Sukses

Singapura Sumbang 122,4 Ribu Dosis Vaksin COVID-19 AstraZeneca untuk Indonesia

Second Minister for Education & Foreign Affairs Singapura Mohamad Maliki Osman menyerahkan pengiriman vaksin COVID-19 AstraZeneca kepada Dubes Suryo Pratomo di Pelabuhan Jurong.

Liputan6.com, Singapura - Pemerintah Singapura menyumbangkan total 122.400 dosis vaksin AstraZeneca COVID-19 untuk Indonesia. Dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri Singapura, Selasa (28/9/2021), hal ini dilakukan sebagai bagian dari kerja sama erat antara Singapura dan Indonesia dalam memerangi pandemi COVID-19.

Second Minister for Education & Foreign Affairs Singapura Mohamad Maliki Osman menyerahkan pengiriman vaksin kepada Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo di Pelabuhan Jurong pada 28 September 2021.

"Dubes Suryo Pratomo, hadirin sekalian. Terima kasih telah hadir untuk menyaksikan penyerahan lebih dari 120.000 dosis vaksin AstraZeneca COVID-19 dari Pemerintah Singapura kepada Indonesia," ujar Mohamad Maliki Osman.

Pengiriman dijadwalkan tiba di Pelabuhan Batu Ampar di Batam pada 29 September 2021.

"Vaksin akan dikemas dan dikirim ke Batam. Kontribusi COVID-19 tahap terbaru ke Indonesia ini menjadi bukti kerja sama erat yang telah berlangsung lama antara Singapura dan Indonesia, dan terutama dalam perjuangan berkelanjutan kita melawan pandemi," ujar Osman. Kontribusi dosis vaksin AstraZeneca yang diperoleh Singapura di bawah inisiatif COVAX ini merupakan bagian dari upaya Singapura untuk mendukung perjuangan regional dan global melawan COVID-19.

"Dalam menghadapi kesulitan, kami telah menunjukkan komitmen kami untuk saling mendukung pada saat dibutuhkan. Baru-baru ini, melalui program 'Oxygen Shuttle', Singapura mengirimkan lebih dari 500 ton oksigen cair ke Indonesia."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan dari Pemerintah Indonesia ke Singapura

Sebelumnya, Indonesia juga telah memfasilitasi pengiriman barang-barang penting untuk fasilitas perawatan masyarakat Singapura di awal pandemi.

"Baik Singapura maupun Indonesia juga telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan rakyat kami dan kawasan dengan memvaksinasi populasi kami," ujar Osman.

Osman juga berharap kontribusi vaksin Singapura ke Indonesia, yang diperoleh di bawah inisiatif COVAX, akan mendukung upaya ini dan kemajuan kawasan menuju ketahanan terhadap COVID.

Seperti yang dikatakan Perdana Menteri Lee Hsien Loong di APEC Informal Leaders’ Retreat pada 16 Juli 2021, Singapura akan menyumbangkan vaksin di bawah inisiatif COVAX ke negara lain.

Singapura juga berterima kasih kepada GAVI dan AstraZeneca yang telah memfasilitasi upaya ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.