Sukses

Para Dubes Asing di RI Meningkatkan Ambisi Masa Depan yang Aman Bagi Iklim

FPCI mengadakan diskusi kembali bersama sejumlah duta besar membahas perubahan iklim.

Liputan6.com, Jakarta - Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) kembali mengadakan diskusi dengan tema “Ambassadors Roundtable: Raising Ambitions for a Climate Secure Future” yang diadakan secara virtual melalui Zoom pada Senin (11/10/2021).

Secara garis besar diskusi tersebut membahas terkait perjanjian paris, mencapai Net 0 Emisi tahun 2060, dan bagaimana meningkatkan ambisi masa depan yang aman bagi iklim.

Diskusi tersebut dengan menanyangkan video kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga iklim kita agar kita hidup dengan iklim yang sehat di masa mendatang.

Selanjutnya, Mahendra Siregar selaku Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia membuka sambutan diskusi dengan membahas bahwa dunia sedang menghadapi pandemi COVID-19 dan sedang berada di masa pemulihan dari adanya virus Delta.

Berhubungan dengan pembahasan iklim, Mahendra menyebutkan "Indonesia telah menyiapkan strategi jangka panjang untuk low carbon, dan ketahanan iklim 2050."

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Vincent Piket mengingatkan seberapa serius ancaman perubahan iklim dan kegiatan manusia yang meningkatkan pemanasan Bumi.

“Sesuai dengan Perjanjian Paris 2015, tidak boleh ada kenaikan yang lebih dari 5%. Kita harus bertindak, tidak ada pengecualian untuk dapat memenuhi komitmen global kita,” ucap Vincent.

Benedetto Latteri, Dubes Italia di Indonesia juga sependapat untuk melakukan gerakan perubahan untuk dapat mencapai komitmen global, misalnya seperti penggunaan kendaraan yang lebih ramah, mengurangi deforestasi hutan dan lainnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Berhasil Menekan ke Titik Terendah

Deforestasi hutan menjadi salah satu ancaman terhadap perubahan iklim. Indonesia menunjukkan ambisinya dengan keberhasilannya menekan pengurangan deforestasi hutan ke titik yang paling rendah.

Mengenai COP 26, kami berharap untuk dapat mengurangi pemanasan global kurang dari 1,5 derajat. Sudah banyak negara-negara yang bergabung untuk meningkatkan ambisinya dalam mengurangi pemanasan global, kata Sung Y. Kim, Dubes AS untuk Indonesia.

Sung Y. Kim juga mengatakan bahwa Joe Biden juga turut serta memberikan dana untuk negara berkembang untuk mengurangi pemanasan global.

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini