Sukses

Beredar Foto Lawas Presiden SBY dan Ratu Elizabeth II

Liputan6.com, London - Wajah Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di foto keluarga bersama para pemimpin G20 dan Ratu Elizabeth II di Buckingham Palace. Mereka berfoto saat Inggris menjadi tuan rumah G20 pada 2009. 

Foto itu disebar oleh akun Instagram The Royal Family dalam rangka menyambut perayaan Jubilee Platinum, yakni 70 tahun kekuasaan Ratu Elizabeth II.

Presiden SBY tampak duduk tak jauh dari Ratu Elizabeth II. Kedua tokoh itu hanya dipisahkan oleh Mantan Presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva.

Banyak wajah familiar di foto tersebut yang kini sudah tidak berkuasa lagi. Ada Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Prancis Nicholas Sarkozy, Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi, Presiden China Hu Jintao, Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak, Presiden Rusia Dmitry Medvedev, hingga almarhum Raja Abdullah dari Arab Saudi.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by The Royal Family (@theroyalfamily)

Presiden Amerika Serikat Barack Obama berdiri di sisi kanan SBY. Dan tepat berdiri di belakang SBY adalah Recep Tayyip Erdogan yang hadir sebagai perdana menteri, dan ia masih berkuasa hingga hari ini sebagai presiden.

Perdana Menteri Inggris saat itu adalah Gordon Brown. Ia adalah perdana menteri terakhir dari Partai Buruh Inggris dalam satu dekade terakhir.

Ratu Elizabeth II adalah penguasa Inggris terlama dalam sejarah. Ia mengalahkan rekor nenek buyutnya, Ratu Victoria, yang berkuasa selama 63 tahun. Elizabeth II naik takhta pada 2 Juni 1952 setelah Raja George VI mangkat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ratu Elizabeth II Hadiri Acara Berkuda di Peringatan Platinum Jubilee

Ratu Inggris terlihat menghadiri malam terakhir pertunjukan ekstravaganza berkuda untuk merayakan Platinum Jubilee.

Mengutip BBC, Sabtu (16/5/2022), Ratu Elizabeth II yang sudah berusia 96 tahun itu disambut dengan tepuk tangan meriah saat dia tiba di arena kastil di Royal Windsor Horse Show.

Selebritas termasuk Tom Cruise, Helen Mirren dan Katherine Jenkins dilaporkan muncul di perayaan terbuka tersebut.

Acara yang telah berlangsung sejak Kamis 12 Mei malam ini merupakan awal dari perayaan untuk menandai 70 tahun pemerintahan Ratu Inggris.

Kerumunan bersorak ketika Ratu Elizabeth II yang tersenyum tiba dan berjalan ke tempat duduk, ditemani oleh Earl of Wessex.

Ratu Elizabeth II diketaahui tengah memiliki masalah mobilitas dan harus membatalkan sejumlah penampilan publik baru-baru ini. 

Pada Selasa 10 Mei, dia melewatkan pembacaan tahunan Pidato Ratu untuk pertama kalinya sejak 1963.

Kendati demikian sang Ratu Inggris terlihat pada hari Jumat di pertunjukan kuda, di mana salah satu kudanya sendiri diumumkan sebagai juara tertinggi.

Pertunjukan, yang disebut A Gallop Through History, menampilkan lebih dari 500 kuda dan 1.000 penampil.

Disebut sebagai "penghormatan pribadi untuk monarki kita", acara itu membawa penonton melalui lebih dari lima abad sejarah. Termasuk menampilkan militer internasional dan nasional, berkuda dan pertunjukan tari.

Tom Cruise mengumumkan penampilan King's Troop Royal Horse Artillery sebagai "salah satu pertunjukan yang paling memikat, mendebarkan, dari mulut ke mulut".

Rombongan drum baja Angkatan Pertahanan Trinidad dan Tobago menampilkan versi ritmis dari Dancing Queen milik Abba - yang tampaknya dinikmati oleh Ratu. Dia juga terlihat bertepuk tangan selama pertunjukan tradisional dari Royal Cavalry Oman.

3 dari 4 halaman

Pangeran Harry dan Meghan Markle Bakal Hadiri Platinum Jubilee

Pangeran Harry dan Meghan Markle akan bergabung dalam perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II bersama anak-anak mereka. Hal itu diungkap juru bicara pasangan Sussex, Jumat, 6 Mei 2022, dikutip dari laman Page Six. Platinum Jubilee merupakan perayaan Ratu sebagai pemimpin pertama Kerajaan Inggris yang berada di atas takhta selama 70 tahun.

Setelah berminggu-minggu berspekulasi, pasangan itu mengonfirmasi bahwa mereka akan membawa kedua buah hati. Mereka adalah Archie yang sudah berusia tiga tahun dan Lilibet, putri keduanya yang berusia 11 bulan, ke London pada Juni 2022.  

Ratu yang baru saja menginjak usia 96 tahun tentu akan sangat senang, mengingat ia akhirnya bertemu dengan cicit perempuannya. Seperti diketahui, nama panggilan masa kecil Elizabeth adalah Lilibet.

Juru bicara pasangan itu mengatakan pada Page Six, "Pangeran Harry dan Meghan, Duke dan Duchess of Sussex, sangat senang dan merasa terhormat untuk menghadiri perayaan The Queen's Platinum Jubilee Juni ini bersama anak-anak mereka."

Tapi, keluarga muda itu tidak akan tampil bersama Ratu, Pangeran Charles, Pangeran William, Kate Middleton, dan anggota keluarga kerajaan lain. Hanya anggota keluarga Kerajaan Inggris yang bekerja untuk penampilan publik resmi yang akan ikut serta dalam sesi foto di balkon Istana Buckingham.

Menurut pernyataan istana, penampilan balkon pada Kamis, 2 Juni 2022 akan terbatas. Karena pertimbangan Ratu Elizabeth II tersebut, berarti Pangeran Andrew juga tidak akan muncul di balkon, sama seperti keluarga Sussex. 

4 dari 4 halaman

Bertemu Sepupu

Perjalanan ke London berarti bayi Lili bisa bertemu sepupunya untuk pertama kali. Kakak laki-laki Harry, William, dan istrinya, Kate, memiliki tiga anak: Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

Sebelumya, saat wawancara dengan Oprah Winfrey pada 2021, Harry mengakui keretakan telah berkembang dalam hubungannya dengan William, mengatakan, "Waktu akan menyembuhkan segalanya, semoga."

Sejauh ini, sepupu Harry, Putri Eugenie, suaminya, Jack Brooksbank, dan putra mereka yang berusia satu tahun, August, adalah satu-satunya anggota keluarga kerajaan yang pernah bertemu Lili. Mereka sempat tinggal bersama keluarga Sussex di rumah mereka di Montecito pada Februari lalu.

Harry dan Meghan mengunjungi Ratu, serta ayahnya, Pangeran Charles, di Kastil Windsor bulan lalu dalam perjalanan ke Invictus Games di Belanda. Ini adalah pertama kalinya pasangan itu melihat nenek Harry sejak meninggalkan Inggris, dan tugas kerajaan mereka, pada Maret 2020.