Sukses

Hari Valentine: Ini Makna Warna Mawar yang Berbeda

Di hari Valentine ini, mari pahami makna warna mawar yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Bahasa bunga (language of flowers) telah lama dikenal di berbagai budaya. Di Inggris, makna-makna bunga terkenal di era Victoria sebagai cara menyampaikan pesan secara tersirat. Jepang juga memiliki bahasa bunga tersendiri, yakni hanakotoba. 

Bunga mawar merah tentu berarti cinta, namun ada beragam warna mawar seperti kuning, merah muda, dan ungu, dan maknanya juga tidak sama.

Sebagai catatan, Vanessa Diffenbaugh, penulis novel The Language of Flowers, mengakui bahwa makna bunga memiliki versi yang berbeda-beda. Hal itu ia ketahui saat meriset untuk novelnya. 

Bila ingin mencoba memahami makna bunga mawar di Hari Valentine, berikut makna-makna bunga mawar berdasarkan situs Fifty Flowers, Minggu (13/2/2022).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cinta

1. Mawar merah: cinta dan passion

Mawar merah adalah bunga klasik saat Valentine.

Maknanya sudah jelas, yakni kamu mencintai seseorang. Jadi pastikan berikan mawar merah kepada orang yang memang spesial.

2. Mawar merah muda: elegan 

Warna yang lembut ini juga mengandung makna yang manis, mulai dari elegansi, kedewasaan, rasa manis, dan bisa juga femininitas. Tentunya, mawar pink ini cocok di acara pernikahan.

 

3 dari 6 halaman

Persahabatan

3. Mawar oranye: antusiasme

Warna yang cerah ini mewakili ketertarikan, antusiasme, hasrat, dan energi. Mawar oranye memberikan pesan rasa terkesan.

Jika mawar merah berarti "I love you", maka mawar oranye berarti "I'm proud of you" sehingga cocok diberikan ketika orang tersayang baru mencapai prestasi.

4. Mawar kuning: persahabatan dan sukacita

Gunakan mawar ini untuk sahabat. Mawar kuning diasosiasikan dengan persahabatan, sukacita, rasa senang, dan kasih sayang.

Sekadar catatan, warna ini juga dikenal sebagai simbol kecemburuan pada era Victoria, meski maknanya telah berkembang menjadi lebih positif.

4 dari 6 halaman

Ketulusan

5. Mawar peach: ketulusan dan rasa syukur

Ketulusan, rendah hati, hingga rasa syukur. Hal-hal itu diwakilkan oleh warnah peach di mawar ini.

Mawar peach menjadi hadiah yang tepat untuk mengucapkan "terima kasih" kepada seseorang. Warna mereka yang tidak mencolok juga menyiratkan rasa kerendahan hati dan ketulusan.

6. Mawar hijau: semangat baru

Mawar hijau kadang juga dijual oleh para floris. Makna bunga ini mungkin tidak romantis, tetapi menyampaikan rasa positif, seperti tumbuhnya semangat baru.

5 dari 6 halaman

Misteri

7. Mawar biru: misteri dan keunikan

Mawar biru adalah simbol dari misteri, sehingga mungkin cocok bagi pasangan yang introvert.

Warna mawar ini juga bisa menyimbolkan hal-hal yang sulit dicapai. Warna ini pun dapat diberikan untuk memberikan semangat kepada seseorang yang berusaha mencapai hal tersebut.

8. Mawar lavender: daya pikat

Warna lavender ini juga bisa berarti daya piket, rasa terpukau, dan misteri. Mawar ini juga cocok untuk menyampaikan rasa cinta pada pandangan pertama.

6 dari 6 halaman

Hitam dan Putih

9. Mawar hitam: positif dan negatif

Mawar hitam umumnya memiliki makna negatif, yakni duka cita. Meski demikian, warna ini juga membawa makna positif, yakni awal yang baru.

10. Mawar putih: cinta muda dan kemurnian

Mawar putih adalah simbol dari kemurnian, jiwa muda, dan innocence. Simbol lain dari mawar putih adalah terkait cinta muda, kesetiaan abadi, dan awal yang baru.

Tak heran jika warna ini juga populer di pernikahan atau hadiah bagi orang-orang tersayang.

11. Warna ivory: keanggunan

Warna mawar ivory tidak sama dengan mawar putih. Makna mawar ini cenderung lebih dewasa, seperti terkait pola pikir, keanggunan, dan pesona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.