Sukses

Demi Hemat Listrik, Bangladesh Potong Waktu Sekolah dan Jam Kerja

Hari sekolah dan waktu kerja para karyawan di Bangladesh dipersingkat. Penghematan listri jadi alasan.

Liputan6.com, Dhaka - Hari sekolah dan waktu kerja para karyawan di Bangladesh dipersingkat. Penghematan listri jadi alasan.

"Bangladesh akan menutup sekolah untuk satu hari lagi setiap minggu dan mengurangi jam kantor untuk mengurangi kekurangan listrik," kata seorang pejabat pemerintah seperti dikutip dari BBC Selasa (23/8/2022).

Bulan lalu, negara Asia Selatan itu memulai pemadaman listrik dua jam setiap hari.

Para pengunjuk rasa akhirnya turun ke jalan dalam beberapa pekan terakhir setelah pemerintah menaikkan harga bensin lebih dari 50%.

Perang di Ukraina telah menaikkan biaya impor bahan bakar dan merugikan ekonomi Bangladesh dan cadangan mata uang asing. Pada hari Senin 22 Agustus, Sekretaris Kabinet Bangladesh Khandker Anwarul Islam mengatakan bahwa sekolah - yang sebelumnya hanya ditutup pada hari Jumat - sekarang juga akan ditutup pada hari Sabtu.

Dalam keadaan normal, sekolah di Bangladesh buka selama enam hari seminggu - Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu.

Sementara itu, kantor pemerintah dan bank akan dipotong jam bukanya menjadi tujuh jam sehari, bukan delapan jam. Namun, kantor swasta akan diizinkan untuk mengatur jam operasional mereka sendiri, kata Islam.

Dia menambahkan, pemerintah akan terus memberikan listrik ke desa-desa, termasuk di pagi hari ketika tanaman diairi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meningkatnya Biaya Impor Bahan Bakar

Banyak bagian Bangladesh diketahui mati listrik selama lebih dari dua jam sehari.

Negara ini menghasilkan sebagian besar listriknya dari gas alam, beberapa di antaranya diimpor.

Para pejabat telah menutup semua pembangkit listrik tenaga diesel negara itu, yang menyumbang sekitar 6% dari pembangkit listrik Bangladesh, karena meningkatnya biaya impor bahan bakar.

Awal bulan ini, harga bensin dinaikkan lebih dari 50%, dengan biaya bahan bakar naik dari 86 taka per liter (90 sen AS, 76p) menjadi 130 taka.

Pada saat yang sama harga solar dan minyak tanah naik lebih dari 40%.

Pada bulan Juli, Bangladesh menjadi negara Asia Selatan ketiga yang mencari pinjaman dari Dana Moneter Internasional (IMF), setelah Sri Lanka dan Pakistan.

Sementara ukuran pinjaman potensial belum diputuskan, pembicaraan diharapkan akan dimulai setelah pertemuan Musim Semi Bank Dunia dan IMF pada bulan Oktober.

Cadangan mata uang asing Bangladesh telah menyusut menjadi sekitar $40 miliar (£34bn) atau empat setengah bulan dari pengeluaran pemerintah biasa.

Dalam beberapa tahun terakhir, ekonomi $ 416 triliun telah dipuji sebagai salah satu yang tumbuh paling cepat di dunia.

3 dari 4 halaman

Miris, Lebih dari 14 Ribu Anak di Bangladesh Meninggal Karena Tenggelam Tiap Tahun

Bicara soal Bangladesh, tenggelam telah menjadi penyebab kematian kedua untuk anak-anak di bawah usia lima tahun di negara itu. Sebab lebih dari 14.000 anak di negara Asia Selatan meninggal karena tenggelam setiap tahun.

Dilansir dari laman Xinhua, Selasa (26/7/2022), dalam pernyataan pers bersama yang dikeluarkan pada Hari Pencegahan Tenggelam Sedunia yang jatuh pada Senin 25 Juli, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) meminta pemerintah, mitra pembangunan, masyarakat dan individu untuk melakukan bagian mereka untuk meningkatkan kesadaran dan upaya untuk mencegah kematian ribuan anak di seluruh Bangladesh.

"Sungguh memilukan bahwa begitu banyak nyawa hilang setiap tahun di negara ini. Kami tahu bahwa kematian ini dapat dicegah," kata Sheldon Yett, perwakilan UNICEF untuk Bangladesh.

"Kami mendesak individu, komunitas, dan pemerintah untuk bergabung dengan kami dalam meningkatkan kesadaran dan melakukan semua yang kami bisa untuk memastikan hak setiap anak untuk bertahan hidup dan berkembang."

Secara global, tenggelam merenggut nyawa lebih dari 230.000 orang setiap tahun.

Sembilan dari 10 kasus tenggelam terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah, dengan anak-anak di bawah usia lima tahun berada pada risiko tertinggi.

Selengkapnya di sini...

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

4 dari 4 halaman

Banjir Bangladesh Picu Krisis Air Bersih, Berdampak pada 3,5 Juta Anak-Anak

Sementara itu, 15 anak telah tenggelam dalam banjir bandang yang melanda Bangladesh dengan 3,5 juta lainnya sangat membutuhkan air minum bersih karena risiko penyakit yang ditularkan melalui air, kata perwakilan negara UNICEF pada hari Jumat.

"Itu jumlah anak yang mengejutkan dan meningkat selama beberapa hari terakhir. Area yang luas sepenuhnya berada di bawah air dan terputus dari air minum dan persediaan makanan yang aman. Anak-anak membutuhkan bantuan saat ini," kata Sheldon Yett.

Pemerintah dan lembaga bantuan telah bergegas untuk memberikan bantuan termasuk air dan pasokan lainnya setelah banjir bandang di seperempat negara Asia Selatan itu.

Banjir juga telah mengganggu fasilitas kesehatan, menutup sekolah dan mengganggu perawatan malnutrisi untuk ratusan anak, kata Yett dalam sebuah pengarahan di Jenewa.

Kasus diare telah meningkat menjadi 2.700 pada pertengahan pekan ini, tambahnya.

Pihak berwenang di Bangladesh dan negara tetangga India telah memperingatkan risiko epidemi penyakit. Secara total, lebih dari 4,5 juta orang telah terdampar dan puluhan orang tewas di Bangladesh, banyak di antaranya dalam banjir terburuk di wilayah Sylhet di timur laut selama lebih dari 100 tahun.

Di negara bagian Assam, India timur, helikopter angkatan udara India telah dikerahkan untuk menjatuhkan makanan dan pasokan lainnya ke komunitas yang terputus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.