Sukses

Dipicu Varian Delta, Sydney Australia Laporkan Rekor Baru Kasus COVID-19

Kota Sydney di Australia melaporkan rekor baru kasus COVID-19. Simak selengkapnya.

Liputan6.com, Sydney - Sydney melaporkan rekor baru kasus COVID-19 pada Selasa (10/8) - ketika kota itu berjuang untuk mengendalikan wabah yang membuat wilayah Australia lainnya memberlakukan lockdown.

Dikutip dari AFP, Selasa (10/8/2021) negara bagian New South Wales mengumumkan 356 kasus baru COVID-19 - rekor baru untuk wabah varian Delta yang mulai pada pertengahan Juni 2021 dan terus menyebar dalam populasi dengan tingkat vaksinasi yang rendah.

Lebih dari lima juta orang di Sydney, kota terbesar di Australia, sekarang berada dalam pekan ketujuh lockdown ketika klaster infeksi mencapai 5.805 dengan 32 kematian baru.

"Strategi kami adalah untuk mendekati nol infeksi ... tapi sayangnya kami telah melihat angka-angka itu meningkat dalam beberapa hari terakhir," kata Perdana Menteri negara bagian New South Wales, Gladys Berejiklian.

Kota Byron Bay juga tengah memberlakukan perintah yang menghimbau warga untuk teta di rumah - seperti di wilayah Newcastle dan Tamworth - dengan lockdown tujuh hari yang diumumkan pada Senin malam.

Lockdown itu diberlakukan setelah seorang pasien COVID-19 diketahui melakukan perjalanan dari Sydney.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kota Melbourne Masuki Lockdown Keenam

Sementara itu, lima juta penduduk Melbourne lainnya berada dalam lockdown keenam mereka setelah klaster infeksi baru muncul di kota itu pekan lalu.

Australia telah menghindari kerusakan terburuk dari pandemi melalui strategi perbatasan yang ditutup, lockdown, karantina wajib, dan pengujian serta penelusuran kontak. 

Tetapi dengan munculnya COVID-19 varian Delta,  telah membuat warga Australia menghadapi lockdown berulang kali.

Peluncuran vaksin glasial Australia telah menjadi salah satu yang paling lambat di OECD.

Lebih dari 20 persen populasi di Australia sudah divaksinasi sepenuhnya, tetapi pemerintah konservatif telah menjanjikan peningkatan pasokan mulai September 2021.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison mengatakan negara itu dalam "perjuangan yang sulit" melawan varian Delta tetapi dia ingin "semua warga bisa merayakan Natal" nantinya.

Secara total, Australia telah mencatat sekitar 37.000 kasus COVID-19 dan 940 kematian terkait hingga saat ini dalam populasi 25 juta.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Jerawat Saat Pakai Masker COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.