Sukses

Ilmuwan China Sebut Rencana Hancurkan Starlink Milik Elon Musk

Peneliti militer China mengatakan Starlink dapat mengancam keamanan nasional China.

Liputan6.com, Beijing - Peneliti militer China telah menyerukan pengembangan senjata "hard kill" untuk menghancurkan sistem satelit Starlink milik Elon Musk jika mengancam keamanan nasional China. 

Dilansir dari laman Live Science, Senin (30/5/2022), para peneliti menarik perhatian pada "potensi besar aplikasi militer" Starlink dan kebutuhan China untuk mengembangkan tindakan pencegahan untuk mengawasi, menonaktifkan, atau bahkan menghancurkan megakonstelasi satelit yang sedang tumbuh. Makalah mereka diterbitkan bulan lalu di jurnal Teknologi Pertahanan Modern China. 

Starlink adalah jaringan internet satelit broadband yang dikembangkan oleh perusahaan SpaceX milik Musk yang bertujuan untuk mengirimkan akses internet ke pelanggan di mana saja di dunia (selama mereka memiliki parabola Starlink untuk terhubung ke satelit). 

Sejak satelit Starlink pertama diluncurkan pada 2019, SpaceX telah menempatkan lebih dari 2.300 di antaranya ke orbit rendah Bumi dan perusahaan berencana mengirim hingga 42.000 satelit ke luar angkasa untuk membentuk megakonstelasi raksasa.

Para peneliti China sangat prihatin dengan potensi kemampuan militer konstelasi, yang mereka klaim dapat digunakan untuk melacak rudal hipersonik; secara dramatis meningkatkan kecepatan transmisi data drone AS dan jet tempur siluman; atau bahkan menabrak dan menghancurkan satelit China.

China telah beberapa kali nyaris celaka dengan satelit Starlink, setelah menulis ke PBB tahun lalu untuk mengeluh bahwa stasiun luar angkasa negara itu terpaksa melakukan manuver darurat untuk menghindari "pertemuan dekat" dengan satelit Starlink pada Juli dan Oktober 2021.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Senjata Luar Angkasa

“Kombinasi metode soft dan hard kill harus diadopsi untuk membuat beberapa satelit Starlink kehilangan fungsinya dan menghancurkan sistem operasi konstelasi,” para peneliti yang dipimpin oleh Ren Yuanzhen, seorang peneliti di Institut Pelacakan dan Telekomunikasi Beijing, yang merupakan bagian dari Pasukan Dukungan Strategis militer China, tulis di koran. 

Metode hard kill dan soft kill adalah dua kategori senjata luar angkasa, dengan senjata yang secara fisik menyerang target mereka (seperti rudal) dan pembunuhan lunak termasuk senjata jamming dan laser. 

China sudah memiliki beberapa metode untuk menonaktifkan satelit. 

Ini termasuk jammer gelombang mikro yang dapat mengganggu komunikasi atau menggoreng komponen listrik; laser resolusi milimeter yang kuat yang dapat menangkap gambar resolusi tinggi dan sensor satelit buta; senjata siber untuk meretas jaringan satelit; dan rudal anti-satelit jarak jauh (ASAT) untuk menghancurkan mereka, menurut Departemen Pertahanan AS.

Tetapi para peneliti mengatakan bahwa langkah-langkah ini, yang efektif terhadap masing-masing satelit, tidak akan cukup untuk menjegal Starlink. 

3 dari 4 halaman

Serangan Terhadap Starlink

"Rasi bintang Starlink merupakan sistem yang terdesentralisasi. Konfrontasinya bukan tentang satelit individu, tetapi keseluruhan sistem," tulis para peneliti. 

Para peneliti juga menguraikan bagaimana serangan terhadap sistem Starlink akan membutuhkan "beberapa tindakan berbiaya rendah dan efisiensi tinggi."

Persisnya seperti apa langkah-langkah ini masih belum jelas. 

Para peneliti mengusulkan bahwa China harus membangun satelit mata-matanya sendiri untuk mengintai Starlink dengan lebih baik; temukan cara baru dan lebih baik untuk meretas sistemnya; dan mengembangkan metode yang lebih efisien untuk menurunkan beberapa satelit dalam jaringan. 

Ini berpotensi berarti penyebaran laser, senjata gelombang mikro, atau satelit yang lebih kecil yang dapat digunakan untuk mengerumuni satelit Starlink. 

China juga ingin bersaing dengan Starlink secara langsung melalui peluncuran jaringan satelitnya sendiri. Disebut Xing Wang, atau Starnet, itu juga bertujuan untuk menyediakan akses internet global untuk pelanggan yang membayar.

4 dari 4 halaman

Starlink untuk Keperluan Militer

Starlink telah digunakan untuk keperluan militer sebelumnya.

Hanya dua hari setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, Wakil Perdana Menteri Ukraina Mykhailo Fedorov menulis di Twitter meminta Musk untuk menyebarkan lebih banyak satelit Starlink ke negara itu.

Berbicara di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, pada 24 Mei, Fedorov mengatakan bahwa SpaceX sejauh ini telah menyediakan lebih dari 12.000 piringan satelit Starlink ke Ukraina, sambil menambahkan bahwa "semua infrastruktur penting [di Ukraina] menggunakan Starlink."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.