Sukses

Coba 10 Tips Ini Agar Usia 40 Tahun Jadi Menyenangkan

Usia 40 tahun adalah usia yang telah memasuki tahap dewasa akhir, sehingga banyak sekali perubahan yang terjadi dalam kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat usia mulai memasuki empat dekade atau setara dengan 40 tahun, seseorang akan menyadari untuk mempraktikkan semua yang telah dipelajari saat usia muda dari dua puluh hingga tiga puluhan.

Dilansir dari Bright Side, Kamis (16/9/2021), terdapat beberapa tips untuk membuat usia 40 tahun menjadi lebih menyenangkan. Apa saja?

Berikut ini 10 tips yang wajib Anda ketahui sebelum usia 40 tahun:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Lakukan yang Ingin Anda Lakukan

Memasuki usia 40 tahun, seseorang mulai bijak untuk untuk memahami bahwa pilihan hidup ada di tangan Anda.

Lakukan yang terbaik untuk Anda dan jangan memperhatikan apa yang orang lain katakan tentang diri Anda. Bulatkan tekad untuk mengubah hidup Anda, sebab untuk merasa lebih baik Anda tidak harus menempatkan diri di bawah pengawasan orang lain.

3 dari 11 halaman

2. Jadi yang Terbaik Versi Anda

Campuran emosi seperti kebahagiaan dan kesedihan dapat meningkatkan kesehatan mental dan memberi lebih banyak makna pada kehidupan.

Ketika masih muda, setiap kegagalan terasa seperti sesuatu yang sangat menghancurkan sehingga seolah-olah tidak akan pernah bisa pulih. Namun, ternyata perasaan sedih pada akhirnya bisa membantu Anda merasa lebih baik, kini berusahalah untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda, jangan hanya mencari yang "bahagia".

4 dari 11 halaman

3. Luangkan Waktu untukTeman

Saat usia memasuki 40 tahun, Anda mulai tersadar bahwa terakhir kali bertemu dengan teman-teman sudah lama sekali. Karena kegiatan Anda yang cukup padat seperti pertemuan bisnis, membawa anak-anak ke latihan sepak bola, berbelanja bahan makanan, dan begitu banyak kegiatan lainnya.

Sebaiknya, luangkan waktu Anda untuk merencakan berkumpul dengan teman-teman. Kegiatan ini akan sangat dibutuhkan untuk "waktu terapi" Anda.

5 dari 11 halaman

4. Tidak Ada yang sempurna

Dalam usia baru ini, belajarlah untuk menerima diri Anda yang tidak sempurna. Sebaiknya, Anda mulai merasa nyaman dengan kulit sendiri dan menerimanya.

Persepsi tentang penampilan telah dilakukan selama bertahun-tahun untuk mencapai standar kecantikan yang tidak realistis. Kini saatnya belajar untuk menerima diri sendiri, tidak apa-apa jika Anda ingin menggunakan filter Instagram dan Makeup. Namun, cobalah untuk hindari penyesalan yang terjadi pada tubuh Anda.

6 dari 11 halaman

5. Kebahagiaan Ada Harta Benda yang Dapat Dimiliki

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada kebahagiaan saat Anda mendapatkan paket kiriman atau kembali dari toko dengan barang belanjaan. Namun, ketika Anda kehilangan barang yang baru saja Anda beli, Anda akan tersadar bahwa yang Anda butuhkan bukan lah barangnya melainkan rasa bahagia-nya.

Ketika sampai di usia ini, Anda tidak lagi berkeinginan untuk memiliki banyak hal tetapi lebih untuk melakukan banyak hal, terutama jika membantu orang lain.

7 dari 11 halaman

6. Tunjukkan Betapa Berharganya Anda

Mulailah berpartisipasi lebih aktif dalam rapat, ajukan ide baru untuk menjadikan tempat kerja Anda lebih baik, dan berhenti menahan diri. Anda bahkan dapat meminta atasan Anda untuk kenaikan gaji yang layak dan mungkin Anda akan terkejut dengan apa yang dapat Anda capai dengan perubahan ini.

8 dari 11 halaman

7. Biasakan Pakai Sunblock Pagi Hari

Jika Anda terlalu banyak waktu untuk kegiatan rutinitas di pagi hari, sebaiknya mulai untuk memprioritaskan sunblock dalam daftar produk kecantikan yang Anda butuhkan. Sebab itu membantu melindungi kulit Anda agar terhindar dari penuaan dini akibat sinar matahari.

9 dari 11 halaman

8. Bersiaplah untuk Dipanggil 'Bu'

Di usia 40 tahun ini, bersiaplah untuk mendapatkan panggilan "Bu". Mungkin untuk pertama kali akan terdengar sangat aneh bagi Anda, namun lebih baik menganggapnya sebagai tanda hormat dan tidak terlalu memikirkannya.

10 dari 11 halaman

9. Percaya Diri dan Bekerja Keras

Mungkin Anda tahu bahwa aktivitas sederhana seperti bersiap-siap untuk bekerja, berolahraga, atau bahkan melakukan "me time" yang berkualitas membutuhkan banyak usaha.

Pengalaman, koneksi, atau keuangan yang Anda miliki mungkin tidak sama dengan orang lain, tetapi ketahanan tubuh dan kemauan Anda untuk bekerja lebih keras dapat membuat perubahan besar. Satu-satunya aset yang Anda butuhkan pada tahap ini adalah percaya pada diri sendiri dan bertekad untuk membuat segala sesuatunya berhasil.

11 dari 11 halaman

10. Rumah Adalah Tempat Ternyaman

Saat usia muda, mungkin Anda akan menyusun rencana akhir pekan yang ideal dan menghabiskan waktu di luar rumah. Namun, memasuki usia 40 tahun semuanya harus dilakukan dengan hanya tinggal di rumah. Aktivitas seperti merenovasi beberapa furnitur warisan lama, berkebun, atau membaca buku dapat menjadi kegiatan akhir pekan yang membuat Anda senang.

Itulah 10 tips yang dapat Anda coba untuk membuat usia 40 tahun Anda menjadi menyenangkan.

 

Penulis : Vania Dinda Marella

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.