Sukses

Istana Sri Lanka Dikuasai Demonstran, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Kericuhan besar kini menimpa Sri Lanka ketika para demonstran

Liputan6.com, Kolombo - Setelah berbulan-bulan gejolak ekonomi, politik, dan sosial di Sri Lanka, ribuan pengunjuk rasa menyerbu gedung-gedung pemerintah utama di ibu kota Kolombo pada Sabtu 8 Juli 2022, termasuk kediaman resmi Presiden Gotabaya Rajapaksa.

Dilansir Al Jazeera, Senin (11/7/2022), para pengunjuk rasa kemudian membakar kediaman pribadi Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe.

Sedikitnya 50 orang, termasuk wartawan dan polisi, terluka dalam kerusuhan tersebut.

Presiden Rajapaksa telah mengumumkan dia akan mengundurkan diri pada 13 Juli, Ketua Parlemen Sri Lanka Mahinda Yapa Abeywardena mengatakan kepada media.

Para pengunjuk rasa tetap berada di rumah presiden, Sekretariat Presiden, dan kediaman resmi perdana menteri, yang dikenal sebagai Temple Trees (Kuil Pohon), sambil mengatakan mereka akan terus menduduki gedung-gedung itu sampai presiden dan perdana menteri secara resmi mengundurkan diri.

Berikut adalah rangkuman tentang apa yang sebenarnya terjadi:

  • Sri Lanka telah menghadapi masalah neraca pembayaran sejak 1950-an, dan telah menjembatani kesenjangan antara impor dan ekspor melalui dolar yang diperoleh dari pinjaman, pariwisata, dan pengiriman uang dari pekerja asing.
  • Setelah terpilih pada 2019, Presiden Gotabaya Rajapaksa memangkas pajak, yang membuat negara kehilangan pendapatan yang sangat dibutuhkan.
  • Hal ini menyebabkan lembaga pemeringkat menurunkan peringkat kredit Sri Lanka, yang mempersulit Sri Lanka untuk meminjam dari pasar modal internasional.
  • Akibat pandemi COVID-19, pendapatan dari turis asing dan remitansi anjlok. Para ekonom memperingatkan bahwa Sri Lanka mungkin tidak dapat membayar utang luar negerinya dan mendesak pemerintah untuk mendekati Dana Moneter Internasional (IMF).
  • Selama tahun 2022, inflasi di Sri Lanka meroket hingga hampir 55 persen. Gubernur Bank Sentral Nandalal Weerasinghe mengatakan bahwa inflasi bisa naik hingga 70 persen dalam beberapa bulan mendatang.
  • Krisis ekonomi yang berkembang memulai serangkaian protes yang dimulai pada 31 Maret dan yang memuncak dalam penyerbuan kediaman presiden pada 9 Juli.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warisan Rajapaksa

  • Keluarga Rajapaksa telah mendominasi politik Sri Lanka sejak 2005, menyusul terpilihnya Mahinda Rajapaksa sebagai presiden negara itu.
  • Gotabaya Rajapaksa, adik Mahinda, memenangkan pemilihan presiden 2019 dengan telak. Ini diikuti oleh pemilihan umum 2020 di mana partainya memenangkan mayoritas besar di parlemen.
  • Ia kehilangan popularitas menyusul sejumlah kesalahan kebijakan , terutama kebijakan pertanian yang membawa petaka.
  • Jika Gotabaya Rajapaksa mengundurkan diri pada Rabu 13 Juli, dia akan menjadi presiden Sri Lanka pertama yang tidak dapat menyelesaikan masa jabatannya. Satu-satunya paralel dalam sejarah Sri Lanka adalah pengunduran diri Perdana Menteri Dudley Senanayake pada Oktober 1953 menyusul hartal – protes massal yang melibatkan aksi mogok dan pembangkangan sipil.
  • Krisis saat ini melemahkan dinasti Rajapaksa, dan analis politik mengatakan Rajapaksa adalah kekuatan yang dihabiskan dalam politik Sri Lanka, setidaknya untuk beberapa tahun ke depan.
3 dari 4 halaman

Rencana Politik

  • Menyusul pengunduran diri presiden, pemerintahan yang dipimpin oleh ketua parlemen diharapkan memimpin transisi politik ke pemerintahan baru.
  • Namun, parlemen harus memilih presiden berikutnya dalam waktu sebulan, dan tidak jelas apakah anggota parlemen akan dapat memilih seseorang yang dapat menggalang dukungan mayoritas anggota parlemen (113), serta legitimasi di mata parlemen publik.
  • Partai Presiden Rajapaksa masih memegang mayoritas di parlemen. Tanpa korporasi mereka, pemerintah yang kredibel dan sah tidak dapat dipilih dan protes massa dapat berlanjut.
  • Sri Lanka juga sedang berdiskusi dengan IMF untuk pengaturan pinjaman Extended Fund Facility (EFF), dan membutuhkan pemerintah yang berfungsi untuk melanjutkan negosiasinya. IMF dan negara-negara lain telah mendesak Sri Lanka untuk mencapai penyelesaian politik sesegera mungkin.
  • Pemerintahan yang stabil juga akan membantu kemampuan negara untuk merundingkan kesepakatan IMF dan menerapkan rekomendasi kebijakan.
4 dari 4 halaman

Demonstran Bakal Kuasai Istana sampai Lengser

Para pengunjuk rasa mengatakan mereka akan terus menduduki kediaman presiden dan perdana menteri Sri Lanka sampai kedua pemimpin secara resmi mengundurkan diri.

Presiden Gotabaya Rajapaksa mengatakan dia akan mengundurkan diri pada 13 Juli, menurut pengumuman yang dibuat oleh ketua parlemen pada hari Sabtu.

Namun presiden sendiri belum terlihat atau membuat pernyataan publik.

Sumber militer mengatakan kepada BBC bahwa dia saat ini berada di kapal Angkatan Laut di perairan Sri Lanka.

Sementara saudaranya, mantan Perdana Menteri Mahinda Rajapaksa, berada di pangkalan angkatan laut di negara itu, kata sumber tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.