Sukses

Jepang, Negara Teknologi Maju yang Masih Kental akan Budaya Tradisional

Jepang merupakan negara maju di dunia teknologi, namun tanpa menghilangkan budaya.

Liputan6.com, Jakarta - Jepang merupakan salah satu negara yang terletak di ujung barat Samudera Pasifik, bertetangga dengan negara-negara seperti China, Korea Selatan hingga Rusia. 

Terdiri dari 6.852 pulau, Jepang disebut dengan negara kepulauan sama seperti Indonesia. 

Penduduknya yang berjumlah 128 juta orang, membuat Jepang menjadi negara dengan negara penduduk terbanyak ke-10 di dunia. 

Jepang memiliki 4 musim yakni semi, gugur, dingin dan panas. Selama musim semi, Jepang identik dengan bunga sakura yang mekar dengan indahnya. 

Jepang saat ini merupakan negara maju teknologi, yang mengembangkan kereta shinkansen hingga robot. 

Kendati demikian, Jepang masih kental dengan berbagai budaya dan tradisi seperti makanan tradisional, kimono, rumah tradisional hingga berbagai acara lokal. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Jenesys

Guna mengenalkan tentang negara Jepang secara lebih luas terhadap dunia, maka dari itu pemerintah Jepang menggiatkan program Jenesys (Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths) atau Jaringan Pertukaran Pelajar dan Pemuda Jepang-Asia Timur.

Kegiatan ini biasanya mengundang pemuda dari luar negeri untuk datang ke Jepang setiap tahunnya, namun dalam dua tahun terakhir terpaksa diadakan secara daring karena pandemi COVID-19.

Adapun tujuan utama dari proyek proyek tersebut adalah mempromosikan toleransi dan persahabatan dengan pemuda Jepang. Kemudian, pemerintah juga ingin membangun fondasi kemitraan dan hubungan persahabatan untuk masa depan dengan mempromosikan rasa saling percaya dan pengertian antara Jepang dengan negara-negara maupun wilayah di Kawasan Asia Pasifik.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.