Sukses

Ratu Elizabeth II Meninggal, Ini Rencana Prosesi Pemakamannya

Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Sang Ratu mengakhiri masa pemerintahan terlama dalam sejarah Inggris .Apa yang akan terjadi setelahnya? Bagaimana dengan pemakamannya?

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Sang Ratu mengakhiri masa pemerintahan terlama dalam sejarah Inggris.

Dia meninggal dengan damai, dikelilingi oleh keluarganya di Kastil Balmoral di Skotlandia.

Apa yang akan terjadi setelah Ratu Elizabeth II meninggal?

Mengutip BBC, Jumat (9/9/2022), beberapa hari mendatang jasad Ratu Elizabeth II akan dibaringkan untuk upacara pemakaman kenegaraan, saat bangsa memberi penghormatan terakhir.

Setelah peti matinya kembali ke London, Ratu Elizabeth kemudian akan disemayamkan di Westminster Hall selama sekitar empat hari sebelum pemakamannya, memungkinkan anggota masyarakat untuk mendatanginya.

Westminster Hall adalah bagian tertua dari Istana Westminster, di jantung pemerintahan Inggris.

Anggota terakhir keluarga kerajaan Inggris yang berbaring di sana adalah Ibu Suri pada tahun 2002, ketika lebih dari 200.000 orang mengantre untuk melihat peti matinya.

Peti mati Ratu Elizabeth II akan diletakkan di atas platform yang ditinggikan, yang dikenal sebagai catafalque, di bawah atap kayu abad pertengahan aula abad ke-11. Setiap sudut akan dijaga oleh tentara dari unit yang melayani Rumah Tangga Kerajaan.

Dia akan dibawa ke Westminster Hall dari Istana Buckingham dalam prosesi lambat, disertai dengan parade militer dan anggota keluarga kerajaan Inggris.

Orang-orang juga akan dapat menyaksikan prosesi saat melewati jalan-jalan dan acara penyiaran layar lebar kemungkinan akan diadakan di Royal Parks London.

Peti matinya akan diselimuti bendera Royal Standard dan ketika tiba di Westminster Hall akan dilengkapi dengan Imperial State Crown (mahkota ratu), orb, dan sceptre (tongkat kerajaan).

Setelah peti mati ditempatkan di aula, upacara singkat akan diadakan. Setelah itu masyarakat diperbolehkan masuk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kapan Pemakaman Ratu?

Pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II diperkirakan akan berlangsung di Westminster Abbey dalam waktu kurang dari dua minggu, hari yang tepat akan dikonfirmasi oleh Istana Buckingham.

Westminster Abbey adalah gereja bersejarah di mana raja dan ratu Inggris dimahkotai, termasuk penobatan Ratu pada tahun 1953, dan tempat ia menikah dengan Pangeran Philip pada tahun 1947.

Belum ada upacara pemakaman monarki di Westminster Abbey sejak abad ke-18, meskipun pemakaman ibu Ratu diadakan di sana pada tahun 2002.

Kepala negara dari seluruh dunia akan terbang untuk bergabung dengan anggota Keluarga Kerajaan untuk mengingat kehidupan dan pelayanan Ratu. Politisi senior Inggris dan mantan perdana menteri juga akan hadir.

Hari itu akan dimulai saat peti mati Ratu dibawa dari Westminster Hall ke Westminster Abbey dengan State Gun Carriage of the Royal Navy.

Rombongan itu terakhir terlihat pada 1979 untuk pemakaman paman Pangeran Philip, Lord Mountbatten, yang dilakukan oleh 142 pelaut dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Anggota senior keluarga kerajaan, termasuk Raja baru, kemungkinan akan mengikuti prosesi.

Layanan tersebut kemungkinan akan dilakukan oleh Dean Westminster David Hoyle, dengan Uskup Agung Canterbury Justin Welby memberikan khotbah. Perdana Menteri Liz Truss mungkin dipanggil untuk berpidato.

 

3 dari 4 halaman

Usai Pemakaman

Setelah upacara pemakaman, peti mati Ratu akan ditarik dalam prosesi berjalan kaki dari Westminster Abbey ke Wellington Arch, di Hyde Park Corner London sebelum menuju ke Kastil Windsor dengan mobil jenazah.

Peti mati Ratu Elizabeth II akan melakukan perjalanan terakhirnya sore itu ke Kapel St George di Kastil Windsor.

Raja dan anggota senior keluarga kerajaan Inggris diperkirakan bergabung dalam prosesi di Quadrangle di Kastil Windsor sebelum peti mati memasuki Kapel St George untuk committal service.

Kapel St George adalah gereja yang secara teratur dipilih oleh keluarga kerajaan untuk pernikahan, pembaptisan, dan pemakaman. Di sinilah Duke dan Duchess of Sussex, Pangeran Harry dan Meghan, menikah dan di mana pemakaman mendiang suami Ratu, Pangeran Philip diadakan.

Peti mati Ratu Elizabeth akan diturunkan ke Royal Vault sebelum dikebumikan di King George VI memorial chapel, yang terletak di dalam Kapel St George.

4 dari 4 halaman

Persiapan Kematian Ratu Selama Beberapa Dekade

Mengutip Insider, Istana Buckingham telah menghabiskan beberapa dekade mempersiapkan kematian Ratu, memastikan transisi ke raja baru berjalan semulus mungkin.

Bagian dari persiapan ini termasuk perencanaan pemakaman Ratu, yang diperkirakan akan berlangsung 10 hingga 12 hari setelah kematiannya.

Di beberapa titik sebelum pemakamannya, jenazah Ratu akan disemayamkan di Westminster Hall selama empat hari sehingga publik dapat memberikan penghormatan. Peti mati akan dapat diakses selama 23 jam per hari.

Kerajaan dan pasar saham akan ditutup untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari dua minggu untuk acara tersebut.

Pada pagi hari pemakaman, lonceng di Big Ben akan berbunyi sekali pada pukul 09.00 pagi untuk menghormati Ratu. Palunya kemudian akan ditutup dengan bantalan kulit sehingga akan diam selama sisa hari itu.

Diperkirakan 2.000 orang akan menghadiri pemakaman, termasuk para pemimpin dari seluruh dunia dan keluarga kerajaan.

Pemakaman akan disiarkan di televisi, dan miliaran orang diperkirakan akan menyaksikan upacara tersebut.

Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di pemakaman di Kapel St. George di Kastil Windsor tempat ayahnya dimakamkan. Jenazah Pangeran Philip saat ini dikebumikan di Royal Vault di Kapel St George, dan dia akan dipindahkan untuk beristirahat di samping Ratu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.