Sukses

AS Sebut Rusia Bisa Menyerang Ukraina Kapan Saja, Evakuasi Bersifat Segera

Rusia memiliki pasukan untuk menyerang Ukraina "kapan saja" dan warga Amerika harus pergi dalam 48 jam ke depan, pejabat Amerika Serikat telah memperingatkan.

Liputan6.com, D.C - Rusia memiliki pasukan untuk menyerang Ukraina "kapan saja" dan warga Amerika Serikat harus pergi dalam 48 jam ke depan, pejabat Amerika Serikat telah memperingatkan.

Invasi bisa dimulai dengan pemboman udara yang akan membuat penerbangan sulit dan membahayakan warga sipil, Gedung Putih mengatakan pada hari Jumat 11 Februari 2022.

Moskow telah berulang kali membantah rencana untuk menyerang Ukraina meskipun mengumpulkan lebih dari 100.000 tentara di dekat perbatasan.

Sejumlah negara lain juga mendesak warga negara mereka untuk meninggalkan Ukraina, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (13/2/2022).

Mereka termasuk Inggris, Kanada, Belanda, Latvia, Jepang dan Korea Selatan.

Kementerian luar negeri Rusia menuduh negara-negara Barat menyebarkan informasi palsu.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan pasukan Rusia sekarang "dalam posisi untuk dapat melakukan aksi militer besar" dalam sambutan yang dipandang sebagai eskalasi yang jelas dalam urgensi peringatan dari para pejabat AS.

"Kami jelas tidak dapat memprediksi masa depan, kami tidak tahu persis apa yang akan terjadi, tetapi risikonya sekarang cukup tinggi dan ancaman sekarang cukup cepat sehingga evakuasi adalah bijaksana," katanya.

Sullivan menambahkan bahwa pemerintah tidak tahu apakah Presiden Rusia Vladimir Putin telah membuat keputusan akhir untuk menyerang, tetapi mengatakan bahwa Kremlin sedang mencari dalih untuk membenarkan tindakan militer, yang katanya dapat dimulai dengan pemboman udara yang intens.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penumpukan Pasukan Rusia Dekat Perbatasan Ukraina

Komentarnya muncul ketika para pejabat AS memperingatkan penumpukan lebih lanjut pasukan Rusia di perbatasan Ukraina selama seminggu terakhir dan merencanakan latihan militer Rusia di Laut Hitam dalam beberapa hari mendatang.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan peningkatan pasukan Rusia di perbatasan adalah "tanda-tanda eskalasi Rusia yang sangat mengganggu".

"Kami berada di rentang waktu ketika invasi bisa dimulai kapan saja, dan untuk menjadi jelas, itu termasuk selama Olimpiade [yang berakhir pada 20 Februari]," kata Blinken.

Presiden Biden mengatakan bahwa dia tidak akan mengirim pasukan untuk menyelamatkan warga negara yang terdampar jika terjadi tindakan Rusia.

Pada hari Jumat, presiden AS menjadi tuan rumah panggilan video dengan para pemimpin transatlantik di mana mereka menyetujui tindakan terkoordinasi untuk menimbulkan konsekuensi ekonomi yang parah pada Rusia jika menginvasi Ukraina.

AS juga mengatakan akan mengerahkan 3.000 tentara lebih lanjut dari Fort Bragg, North Carolina, ke Polandia, dan bahwa mereka diperkirakan akan tiba di sana minggu depan. Pasukan tidak akan bertempur di Ukraina, tetapi akan memastikan pertahanan sekutu AS.

Baik Biden dan Presiden Prancis Emmanuel Macron diperkirakan akan berbicara dengan Putin pada hari Sabtu 13 Februari 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.