Sukses

Apa Tipe MBTI Ratu Elizabeth II? Cek Analisisnya

Melihat tipe MBTI dari Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, London - Pada awal 1990-an, Putri Diana dilaporkan pernah membaca buku tentang tipe MBTI yang ditulis pakar psikologis Dr. David Keirsey. Ketika sampai di bagian INFP, Putri Diana langsung berkata: "Ini aku!" 

INFP adalah salah satu dari 16 kepribadian pada MBTI. Dr. Keirsey menyebut INFP sebagai "Healer" yang merupakan kepribadian otentik dan sangat mendengarkan isi hati mereka. Namun, hal itu bisa membuat mereka "terasingkan" dari dunia luar.

Tentu deskripsi INFP sangat mirip dengan kehidupan Putri Diana. Tingkahnya yang selalu mengikuti kata hati dan dreamy sering membuatnya tersandung masalah tradisi Keluarga Kerajaan Inggris.

Pemimpin Kerajaan Inggris saat ini adalah Ratu Elizabeth II. Sang ratu terkenal sebagai pribadi yang sangat privat, disiplin, dan tradisional. Sifat-sifat itu juga menjadi bagian dari karakter sang ratu di seri drama The Crown.

Lantas apa tipe MBTI dari Ratu Elizabeth II?

Apabila melihat buku Gifts Differing tulisan Isabel Myers, kemungkinan Ratu Elizabeth II adalah tipe Sensor yang introvert. Pada MBTI, sistem kognitif tipe itu adalah Introverted Sensing (Si).

Tipe MBTI yang memiliki fungsi dominan Si adalah ISTJ dan ISFJ. Mereka adalah sosok introvert yang disiplin, sistematis, praktis, detail, serta sangat suka dengan rutinitas. Semua sifat itu cocok dengan sifat Ratu Elizabeth II selama ini. 

Lantas ISTJ atau ISFJ? Kemungkinan Ratu Elizabeth II adalah seorang ISTJ yang notabene lebih tegas dan mengutamakan efisiensi. Berikut penjelasannya:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ratu ISTJ

Pada buku Gifts Differing, Isabel Myers menyebut bahwa ISTJ adalah sosok yang logis dan tegas. Mereka juga punya potensi sebagai pemimpin yang baik.

"Para ISTJ menekankan logika, analisis, dan ketegasan. Dengan extraversion yang cukup, para ISTJ dapat menjadi eksekutif yang lihai," tulis Isabel Myers.

Sementara, ISFJ lebih tenggang rasa dalam bertindak. Para ISFJ memiliki preferensi ke Extraverted Feeling (Fe) yang membuat mereka lebih sensitif terhadap hubungan emosional dan interpersonal. Namun, ISTJ punya Introverted Feeling (Fi) sehingga mengutamakan nilai-nilai intrapersonal.

Preferensi ISTJ juga lebih ke fungsi Thinking sebelum Feeling.

Selain itu, situs kepribadian Truity juga menulis Ratu Elizabeth II adalah seorang ISTJ, bukan ISFJ, karena sifatnya mencerminkan sifat tegas ISTJ yang juga memiliki Extraverted Thinking (Te).

"Ketika memasuki masalah diplomasi, Ratu Elizabeth dikenal formal dan luar biasa ketat tentang protokol kerajaan (meski ia sudah melonggarkan beberapa aturan selama beberapa tahun terakhir). Kepatuhannya pada aturan-aturan menunjukkan bahwa sang Ratu menghargai Extraverted Thinking, tulis Truity. 

Situs verywell mind juga menulis Ratu Elizabeth II sebagai seorang ISTJ. Pada situs itu, ISTJ digambarkan sebagai sosok logis, efisien, produktif, privat, dan kaku.

"Para ISTJ sama-sama bertanggung jawab dan realistis. Mereka mengambil pendekatan logis untuk mencapai tujuan-tujuan mereka," tulis verywell mind.

"ISTJ juga sangat menekankan pentingnya tradisi dan hukum. Mereka lebih suka mengikuti aturan dan prosedur yang sebelumnya telah dibangun. Dalam beberapa kasus, para ISTJ dapat terlihat kaku dan tak mau berubah dalam keingingan mereka untuk menjaga struktur," tulis situs tersebut.

 

3 dari 4 halaman

8 Fungsi Kognitif MBTI

MBTI buatan Isabel Myers dan Katharine Briggs terinspirasi dari teori psikolog Carl Jung yang kompleks dan abstrak. Perlu dicatat bahwa Carl Jung memiliki istilah-istilahnya sendiri. 

MBTI berusaha agar tulisan Jung bisa lebih mudah dipahami masyarakat luas. Tiap tipe MBTI terdiri atas susunan empat fungsi kognitif berbeda.

Ada banyak penjelasan menarik di Google, namun berikut penjelasan singkat delapan fungsi kognitif di MBTI, dilansir situs Myersbriggs.org: 

 - Extraverted Sensing (Se): Bertindak pada data konkrit di sini dan sekarang. Mempercayai saat ini dan melaksanakannya.

- Introverted Sensing (Si): Membandingkan fakta dan pengalaman saat ini dengan pengalaman masa lalu. Mempercayai masa lalu. Mengingat data fisik (sensory) untuk penggunaan masa depan.

- Extraverted Intuition (Ne): Melihat kemungkinan-kemungkinan di dunia eksternal. Mempercayai kilas-kilas dari alam bawah sadar (the unconscious) yang mereka bisa bagikan ke orang lain.

- Introverted Intuition (Ni): Melihat konsistensi pada ide-ide dan pemikiran-pemikiran dengan sebuah kerangka internal. Mempercayai kilas-kilas dari alam bawah sadar (the unconscious) yang mungkin sulit dipahami orang lain.

- Extraverted Thinking (Te): Mencari logika dan konsistensi dari dunia luar. Memperhatikan hukum-hukum dan aturan-aturan eksternal.

 Introverted Thinking (Ti): Mencari konsistensi dan logika dari ide-ide. Mempercayai kerangka internal diri sendiri yang mungkin sulit djelaskan ke orang lain.

- Extraverted Feeling (Fe): Mencari harmoni bersama dan antara orang-orang di dunia luar. Nilai-nilai interpersonal dan budaya itu penting.

- Introverted Feeling (Fi): Mencari harmoni dari tindakan dan pemikiran dengan nilai-nilai personal. Mungkin tidak selalu mengartikulasikan nilai-nilai tersebut.

4 dari 4 halaman

16 Kepribadian MBTI

Berikut daftar fungsi kognitif dari 16 kepribadian MBTI yang membuat mereka berbeda, atau sama, dari satu sama lain. 

Urutan fungsi kognitif menandakan dari yang kuat (dominan) hingga lemah (inferior). Contoh, ISTP dominan dengan Introverted Thinking (Ti) dan fungsi inferiornya adalah Extraverted Feeling (Fe).

Secara umum, tipe Intutitif suka membahas gagasan dan ide, meskipun abstrak. Ini berbeda dengan Sensor yang lebih suka membahas hal pragmatis atau terkini.

Semua tipe punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga inilah fungsi MBTI agar bisa memahami hal tersebut pada diri sendiri.

Tipe yang memiliki tipe dominan serupa bisa lebih mudah memahami satu sama lain, sehingga ISTJ dan ISFJ bisa lebih gampang membangun koneksi, dan seterusnya. Selengkapnya: 

Intuitif:

- ENTJ: Te - Ni - Se - Fi 

- INTJ: Ni - Te - Fi - Se 

- INFJ: Ni - Fe - Ti - Se 

- INFP: Fi - Ne - Si - Te 

- ENFJ: Fe - Ni - Se - Ti 

- ENFP: Ne - Fi - Te - Si 

- ENTP: Ne - Ti - Fe - Si

- INTP: Ti - Ne - Si - Fe 

Sensor:

- ESTJ: Te - Si - Ne - Fi 

- ISTJ: Si - Te - Fi - Ne 

- ISFJ: Si - Fe - Ti - Ne 

- ESFJ: Fe - Si - Ne - Ti 

- ISFP: Fi - Se - Ni - Te 

- ISTP: Ti - Se - Ni - Fe 

- ESFP: Se - Fi - Te - Ni 

- ESTP: Se - Ti - Fe - Ni 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini