Sukses

14 November 1914: Kekaisaran Ottoman Serukan 'Perang Suci' untuk Perang Dunia I

Pada 14 November 1914, di Konstantinopel,i bukota Kekaisaran Ottoman, pemimpin agama Sheikh-ul-Islam menyatakan perang suci Islam atas nama pemerintah Ottoman.

Liputan6.com, Konstantinopel - Pada 14 November 1914, di Konstantinopel,i bukota Kekaisaran Ottoman, pemimpin agama Sheikh-ul-Islam menyatakan perang suci Islam atas nama pemerintah Kekaisaran Ottoman.

Ia juga mendesak pengikut Muslimnya untuk mengangkat senjata melawan Inggris, Prancis, Rusia, Serbia dan Montenegro dalam Perang Dunia I, demikian seperti dikutip dari History, Minggu (14/11/2021).

Pada saat Perang Besar pecah pada musim panas 1914, Kekaisaran Ottoman goyah, setelah kehilangan sebagian besar wilayahnya yang dulunya cukup besar di Eropa dengan kekalahannya dalam Perang Balkan Pertama dua tahun sebelumnya.

Berusaha untuk bersekutu dengan salah satu kekuatan besar Eropa untuk membantu melindungi mereka dari kerugian di masa depan, para pemimpin Ottoman yang ambisius – anggota Komite Persatuan dan Kemajuan (CUP), yang dikenal secara kolektif sebagai Turki Muda – menanggapi dengan baik tawaran yang dibuat oleh Jerman pada bulan Agustus 1914.

Meskipun Jerman dan Turki diam-diam menyimpulkan aliansi militer pada 2 Agustus, Turki tidak secara resmi mengambil bagian dalam Perang Dunia I sampai beberapa bulan kemudian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agama Dijadikan Motif Pendorong

Pada tanggal 29 Oktober, angkatan laut Ottoman - termasuk dua kapal Jerman, Goeben dan Breslau, yang terkenal menghindari angkatan laut Inggris pada minggu pertama perang untuk mencapai Konstantinopel - menyerang pelabuhan Rusia di Laut Hitam, menandai awal partisipasi Turki dalam perang.

Deklarasi syekh tentang perang suci, yang dibuat dua minggu kemudian, mendesak umat Islam di seluruh dunia - termasuk di negara-negara Sekutu - untuk bangkit dan membela Kekaisaran Ottoman, sebagai pelindung Islam, melawan musuh-musuhnya.

"Dari mereka yang pergi ke Jihad demi kebahagiaan dan keselamatan orang-orang percaya dalam kemenangan Allah," deklarasi itu berbunyi, "banyak dari mereka yang tetap hidup adalah pendosa, sementara pangkat mereka yang berangkat ke dunia berikutnya adalah kemartiran. Sesuai dengan janji Allah yang indah, mereka yang mengorbankan hidup mereka untuk memberikan kehidupan kepada kebenaran akan memiliki kehormatan di dunia ini, dan akhir mereka yang terakhir adalah surga."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.