Sukses

Demi Beli Rumah, Wanita di Korea Hemat Beli Makan Cuma Rp 101 Ribu Per Bulan

Wanita ini hemat dengan menghabiskan $7 atau sekitar Rp 101 ribu per bulan untuk makanan. Hemat sekitar Rp 1,1 miliar dalam 4 tahun.

Liputan6.com, Seoul - Seorang wanita berusia 24 tahun menjadi perbincangan di media sosial Korea Selatan bulan ini. Hal itu terjadi setelah terungkap bahwa dia berhasil menghemat 100 juta won atau sekitar Rp 1,1 miiliar dalam 4 tahun dengan menjadi sangat hemat.

Mengutip Oddity Central, Selasa (3/5/2022), Ji-hyeon Kwak mulai bekerja ketika dia berusia 19 tahun dan dengan cepat menyadari bahwa dia perlu menghemat uang jika ingin mendapatkan tempat tinggalnya sendiri. Meskipun berpenghasilan rata-rata 2 juta won atau sekitar Rp 22 juta per bulan (setelah pajak), wanita muda Korea ini berhasil menyisihkan cukup uang setiap bulan untuk menghemat lebih dari 100 juta won dalam empat tahun terakhir.

Itu sudah cukup baginya untuk memenangkan langganan apartemen, yang berarti dia akan segera mendapatkan tempat tinggalnya sendiri. Tapi, seperti yang bisa Anda bayangkan, menyimpan uang sebanyak itu dengan gaji sekecil itu tidaklah mudah. Dia harus membawa penghematannya ke tingkat yang ekstrem, termasuk menghabiskan hanya 8.400 won atau sekitar Rp 96 ribuan untuk makanan per bulan.

Meski super hemat, Ji-hyeon Kwak tidak hidup hanya mengonsumsi ramen instan. Faktanya, dia bisa makan makanan seimbang dengan anggaran yang sangat tipis, berkat sistem kupon dan diskon yang dia sempurnakan selama bertahun-tahun. Hal ini memungkinkan dia untuk mendapatkan produk yang dia butuhkan secara virtual, atau dengan jumlah uang yang sangat kecil, memungkinkan dia untuk menghemat sebagian besar gajinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jurus Hemat Ala Kupon dan Survei

Dalam penampilan baru-baru ini di program Master of Living SBS, wanita berusia 24 tahun itu mengatakan bahwa dia menggunakan berbagai aplikasi dan survei untuk menerima poin dan kode kupon yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai produk.

Dia memindai tanda terima dari pembelian apa pun yang dia lakukan dan menghasilkan beberapa ratus won setiap kali. Kedengarannya seperti membuang-buang waktu dan data pribadi, tetapi ketika Anda mencoba menghemat uang sebanyak mungkin, setiap hal kecil sangat berarti.

Salah satu faktor utama di mana langganan rumah diberikan di Korea Selatan adalah rekening tabungan langganan. Ini adalah sistem unik yang bertindak sebagai insentif kuat bagi kandidat untuk menghemat uang guna mendapatkan rumah dan membayarnya.

Beberapa orang menghabiskan sebagian besar hidup mereka berharap untuk dipilih untuk berlangganan, tetapi Ji-hyeon Kwak berhasil hanya dalam empat tahun.

 

3 dari 4 halaman

Rela Jalan Kaki

Mengandalkan aplikasi dan kode kupon saja tidak cukup untuk ratu barang bekas muda Korea Selatan.

Demi memotong pengeluarannya seminimal mungkin, dia berjalan sekitar 2 jam sehari, sehingga tidak menghabiskan apa pun untuk transportasi, hanya minum air keran dan teh buatan sendiri. Pada dasarnya ia makan apa pun yang bisa dia beli dengan harga sangat murah atau menang melalui aplikasinya.

Jika ia memenangkan air kemasan, maka dia akan menjualnya secara online dan menghemat uang, karena dia minum air keran gratis.

Dalam empat tahun sejak dia memulai perjalanan hematnya, Ji-hyeon Kwak telah belajar banyak cara untuk menghemat uang sambil mempertahankan diet seimbang. Dia sekarang berbagi trik ini dengan dunia melalui YouTube dan Instagram.

4 dari 4 halaman

Perjalanan Hemat dan Diet Seimbang

Setelah episode Master of Living Ji-hyeon Kwak menjadi viral bulan ini, reaksi umum publik terhadap ceritanya adalah positif. Ddengan banyak orang memuji dia karena begitu diperhitungkan dan berorientasi pada tabungan.

Kendati demikian ada juga yang mengatakan kepadanya bahwa dia terlalu muda untuk menjadi begitu hemat dan bahwa dia harus menikmati hidup sedikit lebih.

Menariknya, dalam wawancaranya dengan SBS, wanita berusia 24 tahun itu mengatakan bahwa dia termotivasi untuk menabung sebanyak mungkin karena situasi keluarganya, yang sama sekali tidak baik. Dia ingin melarikan diri dan ini sepertinya pilihan terbaiknya.

Kisah Ji-hyeon Kwak mengingatkan pada wanita lain yang sempat tampil beberapa tahun yang lalu, yang berhasil membeli 2 rumah dengan menghemat 90% dari gajinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.