Sukses

Pengembang Vaksin Pfizer Janjikan Booster COVID-19 Buatannya Mampu Lawan Varian Omicron

Vaksin Pfizer mengatakan booster buatannya bisa melawan Varian Omicron.

Liputan6.com, Jakarta - Pfizer dan BioNTech mengatakan suntikan booster vaksin Virus Corona COVID-19 mereka menjanjikan pertahanan yang efektif terhadap varian Omicron.

Dilansir dari laman BBC, Kamis (9/12/2021), suntikan tiga dosis diklaim mampu memberikan tingkat antibodi yang sama terhadap Omicron dengan dua dosis terhadap varian lain, kata perusahaan setelah sebuah penelitian kecil.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya mengatakan vaksinasi COVID-19 harus tetap dilakukan untuk melawan kasus Omicron yang parah.

Para peneliti di seluruh dunia saat ini sedang mengumpulkan data tentang Omicron, versi baru Virus Corona COVID-19 yang paling banyak bermutasi yang ditemukan sejauh ini.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, kepala eksekutif Pfizer Albert Bourla mengatakan perlindungan terhadap varian akan ditingkatkan dengan dosis ketiga vaksin. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Butuh Penelitian Lebih Lanjut

Pfizer dan BioNTech mencatat bahwa hasilnya masih awal dan mengatakan mereka akan terus mengumpulkan data dan "mengevaluasi efektivitas dunia nyata".

Mereka menambahkan bahwa mereka sedang mengembangkan vaksin khusus Omicron yang akan siap dikirim dalam 100 hari, menunggu persetujuan peraturan.

Baik penelitian Pfizer/BioNTech dan studi baru di Afrika Selatan – belum ditinjau oleh rekan sejawat – menemukan bahwa vaksin tersebut mungkin menghasilkan antibodi penetralisir yang jauh lebih sedikit terhadap Omicron daripada terhadap jenis Covid asli.

Pfizer/BioNTech, bagaimanapun, mengatakan dosis ketiga meningkatkan antibodi tersebut dengan faktor 25, membuat tingkat perlindungan sebanding dengan dua dosis terhadap varian lain.

3 dari 3 halaman

Infografis Jurus Indonesia Tangkal Varian Omicron:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.