Sukses

Wajib Dicoba, Ini 6 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Tubuh

Mandi menggunakan air dingin ternyata memiliki lebih banyak manfaat untuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Mandi menggunakan air hangat atau air dingin, mana yang lebih sering Anda lakukan?

Mandi air hangat mungkin terasa lebih nyaman bagi sebagian orang karena terasa lebih menenangkan setelah seharian beraktivitas. Namun jangan salah, ternyata mandi air dingin juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh.

Meskipun mandi air dingin memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan Anda namun mandi air dingin dapat meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan mood Anda. Selain itu, menggunakan air dingin ketika mandi dapat mengurangi rasa lelah setelah berolahraga, mengurangi rasa gatal, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dr Stuart Farrimond, seorang dokter yang juga penulis kesehatan buku bestseller, menuliskan dalam bukunya The Science of Living bahwa ketika bangun pagi, yang terbaik itu mandi air dingin. Apa alasannya?

"Percikan air dingin ke seluruh tubuh membuat kadar kortisol dan adrenalin melonjak sebentar, sebanyak lonjakan saat mengonsumsi minuman yang mengandung kafein," kata Farrimond.

Tapi, kalau air di kamar mandi dinginnya seperti air es hingga tak tertahankan, Farrimond menyarankan untuk mandi air hangat dan mengakhirinya dengan guyuran air dingin selama 30 detik. Cara ini menurut penelitian membuat Anda merasa segar, serta memperkecil kemungkinan Anda sakit.

Dilansir dari laman Bright Side, Rabu (13/4/2022) berikut adalah sejumlah manfaatn jika Anda mandi menggunakan air dingin:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Saat air dingin menyentuh tubuh Anda, darah Anda dipaksa untuk bersirkulasi jauh lebih cepat dalam upaya mempertahankan suhunya. Tetapi mandi air dingin juga ideal untuk atlet karena dapat membantu mereka mengatasi cedera lebih cepat. Itu sebabnya mereka menggunakan es di bagian tubuh yang memar, membawa oksigen baru dan sirkulasi ekstra ke daerah yang terkena.

2. Mengurangi Nyeri Otot Usai Olahraga

Mandi air dingin seringkali digunakan oleh seseorang setelah melakukan olahraga. Sebuah analisis menemukan bahwa paparan air dingin seperti perendaman air dingin dan cryotherapy merupakan salah satu cara terbaik dalam mengurangi peradangan dan kelelahan otot. Nyatanya, berendam dengan air dingin dapat mengurangi rasa sakit dan kelelahan hingga 96 jam setelah berolahraga.

3. Mengurangi Kulit Gatal dan Kusam

Orang yang memiliki kulit kering secara alami atau menderita kondisi kulit seperti eksim, sering merasa gatal setelah mandi air panas. Salah satu cara untuk memeranginya adalah dengan menurunkan suhu air sebanyak mungkin. Hanya saja, jangan berendam terlalu lama dengan air panas, dan Anda akan melihat bahwa rasa gatal akan mulai hilang. Anda masih perlu mengoleskan pelembab yang baik setelahnya untuk menyerap semua kelembapan, tetapi rasa gatal akan mulai hilang.

3 dari 4 halaman

4. Menstabilkan Metabolisme

Mandi air dingin 2-3 hari seminggu benar-benar dapat menstabilkan dan bahkan meningkatkan metabolisme Anda.

Tentu saja, Anda tidak akan mulai menurunkan berat badan hanya dengan mandi air dingin, karena Anda harus terlebih dahulu membuat beberapa pilihan gaya hidup. Namun, mandi air dingin dapat menstabilkan kadar hormon tertentu dan merawat sistem pencernaan Anda. Dengan cara itu, bersama dengan diet seimbang, mereka dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Mengurangi Stres

Cara kerja mandi air dingin adalah dengan menimbulkan kejutan besar dan stres pada tubuh Anda. Jadi jika Anda meminumnya secara teratur, Anda memulai proses yang disebut pengerasan. Selama waktu itu, sistem saraf Anda terbiasa "dipukul" dengan sedikit tekanan fisik dan mempersiapkan Anda ketika saat-saat yang benar-benar membuat stres tiba. Akibatnya, tubuh dan pikiran Anda siap menghadapi situasi sulit apa pun kapan pun itu muncul.

Selain itu, air dingin melepaskan endorfin ke dalam aliran darah kita dan, sebagai hasilnya, membuat kita lebih waspada, berenergi, dan bahagia. Dalam uji klinis, ditunjukkan bahwa orang yang menderita depresi terbebas dari gejalanya setelah mandi air dingin selama 5 menit 2-3 kali per minggu.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mandi air dingin dapat membuat tubuh Anda lebih tahan terhadap flu biasa dan flu musiman. Sebagai buktinya, uji klinis melihat penurunan 29% pada orang yang tidak masuk kerja karena sakit setelah mereka mulai mandi air dingin. Itu karena air dingin mengejutkan tubuh dan memaksanya memproduksi lebih banyak leukosit, yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh kita dari infeksi.

4 dari 4 halaman

Kekurangan Mandi Air Dingin

Dibalik manfaatnya, rupanya ada pula kekurangan dari mandi air dingin.

Dilansir dari healthline, mandi air dingin juga memiliki efek yang kurang baik bagi tubuh kita. Jika Anda sudah merasa kedinginan, mandi air dingin bukanlah ide yang baik.

Suhu yang lebih dingin tidak dapat membantu menghangatkan Anda dan akan membuat Anda kedinginan. Sehingga Anda memiliki waktu yang lebih lama untuk menghangatkan tubuh Anda. Selain itu, ketika Anda sedang sakit juga tidak disarankan untuk mandi menggunakan air dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.