Sukses

Selandia Baru Akan Izinkan Tenaga Kerja dari Samoa hingga Tonga Masuk Negaranya

COVID-19 telah menyebabkan penutupan perbatasan dan Selandia Baru seperti banyak negara lain mengalami kekurangan tenaga kerja.

Liputan6.com, Wellington - Selandia Baru akan membuka jalur perjalanan satu arah bebas karantina untuk pekerja musiman dari Samoa, Tonga dan Vanuatu.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (2/8/2021) hal ini dilakukan oleh Selandia Baru untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja di industri hortikultura, kata Perdana Menteri Jacinda Ardern.

Pengaturan bebas karantina diharapkan dimulai dari September 2021, kata Ardern pada konferensi pers.

Ini hanya akan tersedia bagi pekerja yang memenuhi syarat di bawah skema Pemberi Kerja Musiman yang diakui.

Nantinya ini akan memungkinkan sektor hortikultura merekrut tenaga kerja dari luar negeri untuk pekerjaan musiman ketika tidak ada cukup pekerja dari Selandia Baru.

Skema itu ditangguhkan setelah negara itu menutup perbatasannya tahun lalu karena penyebaran COVID-19.

"COVID-19 telah menyebabkan penutupan perbatasan dan Selandia Baru seperti banyak negara lain mengalami kekurangan tenaga kerja," kata Ardern.

"Kita tahu sektor pertanian kita sedang mengalami tantangan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Selandia Baru Melawan COVID-19

Ardern diperkirakan akan mengungkapkan rincian lebih lanjut minggu depan tentang bagaimana negara itu akan secara bertahap membuka kembali perbatasannya.

Selandia Baru telah berhasil menahan penyebaran virus corona di dalam perbatasannya dan tidak melaporkan kasus komunitas sejak Februari.

Negara kepulauan Pasifik telah melaporkan sekitar 2.500 kasus virus corona yang dikonfirmasi dan 26 kematian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.