince and Great Steward of Scotland.

Charles berusia empat tahun pada upacara penobatan ibunya, di Westminster Abbey pada tanggal 2 Juni 1953.

Banyak orang yang menyaksikan Penobatan tersebut karena memiliki kenangan jelas tentang dirinya yang duduk di antara neneknya sebagai janda, yang dikenal sebagai Ibu Suri Ratu Elizabeth, dan bibinya, Putri Margaret.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip memutuskan bahwa Charles harus pergi ke sekolah daripada memiliki guru di Istana. Kemudian, Charles mulai bersekolah di sekolah Hill House London Barat pada 7 November 1956. Setelah 10 bulan, ia menjadi siswa asrama di Cheam School, sebuah sekolah pelatihan di Berkshire.

Kini dia telah naik takhta menjadi Raja Charles III, setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia karena sakit pada Kamis 8 September 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendidikan Raja Charles III

Pada tahun 1958, saat Charles berada di Cheam School, Ratu memberinya gelar sebagai Pangeran Wales dan Earl of Chester. Saat itu Pangeran berusia sembilan tahun.

Pada April 1962, Charles memulai tahap pertamanya di Gordonstoun, sebuah sekolah dekat Elgin di Skotlandia Timur yang pernah dihadiri oleh Duke of Edinburgh.

Pangeran Wales menghabiskan dua periode pada tahun 1966 sebagai siswa pertukaran di Timbertop, yaitu sebuah pos terpencil dari Sekolah Tata Bahasa Geelong Church of England di Melbourne, Australia.

Ketika ia kembali ke Gordonstoun untuk tahun terakhirnya, Charles ditunjuk sebagai perwakilan sekolah.

Charles yang telah lulus dengan enam O Levels, juga mengambil A Levels dan dianugerahi nilai B dalam sejarah dan C dalam bahasa Prancis, bersama dengan nilai istimewa dalam makalah sejarah khusus opsional pada Juli 1967.

Charles kemudian melanjutkan studinya ke Universitas Cambridge pada tahun 1967 untuk belajar arkeologi dan antropologi di Trinity College. Dia beralih jurusan ke sejarah untuk gelar keduanya, dan pada tahun 1970 dianugerahi gelar 2:2.

3 dari 4 halaman

Penobatan dan Karier Militer

Charles dinobatkan sebagai Pangeran Wales oleh Ratu pada tanggal 1 Juli 1969 dalam sebuah upacara yang penuh warna di Kastil Caernarfon. Sebelum pengangkatan tersebut, Charles telah menghabiskan satu semester di University College of Wales di Aberystwyth, belajar berbicara bahasa Welsh.

Pada 2019, Pangeran merayakan 50 tahun peristiwa tersebut bersama dengan berbagai badan amal, organisasi, dan bisnis Welsh yang didukungnya, pada resepsi Istana Buckingham yang diselenggarakan oleh Yang Mulia Ratu.

Pada 11 Februari 1970, Charles memasuki House of Lords (parlemen). Kemudian, pada 8 Maret 1971, ia menerbangkan dirinya ke Royal Air Force (RAF) Cranwell di Lincolnshire, untuk berlatih sebagai pilot jet.

Berdasarkan permintaannya sendiri, Charles telah menerima instruksi terbang dari RAF selama tahun keduanya di Cambridge.

Pada September 1971 setelah parade kelulusan di Cranwell, Charles memulai karier di angkatan laut, mengikuti jejak ayah, kakek dan kedua kakek buyutnya.

Kursus selama enam minggu di Royal Naval College, Dartmouth, diikuti dengan dinas di kapal perusak rudal berpemandu HMS Norfolk dan dua fregat.

Charles kemudian memenuhi syarat sebagai pilot helikopter pada tahun 1974, lalu bergabung dengan Skuadron Udara Angkatan Laut 845, yang beroperasi dari kapal induk komando HMS Hermes. Selanjutnya, pada 9 Februari 1976, ia mengambil alih komando pemburu ranjau pesisir HMS Bronington selama sembilan bulan terakhirnya di Angkatan Laut.

 

4 dari 4 halaman

Kehidupan Pernikahan

Pada 29 Juli 1981, Charles menikahi Lady Diana Spencer atau Putri Diana di Katedral St Paul, yang menjadi HRH The Princess of Wales.

Ayah Lady Diana, yang saat itu menjabat sebagai Viscount Althorp sekaligus Earl Spencer kedelapan, telah menjadi pendamping George VI dan Sang Ratu.

Nenek dari pihak ibu, Ruth, Lady Fermoy, adalah teman dekat sekaligus Lady-in-Waiting bagi Ibu Suri.

Charles dan Diana memiliki dua putra: Pangeran William, lahir pada 21 Juni 1982; dan Pangeran Harry, lahir pada 15 September 1984.

Sejak pernikahan mereka, Charles dan Diana melakukan tur ke luar negeri dan melakukan banyak kegiatan bersama di Inggris.

Pada 9 Desember 1992, Perdana Menteri, John Major, mengumumkan kepada House of Commons bahwa Charles dan Diana telah setuju untuk berpisah. Pernikahan itu dibubarkan pada 28 Agustus 1996.

Putri Diana masih dianggap sebagai anggota Keluarga Kerajaan. Dia terus tinggal di Istana Kensington dan melakukan pekerjaan publiknya untuk sejumlah badan amal.

Ketika Sang Putri tewas dalam kecelakaan mobil di Paris pada tanggal 31 Agustus 1997, Pangeran Wales terbang ke Paris bersama kedua saudara perempuannya untuk membawa jenazahnya kembali ke London.

Putri Diana terbaring di Kapel Royal di Istana St James's hingga malam sebelum pemakaman.

Pada hari pemakaman, Pangeran Wales menemani kedua putranya, yang berusia 15 dan 12 tahun pada saat itu, saat mereka berjalan di belakang peti mati dari The Mall ke Westminster Abbey. Tampak bersama mereka, Duke of Edinburgh dan saudara laki-laki sang Putri, Earl Spencer.

Charles meminta media untuk menghormati privasi putra-putranya, agar mereka dapat menjalani kehidupan sekolah yang normal.

Pada tahun-tahun berikutnya, Pangeran William dan Harry, yang sekarang berada di urutan kedua dan keenam dalam garis takhta, menemani ayah mereka dalam sejumlah acara resmi di Inggris dan luar negeri.

Pada 9 April 2005, Charles dan Camilla menikah dalam upacara sipil di Guildhall, Windsor.

Setelah pernikahan tersebut, Camilla dikenal sebagai HRH The Duchess of Cornwall. Pernikahan keduanya dihadiri sekitar 800 tamu pada acara Doa dan Persembahan di Kapel St George, Kastil Windsor.

Kebaktian dilanjutkan dengan resepsi di Kastil Windsor yang diselenggarakan Ratu Elizabeth II.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.