Sukses

Jenesys, Wadah Pertukaran Pemuda untuk Mengenal Jepang Lebih Dalam

Pemerintah Jepang mengadakan Jenesys sebagai program pertukaran pemuda untuk mengenal Jepang lebih jauh.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Jepang menggelar program internasional yang melibatkan pertukaran antara Jepang dengan negara-negara maupun wilayah di kawasan Asia Pasifik, yang bernama Jenesys (Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths) atau Jaringan Pertukaran Pelajar dan Pemuda Jepang-Asia Timur.

Kegiatan ini biasanya mengundang pemuda dari luar negeri untuk datang ke Jepang setiap tahunnya, namun dalam dua tahun terakhir terpaksa diadakan secara daring karena pandemi COVID-19.

Adapun tujuan utama dari proyek proyek tersebut adalah mempromosikan toleransi dan persahabatan dengan pemuda Jepang. Kemudian, pemerintah juga ingin membangun fondasi kemitraan dan hubungan persahabatan untuk masa depan dengan mempromosikan rasa saling percaya dan pengertian antara Jepang dengan negara-negara maupun wilayah di Kawasan Asia Pasifik.

Ditambah lagi, program ini juga ingin mempromosikan pemahaman peserta tentang negara Jepang mencakup ekonomi, sosial, sejarah, kebudayaan, politik hingga kebijakan diplomatik.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program dan Kegiatan

Di luar kondisi pandemi COVID-19, peserta atau pemuda akan diajak untuk mengunjungi Jepang dan tinggal selama sekitar 10 hari. 

Program tersebut akan terdiri dari kunjungan sekolah dan rumah tinggal dengan tujuan mempromosikan toleransi, persahabatan dan kepercayaan dengan mahasiswa serta penduduk lokal.

Namun karena situasi yang terbatas dan digelar secara daring, semua kegiatan tersebut diselenggarakan lewat platform komunikasi digital seperti Zoom.

Pada akhir program, peserta program diharapkan lebih memahami tentang kebudayaan dan sosial Jepang melalui materi yang diberikan. 

Peserta juga diharapkan memahami pesona daerah di Jepang melalui kunjungan ke pemerintah daerah. 

Hingga pada akhirnya, peserta bisa menyebarkan informasi tentang Jepang secara lebih luas. 

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.