Sukses

Tabrakan Mobil Vs Bus di Tol Nagoya Jepang, 2 Orang Dipastikan Tewas

Dua orang dipastikan tewas setelah sebuah mobil bertabrakan dengan sebuah bus di jalan tol di Nagoya, Jepang tengah.

Liputan6.com, Nagoya - Dua orang dipastikan tewas setelah sebuah mobil bertabrakan dengan sebuah bus di jalan tol di Nagoya, Jepang tengah.

Insiden kecelakaan ini terjadi pada Senin (22/8), media lokal melaporkan kejadian tersebut.

Menurut petugas pemadam kebakaran setempat, bus terbakar setelah terbalik dalam tabrakan, seperti dikutip dari laman Xinhua, Senin (22/8/2022).

Tujuh orang lainnya terluka dalam kecelakaan fatal itu, kata layanan darurat setempat.

Tabrakan menimbulkan kobaran api terjadi pada pukul 10.15 di dekat persimpangan Toyoyama-Minami.

Petugas pemadam kebakaran dan polisi prefektur mengatakan bahwa kobaran api telah dapat dikendalikan.

Bus sedang dalam perjalanan dari Stasiun Nagoya ke Bandara Nagoya, Jepang ketika kecelakaan itu terjadi, media lokal melaporkan.

Investigasi sedang berlangsung, kata polisi setempat.

2 Insiden Kecelakaan Terjadi di Turki

Sebelumnya dua kecelakaan terpisah terjadi di Turki, menewaskan 32 orang.

Mengutip BBC, Minggu (21/8/2022), kecelakaan pertama adalah sebuah bus menabrak lokasi kecelakaan jalan di dekat Gaziantep, Turki pada Sabtu 20 Agustus pagi waktu setempat. Peristiwa itu menewaskan 16 orang dan melukai 21 orang.

Beberapa jam kemudian, kecelakaan kedua, sebuah truk menabrak kerumunan orang 250 km (150 mil) jauhnya di Mardin, juga menewaskan 16 orang dan dilaporkan menabrak pekerja darurat.

Sejauh ini belum ada laporan tentang hubungan antara insiden tersebut.

"29 orang terluka dalam kecelakaan kedua, delapan di antaranya serius," kata Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca.

Insiden di Kota Derik di Provinsi Mardin "terjadi setelah rem truk rusak, yang kemudian menabrak kerumunan", tulisnya di Twitter.

Para pekerja darurat telah dikirim ke tempat kejadian setelah kecelakaan yang melibatkan tiga kendaraan, kantor berita Anadolu melaporkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diselidiki

Insiden pertama pada kecelakaan di Turki pada hari Sabtu, terjadi di dekat kota selatan Nizip di Provinsi Gaziantep.

Sebuah bus menabrak kru penyelamat dan wartawan yang datang ke lokasi kecelakaan yang melibatkan mobil yang keluar dari jalan.

Tiga petugas pemadam kebakaran, dua pekerja darurat dan dua wartawan termasuk di antara mereka yang tewas, kata gubernur Gaziantep di Twitter.

Foto di kantor berita DHA Turki menunjukkan bagian belakang ambulans ringsek dan puing-puing logam berserakan di sekitarnya.

Menteri Kehakiman Bekir Bozdag telah mengumumkan penyelidikan atas kecelakaan itu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kecelakaan Maut di AS Naik Drastis Awal 2022, Joe Biden: Ini Krisis!

Sementara itu, insiden kecelakaan maut meningkat di Amerika Serikat pada awal 2022. Kenaikan itu bersamaan dengan semakin melonggarnya pembatasan sosial COVID-19. 

Kematian dalam kecelakaan lalu lintas di Amerika Serikat naik sekitar 7 persen menjadi 9.560 dalam tiga bulan pertama pada 2022. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar dalam triwulan pertama sejak 2002, kata pihak regulator pada Rabu 17 Agustus 2022 dalam perkiraan data awal.

Kecelakaan lalu lintas melonjak sejak pandemi COVID-19 dimulai, kata Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA). Pada 2021, jumlah kematian melonjak 10,5 persen menjadi 42.915, jumlah kematian terbanyak di jalan-jalan Amerika dalam setahun sejak 2005.

Mengutip VOA Indonesia, Sabtu (19/8/2022), Pemerintahan Presiden AS Joe Biden menyebut lonjakan itu sebagai sebuah "krisis."

Jumlah kematian itu melonjak setelah lockdown berakhir karena lebih banyak pengemudi terlibat dalam perilaku tidak aman dalam berkendara. Kematian dalam tiga bulan pertama pada 2022 naik sebesar 21 persen melebihi 7.893 yang tercatat pada periode yang sama pada 2020.

Direktur Asosiasi Keselamatan Jalan Raya Jonathan Adkins mengatakan "tragisnya, Amerika sedang menuju tahun ketiga berturut-turut dengan lonjakan kematian di jalan."

Pada 2021, jumlah pejalan kaki yang meninggal naik sebesar 13 persen menjadi 7.342. Itu merupakan angka terbesar sejak 1981. Sedangkan jumlah pesepeda yang meninggal naik 5 persen menjadi 985, terbesar setidaknya sejak 1980, kata NHTSA.

4 dari 4 halaman

Bus Vs Truk Tanker Minyak Tabrakan, 20 Warga Pakistan Tewas

Sebelumnya, sedikitnya 20 orang tewas terbakar dan enam lainnya cedera setelah sebuah bus penumpang bertabrakan dengan sebuah truk tanker minyak di dekat distrik Jalalpur Pirwala di Provinsi Punjab timur Pakistan, media lokal melaporkan.

Menurut laporan, kecelakaan itu terjadi di jalan raya pada Selasa dini hari ketika kedua kendaraan terbakar setelah tabrakan.

Dikutip dari lama Xinhua, Selasa (16/8/2022), akibat insiden tersebut, sekitar 18 penumpang tewas di tempat.

Setelah itu, polisi jalan raya dan tim penyelamat mencapai lokasi dan memulai operasi penyelamatan, kata media setempat.

Selama operasi, delapan orang yang telah diselamatkan dalam kondisi terluka dipindahkan ke rumah sakit di mana dua meninggal karena luka-luka selama perawatan, kata media setempat.

Laporan tersebut turut menambahkan bahwa 18 jenazah ditemukan dari dalam bus.

Kecelakaan di jalan sering terjadi di Pakistan, terutama karena kendaraan yang tidak dirawat dengan baik, jalan yang bobrok, serta kelalaian langkah-langkah keselamatan saat berkendara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.