Sukses

Area Pencarian Anak Ridwan Kamil Hilang di Sungai Swiss Diperluas

Liputan6.com, Bern - Anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (Eril) yang hilang di Sungai Aare yang berlokasi di Bern, Swiss belum juga ditemukan.

Sejak menerima laporan hilang kontaknya Emmeril Khan Mumtadz, pada hari Kamis, 26 Mei 2022 pukul 11.00 CEST, KBRI Bern telah melakukan koordinasi erat dengan Kepolisian Swiss, emergency line Swiss, serta rumah-sakit rumah sakit terdekat di Kota Bern.

Sementara itu, juru bicara kepolisian setempat, Joel Regli, mengatakan wilayah pencarian diperluas pada Jumat 27 Mei untuk mencari Eril yang dilaporkan hilang sejak Kamis pagi, demikian dilaporkan Associated Press seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (28/6/2022).

Eril sedang berenang bersama adik dan temannya, beberapa ratus meter ke arah hulu dari pusat kota, ketika mengalami masalah dan akhirnya terbawa arus sunga di Swiss itu.

Tim SAR yang terdiri atas polisi sungai, ambulans, dan pemadam kebakaran, dikerahkan untuk menyisir sepanjang Sungai Aare. Arus yang sedang deras dan kondisi air keruh dilaporkan menjadi kendala.

Doa dan Harapan dari Tanah Air

Sementara di Tanah Air, pihak keluarga Ridwan Kamil meminta doa dari seluruh masyarakat.

“Kami atas nama Pemda Provinsi Jawa Barat sangat berharap dan mengajak masyarakat semua untuk berdoa agar kang Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat wal’afiat,” ujar Elpi Nazmuzaman, adik Ridwan Kamil, dalam keterangan persnya di Gedung Sate Kota Bandung, Jumat (27/5/2022) siang.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum juga meminta masyarakat mendoakan putra sulung gubernur.

"Saya sebagai teman baik, sahabat karib berdoa mudah-mudahan A Eril segera ketemu dalam keadaan selamat dan sehat," ujarnya saat ditemui di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Garut, Jumat (27/05/2022).

Selain di masjid-masjid di Kota Bandung, doa bersama juga digelar di Tasikmalaya, di mana Wakil Gubernur menghadiri langsung bersama ribuan warga Tasikmalaya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Eril Sedang di Swiss Persiapan S2

Ridwan Kamil, yang sedang kunjungan dinas ke Inggris, langsung terbang ke Swiss begitu mendengar kabar tersebut dan telah tiba pada Jumat dini hari waktu setempat.

“Di Inggris kunjungan dilakukan untuk membahas energi terbarukan, penjajakan sister province, kerja sama industri kreatif, dan pertemuan dengan berbagai Universitas di Inggris (program joint campus),” ujar pernyataan Gedung Sate.

Pada saat yang sama, Eril sedang bersama anggota keluarga lainnya di Swiss dalam rangka survei universitas untuk Eril yang rencananya akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di negara tersebut.

Sementara itu, KBRI Bern telah berkoordinasi erat dengan kepolisian, saluran gawat darurat, serta rumah-sakit rumah sakit terdekat di Kota Bern. Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad, telah bertemu dengan pihak keluarga.

Sungai Aare Destinasi Populer

Media swissinfo.ch melaporkan bahwa Sungai Aare, seperti banyak sungai dan danau lainnya di Swiss, adalah lokasi populer untuk berenang ketika musim panas mulai datang dan suhu menghangat.

Ribuan orang datang dari berbagai kota untuk berenang atau piknik di bantaran sungai, membuat otoritas setempat harus memperketat pengawasan atas keselamatan pengunjung.

Kejadian tenggelam sangat jarang terjadi di Swiss. Asosiasi Penyelamat Swiss mencatat pada 2020 ada 46 orang yang tenggelam di danau dan sungai.

3 dari 4 halaman

Kronologi Hilangnya Eril

Eril dikabarkan terbawa arus sungai tersebut. 

"Kronologisnya Eril berenang di sungai Aaree, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya," ujar perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, dikutip Jumat (27/5/2022).

"Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah," sambung Elpi Nazmuzaman.

Tim SAR setempat masih mencari tubuh Eril, namun setelah berjam-jam belum ditemukan. Tim memutuskan untuk menyetop pencarian untuk sementara, dan melanjutkannya pada pagi hari. Saat  berita ini ditulis, Swiss masih sekitar jam 03.00 pagi. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dikabarkan telah menyusul ke Swiss dan bertemu pihak keluarga.

"Kami berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari pihak kedutaan besar Indonesia di Swiss maupun kepolisian setempat yang terus berupaya mencari keberadaan Emmeril," ujar Elpi.

 

 

4 dari 4 halaman

Dubes Muliaman Hadad: Masih Dicari Tim SAR 

Duta Besar Indonesia di Swiss, Muliaman Hadad, telah memberikan konfirmasi atas insiden yang menimpa anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pemuda bernama Emmeril Khan Mumtadz itu disebut terbawa arus saat di sungai. 

"Betul Mas, sejak kemarin dilakukan pencarian oleh Polisi dan Tim SAR. Pencarian akan dilanjutkan. Mohon doanya," ujar Dubes Swiss Muliaman Hadad kepada Liputan6.com, Jumat (27/5/2022).

Lokasi insiden adalah Sungai Aar yang berada di Bern. Dubes Muliaman berkata lokasi itu memang wisata destinasi air yang populer. 

"Sungai itu ramai dikunjungi terutama pada musim panas. Banyak orang berenang disana," ujar Dubes Muliaman.

Tim SAR setempat masih mencari tubuh Eril, namun setelah berjam-jam belum ditemukan. Tim memutuskan untuk menyetop pencarian untuk sementara, dan melanjutkannya pada pagi hari. Saat  berita ini ditulis, Swiss masih sekitar jam 03.00 pagi. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dikabarkan telah menyusul ke Swiss dan bertemu pihak keluarga.