Sukses

Bocah 6 Tahun Temukan Gigi Gajah Purba Berusia 12 Ribu Tahun

Penemuan langka seorang bocah ketika sedang bertamsya di cagar alam Michigan

Liputan6.com, Lansing - Seorang anak berusia 6 tahun betamasya bersama keluarganya di cagar alam Michigan AS membuat penemuan langka, yakni gigi mastodon berusia 12.000 tahun.

Julian Gagnon menemukan benda yang awalnya diduga sebagai gigi naga saat sedang bertamasya bersama keluarganya di Cagar Alam Bukit Dinosaurus pada 6 September 2021.

"Saya baru saja merasakan sesuatu di kaki saya dan saya meraihnya, dan itu terlihat seperti gigi," kata Julian kepada WDIV-TV.

Orang tua Julian mengizinkannya untuk membawa pulang penemuannya, di mana keluarga itu melihat lebih dekat dan menyadari bahwa itu mungkin sebuah fosil, seperti dilansri dari UPI, Selasa (5/10/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gigi Itu Disumbangankan ke Museum

Keluarga tersebut menghubungi Museum Ahli Paleontologi Universitas Michigan, yang mengidentifikasi penemuan itu sebagai geraham kanan atas mastodon remaja, spesies yang hidup di Michigan sekitar 12.000 tahun yang lalu.

"Fosil mamut dan mastodon relatif langka di Michigan, tetapi dibandingkan dengan tempat lain di Amerika Serikat, sebenarnya ada lebih banyak kejadian," Adam Rountrey, manajer koleksi museum penelitian museum paleontologi.

Para ahli mengatakan bahwa mamut dan mastodon diketahui pernah tinggal di Michigan, penemuan langka karena bangkai hewan biasanya diambil oleh pemulung jauh sebelum mereka bisa menjadi fosil.

Keluarga Julian menyumbangkan gigi itu ke museum, yang mengatakan Julian akan diberi hadiah atas sumbangannya dengan tur di belakang layar bulan ini.

"Ini hanya memicu semangatnya untuk arkeologi dan paleontologi," kata ibu Mary Julian. 

"Sejauh yang dia ketahui, ini adalah penemuan pertamanya dalam kariernya, dan sekarang sulit untuk mencegahnya mengambil apa pun yang dia lihat di alam."

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.