Sukses

Kiamat Internet Akibat Badai Matahari Mengancam Bumi, Ini 4 Cara Mengantisipasinya

Liputan6.com, New York City - Kiamat Internet merupakan putusnya jaringan internet di seluruh dunia, yang diprediksi sejumlah ahli bakal terjadi karena Badai Matahari yang terus-menerus membombardir Bumi dengan partikel elektromagnetik.

Dalam studi berjudul 'Solar Superstorms: Planning for an Internet Apocalypse' yang dipresentasikan pada konferensi komunikasi data SIGCOMM 2021, penulisnya Sangeetha Abdu Jyothi dari University of California, mengungkap bahwa kemajuan teknologi modern bertepatan dengan periode aktivitas matahari yang lemah dan pusat Tata Surya ini diperkirakan akan menjadi lebih aktif dalam waktu dekat.

Para ilmuwan di NASA juga memperingatkan tentang bahaya cuaca ruang angkasa yang mempengaruhi Bumi, dan khususnya bahaya Badai Matahari. "Kami tahu itu akan datang tetapi kami tidak tahu seberapa buruk itu akan terjadi", kata Dr Richard Fisher, direktur divisi Heliofisika NASA.

Belum ada laporan soal bagaimana cara mencegah Badai Matahari yang bisa menimbulkan Kiamat Internet. Namun, manusia dapat mempersiapkan diri untuk mencegah hal terburuk lainnya.

Sebab, Badai Matahari tak berdampak pada Kiamat Internet saja. Namun, perubahan-perubahan lain.

Berikut ini adalah sejumlah tips untuk menjaga diri, keluarga, dan data tetap aman selama Badai Matahari yang menyebabkan badai geomagnetik, dikutip dari laman wired.co.uk, Rabu (15/9/2021):

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 
2 dari 6 halaman

1. Pelindung Eksternal Listrik

Beli pelindung eksternal listrik. Ini merupakan selungkup dari bahan konduktor yang menghalangi medan listrik statis eksternal.

Jika konduktor cukup tebal, dan lubangnya lebih kecil dari panjang gelombang radiasi elektromagnetik yang masuk, maka radiasi itu tidak akan bisa melewatinya. Inilah alasan mengapa telepon tidak berfungsi di beberapa gedung dan lift dan itulah sebabnya beberapa pengutil melapisi saku atau tas mereka dengan kertas timah untuk mengacaukan detektor RFID.

 

3 dari 6 halaman

2. Tarik Uang dari ATM

Hampir semua perbankan modern dilakukan secara elektronik.

Meskipun setiap bank memiliki brankas yang penuh dengan uang dan barang berharga lainnya, uang tunai Anda sebenarnya ada di database, sehingga jika ada bencana tidak dapat menyebabkan terlalu banyak masalah.

Namun, kebijakan itu tidak berlaku jika ada Kiamat Internet. Basis data itu akan terhapus oleh suar matahari yang sangat buruk, maka begitu uang Anda juga. Keluarkan dari bank, dan di tempat lokasi yang lebih aman. Sembunyikan di lemari atau taruh di bawah kasur.

 

4 dari 6 halaman

3. Punya Generator Sendiri

Jaringan listrik di Eropa utara, terutama Inggris, sangat rapuh. Suar yang terarah dan tepat waktu dapat dengan mudah mematikan listrik di sebagian besar wilayah Inggris selama berhari-hari, dan berpotensi menyebar ke wilayah yang luas di seluruh dunia selama berbulan-bulan, tergantung pada kerusakannya.

Badai tahun 1989, yang agak kurang kuat daripada yang mungkin terjadi pada tahun 2013, melumpuhkan jaringan listrik Hydro-Québec, membuat satelit berputar di luar kendali dan menghentikan semua perdagangan di pasar saham Toronto.

Jadi miliki sendiri generator bertenaga bensin, dan simpan bahan bakar untuk itu. Sebagai alternatif, hubungkan sepeda ke dinamo dan baterai.

 

5 dari 6 halaman

4. Jangan Rencanakan Liburan Apapun

Lebih baik terjebak di rumah tanpa listrik dari pada terjebak di negara asing dan Anda tidak dapat melakukan perjalanan pulang.

Sementara bagian dalam pesawat pada dasarnya menggunakan sistem navigasi pesawat, sehingga sulit atau tidak mungkin bagi pesawat untuk mencapai tujuan mereka.

6 dari 6 halaman

Infografis