Sukses

Varian Delta COVID-19 di Australia Menurun, Pemerintah Harap Bisa Cabut Larangan Bepergian

Pemerintah Australia berharap bisa mencabut aturan bepergian.

Liputan6.com, Jakarta - Varian Delta di Australia tampaknya telah mereda, dengan lebih dari separuh negara itu dalam penguncian yang diperpanjang dan tingkat vaksinasi mulai mendekati target nasional, kata Menteri Kesehatan Greg Hunt, Senin (4/10).

Hunt mengatakan, 80 persen warga Australia akan mendapatkan vaksin COVID-19 pertama mereka minggu ini, sementara pertempuran keseluruhan melawan virus telah didorong oleh kedatangan 15.000 dosis tambahan obat pengobatan sotrovimab dalam beberapa hari terakhir.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Senin (4/10/2021), pemerintah Australia ingin semua pembatasan COVID-19, termasuk larangan bepergian, dicabut ketika 80 persen populasi di atas 16 tahun divaksinasi sepenuhnya. Target itu diharapkan tercapai pada pertengahan November.

"Ada alasan penting untuk harapan," kata Hunt kepada wartawan dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, menunjuk pada penurunan tajam dalam kasus baru di negara bagian New South Wales.

"Victoria, ya, ini adalah tantangan besar... Tapi kami mulai melihat pendataran kurva di Victoria," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus COVID-19 di Australia

New South Wales pada hari Senin melaporkan 623 kasus baru dan enam kematian, turun dari lebih dari 900 kasus sehari seminggu yang lalu.

Negara bagian Victoria melaporkan 1.377 infeksi COVID-19 baru, naik dari 1.220 pada hari Minggu, tetapi melampaui rekor tertinggi 1.488 pada hari Sabtu. Ada empat kematian baru.

Para pejabat menyalahkan lonjakan baru-baru ini dalam kasus-kasus Victoria pada pesta-pesta final sepak bola Australian Rules, yang melanggar aturan penguncian yang ketat pada akhir pekan sebelumnya. Hampir setengah dari kasus baru pada hari Senin adalah orang-orang berusia antara 10 dan 29 tahun.

Ibu kota negara bagian Melbourne, di tengah-tengah lockdown keenamnya, pada hari Minggu mencapai total kumulatif 245 hari pembatasan sejak Maret tahun lalu, menyalip Buenos Aires sebagai kota di bawah lockdown terpanjang, menurut media lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini