Sukses

6 Februari 1917: Jerman Merudal Kapal AS, Picu Paman Sam Bertempur di Perang Dunia I

Kapal selam Jerman merudal dan menenggelamkan kapal uap penumpang Amerika Serikat pada 6 Februari 1917, memicu keterlibatan serius AS dalam Perang Dunia I yang berkecamuk di Eropa.

Liputan6.com, Dublin - Kapal selam Jerman merudal dan menenggelamkan kapal uap penumpang Amerika Serikat di lepas pantai Irlandia pada 6 Februari 1917, memicu keterlibatan serius AS dalam Perang Dunia I yang berkecamuk di Eropa.

Peristiwa itu terjadi hanya tiga hari setelah pidato Presiden AS Woodrow Wilson pada 3 Februari 1917 - di mana ia memutuskan hubungan diplomatik dengan Jerman dan memperingatkan bahwa perang akan terjadi jika kepentingan Amerika di laut kembali diserang.

SS California berangkat dari New York pada 29 Januari menuju Glasgow, Skotlandia, dengan 205 penumpang dan awak kapal. Delapan hari kemudian, sekitar 38 mil di lepas pantai Fastnet, Irlandia, kapten kapal, John Henderson, melihat sebuah kapal selam dari sisi pelabuhan kapalnya sedikit setelah pukul 9 pagi dan memerintahkan penembak di buritan kapal untuk menembak pertahanan jika perlu.

Beberapa saat kemudian dan tanpa peringatan, kapal selam menembakkan dua torpedo ke kapal, demikian seperti dikutip dari History, Minggu (6/2/2022).

Salah satu torpedo terlewatkan, tetapi torpedo kedua meledak ke sisi pelabuhan kapal uap, menewaskan lima orang secara instan.

Ledakan torpedo itu begitu keras dan menghancurkan sehingga kapal uap seberat 470 kaki, 9.000 ton itu tenggelam hanya sembilan menit setelah serangan itu.

Meskipun panggilan S.O.S. putus asa yang dikirim oleh kru untuk memastikan kedatangan kapal penyelamat, 38 orang tenggelam setelah ledakan awal, dengan total 43 orang tewas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memicu AS Bertempur di Perang Dunia I

Jenis pembangkangan Jerman terang-terangan terhadap peringatan Wilson tentang konsekuensi dari perang kapal selam membuat AS murka.

Peristiwa itu, dikombinasikan dengan penemuan dan pelepasan telegram Zimmermann berikutnya — sebuah tawaran yang dibuat oleh menteri luar negeri Jerman kepada pemerintah Meksiko yang melibatkan kemungkinan aliansi Meksiko-Jerman jika terjadi perang antara Jerman dan AS — mendorong Wilson dan Amerika Serikat untuk mengambil langkah terakhir menuju perang.

Pada tanggal 2 April 1917, Wilson pergi ke kongres untuk menyampaikan pesan perangnya; Deklarasi resmi masuknya AS ke dalam Perang Dunia Pertama datang empat hari kemudian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.