Sukses

Mantan Presiden Korsel Roh Tae-woo Meninggal, Tokoh Insiden Berdarah Gwangju

Roh Tae-woo menjadi presiden setelah mengambil peran di demokratisasi Korea Selatan.

Liputan6.com, Seoul - Mantan Presiden Korea Selatan (Korsel) Roh Tae-woo meninggal dunia pada usia 88 tahun. Ia menjadi presiden pada 1988-1993.

Menurut laporan Yonhap, Selasa (26/10/2021), Roh Tae-woo belakangan ini dilarikan ke rumah sakit karena kesehatan yang terus menurun, namun kondisinya tak kunjung pulih.

Roh Tae-woo dulunya merupakan jenderal militer yang membantu kudeta militer 1979 bersama Chun Doo-hwan. Kudeta terjadi usai adanya kekosongan kekuasaan usai kematian Presiden Park Chung-hee yang otoriter.

Selain itu, Roh Tae-woo pernah terlibat dalam Peristiwa Gwangju yang berdarah pada 1980.

Meski demikian, ia terpilih menjadi presiden Korea Selatan pada 1988 setelah berjanji melakukan reformasi. Ketika menjadi presiden, Korsel juga menjadi tuan rumah Olimpiade Seoul 1988.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Militer dengan Nuansa Sipil

Roh Tae-woo adalah presiden pertama Korea Selatan yang terpilih secara langsung. Terpilinya Presiden Roh menjadi tanda dimulainya era baru di Korea Selatan.

Yonhap menyebut Presiden Roh memiliki slogan "era rakyat biasa."

Ia juga disebut berperan dalam menjalin hubungan dengan negara-negara sosialis, serta dengan Uni Soviet pada 1990 dan dua tahun kemudian berdiplomasi dengan China.

Pada 1996, Chun didakwa korupsi serta terjerat kasus akibat perannya di Gwangju. Namun, ia diberikan grasi pada 1997.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.