Sukses

9 Januari 1493: Salah Kira Christopher Columbus, Sapi Laut Disangka Putri Duyung

Pada tanggal 9 Januari 1493, penjelajah Christopher Columbus, berlayar di dekat Republik Dominika, melihat tiga "putri duyung", yang pada kenyataannya adalah manatee atau sapi laut.

Liputan6.com, Dominika - Pada tanggal 9 Januari 1493, penjelajah Christopher Columbus, berlayar di dekat Republik Dominika, melihat tiga putri duyung, yang pada kenyataannya adalah manatee atau sapi laut, dan menggambarkan mereka sebagai "tidak secantik sebagaimana di lukisan-lukisan."

Enam bulan sebelumnya, Columbus (1451-1506) berangkat dari Spanyol melintasi Samudra Atlantik dengan kapal Nina, Pinta dan Santa Maria, berharap untuk menemukan rute perdagangan barat ke Asia.

Sebaliknya, perjalanannya, yang pertama dari empat yang akan dia buat, membawanya ke Amerika, atau "Dunia Baru."

Putri duyung, makhluk setengah betina, setengah ikan mitos, telah ada dalam budaya pelaut setidaknya sejak zaman Yunani kuno.

Biasanya digambarkan memiliki kepala dan tubuh wanita, ekor ikan alih-alih kaki dan memegang cermin dan sisir, putri duyung hidup di laut dan, menurut beberapa legenda, dapat mengambil bentuk manusia dan menikahi pria fana.

Putri duyung terkait erat dengan sirene, tokoh folkloric lain, sebagian wanita, sebagian burung, yang tinggal di pulau-pulau dan menyanyikan lagu-lagu menggoda untuk memikat pelaut untuk kematian mereka.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beberapa Spesies Punah Akibat Perburuan Berlebihan

Penampakan putri duyung oleh pelaut, ketika mereka tidak dibuat-buat, kemungkinan besar manatee, dugong atau sapi laut Steller (yang punah pada 1760-an karena perburuan berlebihan).

Manatee adalah mamalia air yang bergerak lambat dengan mata seperti manusia, wajah bulat dan ekor seperti dayung.

Sangat mungkin bahwa manate berevolusi dari nenek moyang mereka yang berbagi genetik dengan gajah. Tiga spesies manatee (India Barat, Afrika Barat dan Amazon) dan satu spesies dugong milik ordo Sirenia.

Manatee dewasa biasanya memiliki panjang 10 hingga 12 kaki dan berat 800 hingga 1.200 pon. Mereka pemakan tumbuhan, memiliki metabolisme yang lambat dan hanya dapat bertahan hidup di air hangat.

Manatee hidup rata-rata 50 hingga 60 tahun di alam liar dan tidak memiliki predator alami. Namun, mereka adalah spesies yang terancam punah. Di AS, sebagian besar manatee ditemukan di Florida, di mana puluhan dari mereka meninggal atau terluka setiap tahun karena tabrakan dengan kapal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini