Sukses

Pilpres Prancis, Persaingan Ketat Petahana Emmanuel Macron Vs Marine Le Pen

Pemilih Prancis sedang bersiap untuk memberikan suara mereka dalam putaran pertama pemilihan presiden pada hari Minggu.

Liputan6.com, Paris - Pemilih Prancis sedang bersiap untuk memberikan suara mereka dalam putaran pertama pemilihan presiden pada Minggu, 10 April 2022.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan penurunan yang nyata dalam keunggulan Presiden Emmanuel Macron atas penantang utamanya, kandidat sayap kanan Marine Le Pen.

Kampanye sekarang telah berakhir, dan jumlah pemilih diperkirakan akan lebih rendah dari pemilihan sebelumnya di Prancis, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (10/4/2022).

Meskipun perlombaan telah dibayangi oleh perang di Ukraina, masalah utama bagi banyak pemilih adalah biaya hidup.

Macron dan Le Pen adalah favorit, tetapi ada 10 kandidat lain yang bersaing untuk mencapai putaran kedua pada 24 April.

Sebulan yang lalu, Marine Le Pen membuntuti Macron dengan 10 poin. Sekarang dia dipandang sebagai favorit untuk menantangnya untuk menjadi presiden dalam pemungutan suara putaran kedua.

Jika dia berhasil lolos ke putaran kedua, jajak pendapat menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa kemenangan Le Pen berada dalam margin of error.

Peringkat jajak pendapat Macron pada awalnya didorong oleh upaya diplomatiknya selama hari-hari awal invasi Rusia ke Ukraina, tetapi para pemilih menjadi semakin khawatir dengan tagihan rumah tangga dan kenaikan harga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Le Pen Sang Penantang Lama

Le Pen telah bekerja keras untuk mengurangi citranya dalam beberapa tahun terakhir, menampilkan dirinya sebagai orang sederhana, moderat dan cocok untuk jabatan tertinggi.

Selama bertahun-tahun dia telah mempertahankan pesan anti-imigrasi, anti-UE yang telah beresonansi dengan pemilih yang tidak puas. Tetapi pada minggu-minggu terakhir kampanye dia semakin fokus pada tingginya biaya hidup.

Macron sekarang mengusulkan pekerjaan penuh dalam waktu lima tahun, memotong pajak untuk rumah tangga dan bisnis, dan membayar programnya dengan secara bertahap menaikkan usia pensiun dari 62 menjadi 65 - meskipun meningkatkan usia pensiun tidak populer dengan pemilih sudah menghadapi krisis pengeluaran.

Analis memperkirakan bahwa jumlah pemilih akan sangat rendah sehingga tingkat abstain rekor 22,2% yang ditetapkan pada 2017 akan terlampaui.

"Kami telah mengalami kampanye aneh yang bertentangan dengan apa yang kami alami dalam pemilihan presiden sebelumnya," frederic Dabi, direktur lembaga pemungutan suara Ifop, mengatakan kepada kantor berita AFP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.