Sukses

Berhasil Kuasai Kota Kabul dan Istana Presiden, Akankah AS Akui Pemerintah Taliban?

Setelah Taliban menguasai kota Kabul, akankah AS mengakui pemerintah Taliban.

Liputan6.com, Jakarta - Taliban telah menguasai sejumlah kota besar di Afghanistan, termasuk ibu kota Kabul dan Istana Kepresidenan. Bahkan, Presiden Ashraf Ghani pun telah meninggalkan negara tersebut. 

Kemudian timbul pertanyaan, akankah AS mengakui pemerintahan Taliban sejak pihaknya mengambil alih kekuasaan di Afghanistan?

Melansir Al Jazeera, Selasa (17/8/2021), Perwakilan Khusus AS untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad pekan lalu memperingatkan perwakilan Taliban di ibukota Qatar, Doha, bahwa pemerintah mereka akan menjadi paria global jika mengambil alih kekuasaan dengan paksa.

Pada hari Minggu, Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan AS hanya akan mengakui dan bekerja dengan "pemerintah Afghanistan masa depan yang menjunjung tinggi hak-hak dasar rakyatnya dan yang tidak menampung teroris".

Berbicara di CNN, dia mengatakan AS tidak akan mencabut sanksi terhadap anggota Taliban kecuali mereka menghormati hak asasi manusia dan meminta masyarakat internasional “untuk melakukan segala yang kami bisa dan menggunakan setiap alat yang kami miliki – ekonomi, diplomatik, politik – untuk memastikan [itu] hak dipertahankan”.

Pada hari Senin, Sullivan mengatakan Biden “siap untuk mengatur komunitas internasional” untuk menjaga hak asasi manusia di Afghanistan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keamanan Nasional AS

Sejak menjabat, pejabat pemerintahan Biden telah berterus terang tentang betapa gentingnya situasi di Afghanistan, tetapi mengatakan Washington tidak akan menunggu stabilitas sebelum menarik pasukan AS.

Bahkan ketika rekaman video muncul dari pejuang Taliban memasuki istana presiden di Kabul, pejabat AS, termasuk Menteri Luar Negeri Antony Blinken, mempertahankan misi AS telah mencapai tujuannya y untuk mengusir mereka yang bertanggung jawab atas serangan 9/11 dan menetralisir ancaman langsung terhadap KITA.

Tetapi kecepatan kemajuan Taliban telah menimbulkan pertanyaan baru tentang kemungkinan munculnya aktor-aktor jahat di Afghanistan.

Dalam briefing dengan para senator AS pada hari Minggu, Jenderal Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan para pejabat diharapkan untuk mengubah penilaian sebelumnya tentang laju kelompok "teroris" yang terbentuk kembali di Afghanistan, seseorang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada The Kantor berita Associated Press.

Pengarahan itu dilakukan tak lama setelah Taliban pada hari Minggu merebut Pangkalan Udara Bagram, membebaskan ribuan narapidana, termasuk anggota senior al-Qaeda.

Milley dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin dalam sidang komite Senat bulan Juni memperkirakan akan memakan waktu sekitar dua tahun bagi kelompok seperti al-Qaeda atau ISIL (ISIS) untuk membangun kembali cukup banyak di Afghanistan untuk menimbulkan ancaman langsung ke AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.