Sukses

Peru Diguncang Gempa Bermagnitudo 5,5, Warga Berlarian ke Luar Bangunan

Liputan6.com, Jakarta Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 mengguncang Lima ibu kota Peru dan daerah sekitarnya yang luas pada Kamis 12 Mei 2022. Gempa itu membuat banyak penduduk setempat khawatir, namun sejauh ini belum ada laporan tentang kerusakan atau cedera akibat gempa tersebut, demikian dilaporkan oleh Pusat Seismologi Nasional Peru.

Gempa Peru tersebut tercatat pada pukul 16.55 waktu setempat, dengan pusat gempa berada 30 kilometer di sebelah barat Chilca, sebuah kota pesisir di selatan Lima, dengan kedalaman 49 kilometer, ujar lembaga tersebut.

"Gempa berkekuatan 5,5 terjadi pada lokasi 30 km arah barat dari Chilca, provinsi Canete. Di Lima, gempa itu dirasakan cukup kuat oleh penduduk. Tidak ada kerusakan yang dilaporkan saat ini. Pemantauan berlanjut di daerah-daerah yang rentan,” cuit lembaga itu melalui akun twitternya Twitter seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (13/5/2022).

Di banyak daerah di wilayah ibu kota yang padat itu, yang merupakan tempat tinggal bagi sekitar sepertiga dari penduduk negara dengan total populasi mencapai 33 juta jiwa tersebut, orang-orang bergegas menuju ke jalan-jalan karena ketakutan akibat gempa bumi tersebut.

Di antaranya para warga yang panik terdapat pula para anggota parlemen yang berlari keluar dari gedung legislatif, seperti ditayangkan oleh televisi lokal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Peru Diguncang 400 Gempa Tiap Tahun

Di pantai Pasifik Amerika Selatan, Peru diguncang oleh sedikitnya 400 gempa bumi setiap tahun.

Negara ini terletak di kawasan yang disebut Cincin Api Pasifik, yakni area aktivitas seismik yang luas yang membentang di sepanjang pantai barat Amerika.

Pada 7 Januari lalu, gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Lima dan kota-kota terdekat, menyebabkan sembilan orang terluka dan beberapa rumah rusak.