Sukses

Emmanuel Macron dan Marine Le Pen Lancarkan Kampanye Terakhir Jelang Pilpres Prancis

Kedua kandidat yang berjuang untuk kepresidenan Prancis telah meluncurkan serangan pahit satu sama lain dalam upaya terakhir untuk memenangkan jutaan pemilih yang belum memutuskan sebelum pemilihan hari Minggu.

Liputan6.com, Paris - Kedua kandidat yang berjuang untuk kepresidenan Prancis telah meluncurkan serangan pahit satu sama lain dalam upaya terakhir untuk memenangkan jutaan pemilih yang belum memutuskan sebelum pemilihan hari Minggu.

Emmanuel Macron bertujuan untuk menjadi presiden pertama yang memenangkan masa jabatan kedua selama 20 tahun.

Dia mengatakan gerakan politik sayap kanan Marine Le Pen dipicu oleh ketidakbahagiaan dan memicu kebencian di masyarakat.

Itu adalah bukti kelemahannya, katanya, bahwa ia menggunakan penghinaan lama terhadap ekstremisme.

Jajak pendapat memberi presiden petahana keunggulan dalam putaran kedua, tetapi partai sayap kanan Le Pen tidak pernah sedekat ini dengan kekuasaan, itulah sebabnya taruhannya begitu tinggi, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (23/4/2022).

Masalah nomor satu dalam pemilihan ini adalah biaya hidup yang meningkat, dari tagihan energi dan belanja makanan hingga harga mengisi mobil. Itu diidentifikasi sejak awal oleh tim Le Pen, yang telah menjanjikan pemerintah persatuan nasional untuk menyerang biaya hidup yang tinggi, serta referendum tentang imigrasi dan larangan mengenakan jilbab di depan umum.

Pesan sederhananya kepada para pemilih adalah: "Ini Macron atau Prancis".

Macron juga menyampaikan pesan singkatnya: "Pemilihan ini adalah bentuk referendum, sekularisme dan di Eropa." Dia berpendapat gagasan Le Pen tentang "Eropa negara-negara" akan berarti mengakhiri Uni Eropa.

Dia meminta suara Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa dan kepresidenan Donald Trump dalam seruan TV kepada para pemilih. "Ada jutaan orang yang, beberapa jam sebelum Brexit, memutuskan apa gunanya memilih. Jutaan orang melakukan hal yang sama pada 2016 dengan Trump. Keesokan harinya mereka terbangun dengan mabuk," katanya.

Menuduhnya menghina dia dan mereka yang memilihnya, Le Pen mengatakan Prancis telah mengalami lima tahun kekacauan dan dapat menemukan kembali perdamaian dan rasa hormat sipil. "Kami tidak akan menemukannya dengan pria yang sama dan jenis aturan yang sama," katanya.

Masalah terbesar bagi kedua kandidat adalah banyaknya pemilih yang ditetapkan untuk memberikan suara kosong atau bahkan tidak memilih sama sekali. Jajak pendapat menunjukkan jumlah pemilih bisa menjadi yang terendah sejak 1969.

"Saya akan memilih kosong karena itu adalah tugas nasional saya untuk memberikan suara saya, tetapi saya masih ingin menunjukkan ketidakbahagiaan saya dengan sistem," kata Edrisi, seorang pemilih di pinggiran selatan Paris, kepada saya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketidakpuasan pada Macron

Ketidakpuasan dengan sentrisme Macron dan dengan politik arus utama terungkap di babak pertama, ketika lebih dari setengah pemilih mendukung sayap kanan atau paling kiri.

Lebih dari satu dari lima pemilih mendukung kandidat sayap kiri Jean-Luc Mélenchon, yang berada di urutan ketiga, tepat di belakang Marine Le Pen.

Banyak orang di Prancis tidak melupakan gilets jaunes atau protes rompi kuning atas biaya bahan bakar dan kenaikan harga yang meletus 18 bulan setelah Macron berkuasa. Le Pen telah mengeksploitasi klaim bahwa dia adalah presiden untuk orang kaya.

Jajak pendapat terakhir menunjukkan presiden yang duduk akan memenangkan antara 53% dan 57% suara, jadi ada tanda tanya besar tentang siapa 7,7 juta pemilih Mélenchon yang akan kembali. Menurut jajak pendapat Ipsos pada hari Jumat, 48% orang yang memilihnya di putaran pertama tidak mendukung kandidat di babak final.

Sementara satu dari tiga pemilih sayap kiri itu akan mendukung Macron, ada jumlah yang cukup besar yang sangat tidak menyukainya sehingga mereka lebih suka memilih sayap kanan.

 

3 dari 3 halaman

Pemungutan Suara Minggu 24 April 2022

Kampanye berakhir pada tengah malam waktu Prancis (22:00 GMT) pada hari Jumat, dan kedua tim sekarang diwajibkan oleh hukum untuk menghentikan pemilihan sampai pemungutan suara berakhir pada Minggu malam.

Ketika matahari terbenam di Paris, salah satu bintang yang sedang naik daun dari partai Macron bergabung dengan aktivis partai dalam membagikan selebaran dalam permohonan terakhir untuk pemungutan suara.

Menteri Pertanian Julien Denormandie mengatakan pemerintah sangat menyadari bahwa publik yang tidak puas perlu dibawa lebih dekat ke politik arus utama: "Mungkin itu akan menjadi salah satu masalah utama periode Macron yang baru, jika dia terpilih kembali. Setiap orang dalam politik harus mempertimbangkan cara kita membuat dan memberlakukan kebijakan. Dan jika orang tidak merasa hidup mereka menjadi lebih baik, maka mereka tidak akan melihat penggunaan politik dan mereka tidak akan memilih."

Ini telah menjadi pemilihan yang tidak biasa sejak awal, dibayangi pertama oleh pandemi Covid dan kemudian invasi Rusia ke Ukraina, yang berarti Macron hanya terlibat dengan pemilih delapan hari sebelum putaran pertama.

Meskipun 12 kandidat mengambil bagian dalam perlombaan awal itu, hanya tiga yang berkinerja baik. Dua partai utama yang secara tradisional menjalankan Prancis sampai meroketnya Emmanuel Macron pada 2017 menarik sedikit lebih dari dua juta suara di antara mereka.

Kampanye itu akhirnya meledak pada Rabu malam, ketika dua kandidat terakhir berdebat selama hampir tiga jam di TV langsung, dengan moderator hampir tidak terlibat.

Dan itu berlanjut sampai saat-saat terakhir hari Jumat, dengan kepala partai Rally Nasional Le Pen, Jordan Bardella, berjanji untuk menghemat uang publik dan mengembalikannya kepada rakyat Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini