Sukses

Omicron COVID-19 Mewabah, Belanda Lockdown Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Belanda telah mengumumkan lockdown ketat selama periode Natal dan Tahun Baru di tengah kekhawatiran atas varian virus corona Omicron COVID-19.

Liputan6.com, Den Haag - Belanda telah mengumumkan lockdown ketat selama periode Natal dan Tahun Baru di tengah kekhawatiran atas varian virus corona Omicron COVID-19.

Toko-toko yang tidak penting, bar, penata rambut gym dan tempat-tempat umum lainnya akan ditutup sampai setidaknya pertengahan Januari 2021, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (19/12/2021).

Dua tamu per rumah tangga akan diizinkan - empat selama liburan.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengatakan langkah-langkah itu "tidak dapat dihindari".

Negara-negara di seluruh Eropa telah memperketat pembatasan karena Omicron, varian COVID-19 yang sangat bermutasi menyebar.

Aturan baru di Belanda - yang paling ketat yang telah diumumkan atas Omicron sejauh ini - mulai berlaku pada hari Minggu 19 Desember 2021.

"Saya berdiri di sini malam ini dalam suasana hati yang suram. Dan banyak orang yang menonton akan merasa seperti itu juga," kata Rutte pada konferensi pers pada hari Sabtu, 18 Desember 2021.

"Untuk meringkasnya dalam satu kalimat, Belanda akan kembali ke penguncian mulai besok."

Rutte menambahkan, "Kegagalan untuk bertindak sekarang kemungkinan akan mengarah pada "situasi yang tidak terkendali di rumah sakit".

Di bawah aturan baru, orang-orang didesak untuk tinggal di rumah sebanyak mungkin. Batas ketat akan ditempatkan pada jumlah orang yang dapat bertemu - maksimal dua tamu berusia 13 tahun ke atas akan diizinkan di rumah-rumah penduduk, dan empat pada 24-26 Desember dan pada Malam Tahun Baru dan Hari Tahun Baru.

Acara tidak diizinkan selain pemakaman, pasar mingguan yang menjual bahan makanan dan pertandingan olahraga profesional tanpa penonton.

Semua sekolah di Belanda akan ditutup hingga setidaknya 9 Januari, sementara langkah-langkah penguncian lainnya akan tetap berlaku hingga setidaknya 14 Januari.

Restoran dapat terus menjual makanan takeaway, dan toko-toko yang tidak penting dapat menawarkan layanan klik dan kumpulkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Situasi di Belanda

Institut Nasional Belanda untuk Kesehatan Masyarakat telah melaporkan lebih dari 2,9 juta kasus virus corona sejak pandemi dimulai, dan lebih dari 20.000 kematian.

Dikatakan varian Omicron saat ini masih menyumbang sebagian kecil kasus virus corona di Belanda, tetapi menyebar dengan cepat.

Para pejabat mengatakan itu diharapkan menjadi varian dominan pada Tahun Baru.

Kepala tim manajemen wabah Belanda, Jaap van Dissel, mengatakan langkah-langkah baru akan "mengulur waktu", memungkinkan lebih banyak orang untuk mendapatkan suntikan booster dan sistem perawatan kesehatan untuk mempersiapkan kemungkinan peningkatan infeksi.

"Sebagai sebuah negara kita paling terlindungi jika sebanyak mungkin orang mendapatkan vaksinasi booster," katanya.

Lebih dari 85% dari semua orang dewasa di Belanda telah divaksinasi, tetapi sejauh ini kurang dari 9% telah memiliki suntikan booster.

Menteri Kesehatan Hugo de Jonge mengatakan semua orang dewasa sekarang akan mendapatkan undangan untuk penunjukan booster pada 7 Januari.

Prancis, Republik Irlandia dan Jerman juga telah mengumumkan langkah-langkah yang dirancang untuk mengekang infeksi.

Varian Omicron "menyebar dengan kecepatan kilat" di Eropa dan kemungkinan akan menjadi dominan di Prancis pada awal tahun depan, Perdana Menteri Prancis Jean Castex telah memperingatkan.

Prancis telah memberlakukan pembatasan perjalanan yang ketat pada mereka yang masuk dari Inggris - negara yang paling terpukul di kawasan itu, dengan hampir 25.000 kasus Omicron dikonfirmasi pada hari Sabtu.

Eropa telah melihat lebih dari 89 juta kasus dan 1,5 juta kematian terkait Covid, menurut angka Uni Eropa terbaru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.